Jumat, 30 Maret 2018

Hukuman orang yang suka berbuat jahat (Dzolim)

Apa kata ulama tentang perbuatan Jahat


Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam A-Qur'an Surat Asy-Syura Ayat 40

وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا ۖ فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

"Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim."

Kita sebagai orang beriman kepada Allah dan Rasulnya wajib mentaati semua perintahnya dan menjauhi larangannya. Salah satu dari mentaati perintahnya adalah kita tidak melakukan kejahatan- kejahatan dalam bentuk apapun kepada orang lain lebih - lebih kepada saudara sendiri. Tidak ada untungnya kita berbuat jahat sama orang lain karena mereka juga makhluk ciptaan Allah seperti kita. Didalam kita hidup bermasyarakat alangkah baiknya kita hidup rukun dan damai saling harga menghargai, saling hormat menghormati. saling menyapa dan saling mengayomi. Jahat itu perbuatan setan yang selalu menggoda manusia sampai hari kiamat,kita jangan mau digoda setan,kita halau dengan perbuatan baik,kita usir dengan banyak berzikir kepada Allah dan kita perbanyak amalan sunnah agar setan semakin menjauh dari kita. 

Misi kita di dunia ini bukan untuk menjadi biang pengacau makhluk lainnya, tetapi kita diciptakan Allah itu semata - mata untuk menyembah dan beribadah kepadanya  bukan menghancurkan ciptaannya. Allah sediakan semua kebutuhan manusia hanya karena bahwa Allah itu sangat sayang sama kita,sangat perhatian sama kita agar dalam beribadah kepada Allah itu angota tubuh kita selalu siap mengikuti perintahnya dan menjauhi larangannya. Allah .SWT tidak menganjurkan kita untuk berbuat jahat kepada siapapun dan dalam bentuk apapun. Justru Allah akan membalas setiap kejahatan yang dilakukan makhluknya dengan kehendaknya. Didunia saja akan ada balasannya maka di negeri Akhirat pun akan ada balasanya dengan Neraka yang menunggunya.

Dari pandangan orang juga tidak baik jika kita suka berbuat jahat atau dzolim sama orang lain. Pada umumnya juga manusia itu suka sama perbuatan yang baik - baik dan tidak suka sama perbuatan dzolim. Walaupun kita punya kebutuhan dalam hidup tetapi tidak juga menghalalkan segala cara dengan menganiyaya orang lain terus diambil uangnya.Walaupun kita punya kebutuhan bukan juga kita harus mengambil uang perusahaan dengan cara berbohong atau bukan juga menipu,memfitnah, menyebarkan berita bohong tentang seseorang, membunuh nyawa manusia, membunuh karakter seseorang atau mengadu domba dan mencuri keuangan negara . Maka semua itu perbuatan jahat atau dzolim. Jika kita mati dalam keadaan belum bertobat maka  siksa kubur dan sika api neraka sedang menanti kita.

Hidup ini kadang bikin kita stres tetapi kadang pula bikin kita bahagia, tinggal tergantung kitanya bagaimana memecahkan setiap persoalan apakah dengan cara tawakal kepada Allah atau dengan cara melawan perintah Allah. Hidup ini pilihan, semua tergantung pada kita dengan segala konsekwansinya. Tidak ada manusia di dunia ini yang tidak punya masalah, semuanya punya masalah baik besar ataupun kecil. Tetapi apakah masalah itu harus di pecahkan dengan cara - cara negatif atau positif, tentunya pemecahannya  adalah pemecahanan yang dapat membuat kita selamat dunia maupun Akhirat. Tentunya juga pemecahan yang paling baik adalah memohon kepada Allah subhanahu wa ta'ala agar hidup kita dijauhkan dari sifat - sifat tercela dan diberikan segala kemudahan didalam perantauan hidup kita ini.

Dan ini adalah balasan dari Allah yaitu siksa Neraka jika kita melakukan kejahatan atau tidak baik sama orang lain. Dari Usamah ibn Zaid bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
 “Seseorang akan ditarik dan dilemparkan ke dalam Neraka pada hari kiamat nanti. Kemudian semua isi perutnya akan keluar dan terburai di dalam neraka, dan ia dipaksa berjalan berkeliling seperti seekor keledai yang menarik sebuah jentera. Penduduk neraka berkumpul di sekelilingnya dan berkata, “Hai Fulan, apa kesalahanmu? Apakah kamu tidak menyuruh kami berbuat baik dan melarang kami melakukan kejahatan?” Ia menjawab, “Saya selalu menyuruh kamu berbuat baik, tetapi saya sendiri tidak melakukannya, dan saya selalu melarang kamu melakukan kejahatan, tetapi saya sendiri sering melakukannya.” Kemudian ia berjalan berkeliling seperti seekor keledai menarik jentera.”

Salah seorang penduduk neraka yang seluruh isi perutnya akan dikeluarkan di Neraka nanti adalah ‘Amr ibn Lahiy, orang pertama yang mengubah agama masyarakat Arab. Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam melihatnya menarik isi perutnya sendiri di neraka. Muslim meriwayatkan dari Jabir ibn ‘Abdullah bahwa Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Saya melihat ‘Amr ibn ‘Amir al-Khuza’i menarik isi perutnya sendiri di Neraka, dan ia adalah orang pertama yang memulai tradisi sa’ibah (melepas unta betina untuk makan rumput dengan bebas demi berhala).”

Semoga Allah mengampuni kita semua dari semua kesalahan. Dan dimasukan kedalam Surganya.


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu



Tidak ada komentar: