Jumat, 09 Maret 2018

Jangan sia-siakan waktu luang kecuali untuk beribadah kepada Allah

Apa kata ulama tentang memanfaatkan waktu




Allah subhanahu wa ta'ala berforman dalam Al-Qur'an Surat Al-'Asr Ayat 1-3


 وَالْعَصْرِإِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍإِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
Demi masa ( Waktu). Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Inilah waktu yang diciptakan Allah subhanahu wa ta'ala untuk semua mahkluk di alam dunia ini. Baik manusia maupun Jin untuk selalu menggunakan waktunya dengan sebaik - baiknya yaitu untuk selalu menjalankan semua perintahnya dan menjauhi larangannya dari Allah subhanahu wa ta'ala dan Rasulnya. Allah sudah memperingatkan dalam Al-qur'an  bahwa semua yang ada di alam dunia ini bakal hancur  beserta isinya dan digantikan oleh alam yang abadi yaitu alam Akhirat yaitu alam keabadian,yang semua umat manusia dan jin akan tinggal selama - lamanya dan tidak ada proses kematian lagi. Jin yang beriman akan masuk surga dan Manusia yang beriman juga masuk surga. Namun semua itu akan di proses dulu dalam timbangan yang besar di hari pembalasan yaitu dipadang Ma'syar. 

Inilah sebuah keadilan yang seseungguhnya dimana tidak ada amalan yang dirugiakan walau hanya sebiji kurma. Allah subhanahu wa ta'ala akan memberikan keadilan melalui timbangan yang seadil -adilnya dan  saksikan oleh semua umat manusia dan para Malaikat. Allah akan membukakan semua amalan baik dan buruk kita di depan semua umat manusia keculi Allah dengan rahmatnya menutupi keburukan kita sewaktu di dunia. Pada waktu itu yang umat manusia dan jin dalam keadaan merugi kecuali orang - orang yang mengerjakan amalan sholeh sewaktu didunia. Waktu hidupnya selalu mengerjakan maksiat kepada Allah dan tidak mengikuti perintahnya dan menjauhi larangannya. Seruan di ucapkan oleh para ulama untuk selalu taat kepada Allah dan Rasulnya hanya masuk lewat telinga saja tidak masuk kedalam hati dan diamalaknnya.

Ketuhilah bahwa kita hidup didunia ini tidak akan lama, maka gunakanlah waktu ini dengan sebaik - baiknya yaitu dengan memperbanyak amalan sholeh yaitu dengan memperbanyak berbuat baik kepada siapapun,memperbanyak membaca Al-qur'an, memperbanyak sodaqoh,amal jariyah, zakat ,mengerjakan sholat,memperbanykan zikir, mengerjakan puasa wajib maupun sunnah dan semua amalan - amalan sholeh lainnya. Hanya amalan sholeh itu yang dibawa pada saat kita mati bukan yang lain.  Buang jauh - jauh amalan yang tidak bermanfaat buat kita apalagi menyita waktu untuk beribadah kepada Allah.

Jangan buat hati kita menyesal setelah kita di kubur didalam tanah karena kita dulu tidak pernah berbuat baik kepada orang lain dan tidak banyak mengerjakan amalan sholeh, padahal waktu untuk itu banyak sekali jika kita mau mengerjakannya.

Semoga Allah subhanahu wa ta'ala memasukan kita kedalam golongan orang - orang sholeh.


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu

Tidak ada komentar: