Jumat, 06 April 2018

Berbakti kepada orang tua adalah Jihad

Apa kata ulama tentang berbakti kepada orang tua


Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Ma'idah Ayat 35


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan."

Kita sebagai orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya wajib untuk berbakti kepada orang tua kita,kerena berkat kedua orang tua kitalah keberadaan jiwa dan raga ini ada di alam dunia ini . Dengan kehendak  Allah subhanahu wa ta'ala kemudian  Allah ciptakan air mani yang disemayamkan didalam tubuh kedua orang tua kita. Kemudian Allah satukan kedua air mani yang hina itu sebuah wujud yang tidak sama dengan makhluk lainya,yaitu sebuah wujud Manusia yang sempurna yang kelak akan menyembah tuhannya. Kemudian Allah sempurnakan lagi didalam tubuh manusia ini sebuah Ruh yang akan menggerakan seluruh anggota tubuh dengan berbagai tingkatannya. Tidak hanya sampai disitu,kemudian Allah ciptakan juga sebuah  Perangkat lain yang tidak ada pada makhluk lain yaitu Akal yang nantinya manusia diharapkan dapat berfikir tentang Dzat Allah,tentang Nikmat Allah,tentang Ilmu Allah ,membedakan mana yang salah dan mana yang benar dan semua perbendaharaan yang ada di alam dunia ini.

Setelah Jasad,Ruh dan Akal ini Allah ciptakan kemudian Allah tentukan juga tentang
Rizkinya,Jodohnya dan matinya. Sungguh Allah ciptakan kita ini begitu sempuna dan lengkap dengan segala aksesoris yang ada didalamnya. Namun tidak ada maksud lain dari hasil ciptaanya itu agar supaya Manusia itu dapat  menyembah kepadanya, Didalam riwayat lain disebutkan Bahwa Allah menciptakan Manusia itu karena Allah ingin di kenal oleh Makhluk ciptaanya. Tentunya yang dapat mengenal Allah itu adalah orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya dengan mentaati segala perintahnya dan menjauhi larangannya. Jika ada orang yang mengaku beriman dengan bersyahadat tetapi setelah itu ia melanggar semua perintah Allah maka mereka adalah adalah tidak beriman melainkan telah kufur kepada Allah.Dan Manusia seperti ini tidak akan dapat mengenal Allah karena hatinya telah kotor dari ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

Allah sudah ciptakan Jasad,ruh,akal dan perjalanan hidupnya ,tetapi dalam proses kelahirannya  ternyata berbeda beda seperti ada yang melahirkan di Kebun kemudian dibuang bayinya,ada yang melahirkan di Rumah sakit, ada yang melahirkan di tempat kos nya, ada yang melahirkan di kendaraan,ada yang melahirkan kemudian anaknya dimakan binatang, ada yang melahirkan di tempat hiburan, ada yang melahirkan di kamar mandi, ada yang melahirkan di tempat tidur yang empuk dengan segala ketenangan,kebahagian dan kenyamanannya. ada yang melahirkan kemudian wafat, ada yang melahirkan kemudian jatuh sakit yang tak kunjung sembuh, ada yang melahirkan kemudian calon ayahnya kabur, ada yang melahirkan anaknya cacat, ada yang melahirkan di matiin ibunya karena kesal calon ayahnya tidak bertanggung jawab,, ada yang melahirkan kemudian bayinya di jual dan masih banyak lagi lagi tentang cerita- cerita tentang kelahiran bayi manusia di alam dunia ini. Kita jadi bertanya- tanya dalam hati ,Kenapa Allah ciptakan juga kejadian - kejadian yang buruk dan baik yang menimpa pada setiap bayi manusia yang lahir ? Jawabannya adalah bahwa kita sedang di uji oleh Allah tentang kesabaran kita. Yang hadiahanya adalah berupa Pahala yang besar dan jalan keluar yang baik di sisi Allah subhanahu wa ta'ala karena semua itu sudah dicatat di dalam kitab Lauh Mahfuzh yaitu kitab tempat Allah membuat catatan semua kejadian Manusia dan Alam Semesta.

Karena dengan sifat Rahman dan Rahimnya kemudian Allah berikan kasih sayang kepada yang dia kehendakinya untuk mengurus bayi manusia yang Allah ciptakan itu untuk di didik tentang Agamanya,Akhlaknya dan budi Pekertinya. agar menjadi Manusia yang baik lahirnya dan baik batinnya. Tetapi yang diciptakan Allah itu bukan hanya Manusia, Jin juga Allah ciptakan yang ternyata selama hidupnya adalah menggoda manusia agar menjadi manusia yang merugi baik di dunia maupun di Akhirat. Ternyata banyak Jin yang sukses menggoda manusia menjadi manusia yang durhaka kepada Allah dan Durhaka kepada kedua orang tuanya.

Tidak sedikit kita dengar ada manusia yang menampar ibu dan bapaknya hanya karena dianggap tidak adil dalam pembagian warisannya. Tidak sedikit kita pula dengar ada anak melupakan ibu dan bapaknya karena hidupnya Sukses,Juga tidak sedikit kita dengar ada anak minta uang jajan tidak dikasih kemudian maki - maki ibu dan bapaknya, tidak sedikit pula seorang anak yang menjadi durhaka karena di pengaruhi Istri atau Suaminya. Padahal dihadapan kedua otang tua kita itu ada pahala yang begitu besar yaitu nilai pahalanya yang menyamai Jihad dihadapan Allah.

Diriwayatkan dalam sebuah hadist dari Abdullah bin Amru dia berkata" seseorang datang kepada nabi untuk minta ijin untuk berjihad ( berperang),lalu nabi bertanya kepadanya, Apakah kedua orang tuamu masih ada? Jawab orang itu " masih" kemudian Rasulullah bersabda ." kepada keduanyalah hendaknya  kamu berjihad ( dengan berbakti kepada mereka ).

Maka hendaknya kita mulai dari sekarang berbakti kepada orang tua kita,selain melaksakan ibadah - ibadah lainnya. Keluarkan kata - kata yang membuat orang tua kita menjadi senang.jika rumah kita berjauhan,sering - seringlah menelpon orang tua kita jangan setahun sekali saat lebaran saja.Banyak cara untuk menyenangkan hati  kedua orang tua kita maka lakukanlah sebelum kita meninggal lebih dulu.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu





Tidak ada komentar: