Jumat, 20 April 2018

Berdoa minta masuk Surga

Apa kata ulama tentang berdoa masuk surga


Allah subhana wataala berfirman dalam Al-Qur'an Surat At-Taubah Ayat 72

وَعَدَ اللَّهُ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ۚ وَرِضْوَانٌ مِنَ اللَّهِ أَكْبَرُ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

"Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn. Dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar."

Allah subhanahu wataala sudah menjanjikan dalam Al-qur'an bahwa orang - orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya serta mentaati perintahnya dan menjauhi larangannya, Allah akan memasukan kita kedalam surga yang penuh kenikmatan dan kebahagian. Didalamnya semua penduduk surga tidak lagi memikirkan tentang bagaimana mencari nafkah, tidak lagi memikirkan tentang tidur, tidak lagi memikirkan makan dan sandang,tidak lagi memikirkan tentang Istri pokoknya semuanya sudah Allah sediakan untuk kita yang beriman dan beramal sholeh.

Sungguh diluar dugaan walaupun Allah sudah berjanji akan memberikan surga kepada makhluknya. tetapi banyak makhluk ciptaanya banyak yang melakukan melakukan pelanggaran - pelanggaran terhadap perintah Tuhannya. Umur tua atau umur muda bukan jaminan bakal menjadi orang yang taat  terhadap perintah Tuhannya. Terkadang malah orang yang sudah berumur tua paling banyak melakukan maksiatnya kepada Allah. Yang seharusnya memberikan contoh yang baik kepada yang lebih muda, ini malah sebaliknya. Jika ditanya kapan kamu sholat ? sudah tua kok belum juga sholat  ? Jawabannya " "nanti kalau dapat hidayah" katanya sambil ngeleos alias menghindar dari orang yang menannya tadi .Sungguh jawaban membuat kita tercengang,tidak habis pikir orang yang sudah tua umurnya akan memberikan jawaban seperti itu.

Mengerjakan sholat 5 waktu itu wajib hukumnya untuk yang sudah dewasa dan beriman kepada Allah dan mengucapkan dua kalimat syahadat. Jika meninggalkan sholatnya maka konsekwansinya adalah mendapatkan dosa, jadi mengerjakan sholat itu bagi yang sudah dewasa bukan menunggu hidayah dari Allah. Sholat itu memang banyak godaannya jadi harus kita paksa hati kita untuk mengajak badan kita menyembah kepada Allah. Jadi jangan menganggap enteng tentang sholat karena Amalan sholat adalah amalan yang paling pertama di hisab oleh Allah dihari kiamat. Kita ingin masuk surga tetapi kita sendiri tidak mau melaksanakan perintah Allah. Bagaimana Allah akan memasukan kita ke Surga,dari mana Allah akan menilai ibadah kita kecuali Allah berkehendak lain.

Jika kita ingin masuk Surga syaratnya adalah berdoa kepada Allah mita masuk surga dengan sungguh - sungguh yang dibarengi dengan melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi larangannya. Seperti yang disabdakan oleh nabi kita Muhammad. saw dalam sebuah riwayat bahwa dari Anas bin Malik r.a. Rasulullah saw, bersabda " Tidaklah seorang Muslim meminta Surga kepada Allah tiga kali,melainkan Surga berkata " Ya Allah masukanlah ia ke surga.'Dan tidaklah orang meminta perlindungan dari Neraka  tiga kali melainkan neraka berkata "  Ya Allah lindungilah ia dari Neraka"" (HR.attarmidzi,Annasai dan imam ahmad )

Jika kita mencintai Jasmani dan Ruhani kita agar terhindar dari sambaran api neraka maka yang paling utama adalah jangan gunakan jasmani dan ruhani untuk melakukan kejahatan - kejahatan kepada semua makhluk Allah dan tentunya juga di iringin dengan sholat yang 5 waktu dan tentunya juga kita mengamalkan semua perintah Allah dan Rasulnya.Surga itu di peruntukan bukan untuk orang yang hidupnya penuh dosa. Jika kita masih muda maka gunakan masa muda kita dengan banyak beribadah kepada Allah, jangan suka menyuruh orang lain untuk melakukan perbuatan yang melanggar perintah Allah. Ingat lah bahwa di manapun kita melakukan kejahatan walaupun sambil bersembunyi maka Allah subhanahu wataala tetap akan melihat perbuatan kita.

Mintalah kepada Allah agar keimanan kita kepadanya akan selalu tetap istiqomah. Agar ketika kita pulang menghadap Allah sudah punya bekal sebagai bahan pertimbangan kepada Allah agar kita dimasukan ke dalam surganya. dan memperoleh rahmat dari padanya.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu

Tidak ada komentar: