Jumat, 30 Desember 2016

Godaan Setan sampai keliang kubur

Apa kata ulama tentang godaan Setan




Allah .S.W.T berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-An'am Ayat 112

وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا شَيَاطِينَ الْإِنْسِ وَالْجِنِّ يُوحِي بَعْضُهُمْ إِلَىٰ بَعْضٍ زُخْرُفَ الْقَوْلِ غُرُورًا ۚ وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ مَا فَعَلُوهُ ۖ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُونَ

"Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan."


Allah.S.W.T sudah memberi tahu kepada kita sebagai umat Muslim bahwa keberadaan setan itu ada dan selalu menggoda manusia pada setiap waktu. Setan tidak akan pernah berhenti menggoda kita sampai hari kiamat tiba, karena setan tidak mau keneraka sendirian tetapi mengajak kita yang sudah tergoda oleh bujuk rayunya.

Sekarang kita bertanya Apa bedanya setan dan Iblis ?.....Setan adalah anak buah Iblis jadi Iblis adalah panglimanya setan. Tugas dua-duanya sama - sama menyesatkan umat Manusia menuju Neraka.Jika setan dan Iblis ini sudah bergerak untuk membohongi manusia maka jarang ada yang mampu menampik perintahnya kecuali orang - orang yang sudah dipilih oleh Allah. Yaitu orang orang yang hatinya selalu terpaut dengannya.

Setan dan Iblis ini menggoda manusia tidak pandang bulu Mau Ulama,mau ustad,mau orang sholeh,mau orang Kafir,mau umaro ,pokoknya semuanya yang segala perbuatannya menuju kebaikan maka setan dan Iblis akan segera menghadangnya. orang sholeh akan dibuat perbuatannya menuju kekufuran kepada Allah,orang munafik akan dibuat semakin munafik agar kemunafikannya dapat menyengsarakan hidupnya dunia da Akhirat,orang jahat akan dibuat semakin jahat agar tidak terbesit hatinya menuju kebaikan,orang kafir akan dibuat semakin kafir agar tidak memeluk agama Islam.

Setan dan Iblis ini tidak pernah ragu untuk menggoda umat manusia dan  dia akan tetap berusaha sampai titik darah penghabisan untuk menjerumuskan manusia kejalan yang tidak di ridhoi Allah.S.W.T Jika ada orang sholeh tidak bisa di goda dengan uang,ia akan digoda dengan harta benda ,jika tidak bisa digoda dengan harta benda ,ia akan digoda dengan wanita, jika tidak bisa dengan wanita ia akan goda dengan ibadahnya dan terus seterusnya setan dan iblis menggoda sampai orang sholeh ini terjerumus kedalam Neraka menjadi temannya selama - lamanya.


Setan akan menggoda umat manusia dimana saja dan kapan saja,tidak ada jarak dan tidak ada jeda atau tidak ada istirahat. Kemana manusia pergi ia akan mengejarnya. tidak peduli orang itu pergi Mall kah,ke Majlis ta'lim kah, pergi kantorkah,pergi ke masjidkah, pokonya ia kejar sampat dapat apa yang ia mau.Terus apakah setan akan berhenti setelah targetnya tercapai ?...Jawabanya Tidak, setan akan menggoda lagi pada jalan yang lain,jika manusia sudah ia goda tentang menipu orang,setan akan terus membawa masalah penipuan orang itu kepada sampai pertengkaran hebat, apakah setan itu terus berhenti setelah orang itu bertengkar hebat dengan lawannya? Jawabannya Tidak, Setan akan terus menggoda lagi dengan mengarahkan orang itu kepada yang lebih keji lagi yaitu Pembunuhan. Jika sudah tercapai semua keinginannya itu maka setan dan Iblis itu akan berkata " JIka tidak bertaubat kepada Allah engkau akan menjadi temanku di Neraka sambil ketawa Iblis itu pergi.
Allah .S.W.T berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-A’raf 17

ثُمَّ لآتِيَنَّهُم مِّن بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَن شَمَآئِلِهِمْ وَلاَ تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ -١٧-
“Kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur.”
Kemudian jika orang itu tidak bertaubat kepada Allah sebelum ajal menjemputnya maka disaat sakaratul maut,si setan akan datang lagi dengan berkata " Engkau manusia paling bodoh dan engkau akan menjadi temanku di Neraka..Ha..ha.ha " Setan itu pergi meninggalkan orang yang sedang sakaratul maut itu.Kemudian setelah itu  Malaikat pencabut nyawa menarik ruh yang ada di dalam tubuh orang itu dengan sekeras kerasnya tanpa ada belas kasihan.Setelah di siksa di dalam kubur ,orang itu baru sadar ternyata setan itu benar perkatannya dan benar pula adanya. Jika sudah demikan, menyesallah untuk selama - lama karena memang jika jasad sudah mati dan badan sudah di kubur maka tidak akan dibangkitkan kembali ke Alam dunia ini sampai datangnya hari Kiamat. Memang kata menyesal itu bukan duluan tetapi belakangan setelah semua itu terjadi dan merasakan segala akibatnya baru kita sadar.

Makanya kita jangan heran,ketika kita sedang sholat baik berjamaah maupun tidak berjamaah.Kita kadang suka lupa jumlah rakaat yang sudah kita kerjakan,untuk ukuran seorang imam,ia akan di goda tentang bacaanya maupun rakaatnya agar menjadi salah,disitulah setan dan Iblis sedang hadir,Jadi yang hadir ketika kita sedang shalat bukan saja para Malaikat, setan - setanpun ikut hadir untuk menggodanya agar yang pada sholat menjadi lalai dan tidak khusu dalam shalatnya sehingga tidak menghasilkan apa - apa dari shalatnya alias tidak beruntung dalam shalatnya.

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ
“Sungguh beruntung orang-orang yang beriman. Yaitu orang-orang yang khusu dalam shalatnya’” (Al-Mu’minun:1-3).

Ketika sedang berwudhupun begitu, setan dan Iblis akan menggoda cara wudhu kita agar menjadi tidak sempurna wudhunya. Kita menganggap wudhu kita adalah benar padahal salah total ,karena wudhu kita  tidak mengacu kepada yang Rasulullah.S.A.W ajarkan.Jangan berwudhu se enak kita kacapak - kecepek kaya bebek main air.Membasuh  muka kaya menampar Pipinya sendiri, membasuh Kaki kaya orang sedang menangkap Bola. Setan dan Iblis itu memang maunya begitu cara berwudhu kita. Setan akan berkata "Nah itu benar dan nah itu bagus" sayangnya saja  kita tidak mendengar aja apa perkataan si Setan itu, Kalau mendengar pasti kita ngibrit ketakutan.

Setan tidak pernah mengajak kompromi dengan kita.Belum pernah ada cerita baik dari sejak Setan dan Iblis  diciptakan maupun sejak Iblis diturunkan kebumi bahwa Setan bisa di ajak Negosiasi dalam hal kebaikan dengan kita. Yang ada juga Setan dan Iblis malah menjerumuskan kita.Coba bayangkan sudah berapa Triliyun umat manusia sudah di goda oleh Setan dan Iblis dari sejak Nabi Adam diturunkan ke Bumi sampai sekarang, yang sudah  pasti menjadi temannya di Neraka atau mungkin sudah tidak bisa dihitung dengan bilangan Jumlahnya.

Kita mungkin sangat kaget mendengarnya tenyata Setan juga ada yang berwujud Manusia dan yang di godanya Manusia juga. Misalnya saya tidak habis pikir kenapa ada orang sebaik itu bisa dipenjara,setelah mendapat kabar dari sana -sini  ternyata orang yang di sangka baik - baik  itu telah bersengkokol dengan teman sekantornya melakukan aksi kejahatan dengan melakukan Korupsi yang jumlahnya Ratusan Juta. Saya tidak habis pikir kepada orang itu, yang selama ini saya anggap orang yang taat beragama telah  melakukan Zina dengan Murid asuhannya, Saya tidak habis pikir kepada orang itu, yang selama ini saya anggap seorang teman yg baik ternyata telah menghancurkan nama baik saya lewat Facebook, saya juga tidak habis pikir ada seorang ulama bisa masuk agama lain,padahal ulama adalah pewaris para nabi. 

Gerilyanya Setan dan Iblis dalam menggoda umat Manusia membuat Api Neraka yang sudah diciptakan oleh Allah itu semakin hitam warnya dan siap melahap setan,Iblis dan pengikutnya.Namun Manusia tidak pernah merasa takut akan Azabnya Allah.S.W.T. Segala perbuatan yang menjurus ke arah kebinasaan dan kenistaan terus di pelihara dan dilestarikan.
Manusia sudah banyak yang ingkar kepada Allah.Manusia gemar menabung dosa padahal jika mereka tahu tentang dahsyatnya Api Neraka,Mereka akan menangis selama hidupnya agar nanti mati tidak dimasukan kedalamnya.

Coba bayangkan oleh antun di penghujung tahun ini umat manusia di seluruh dunia berbondong melakukan dosa dan maksiat kepada Allah, namun sepertinya apa yang mereka lakukan adalah seperti tidak merasa bersalah kepada Allah.Mereka berhura-hura dengan di iringi dengan kemaksiatan yang semakin terang -terangan. Wahai antum sadarlah bahwa kehidupan di dunia hanya sementara,bertaubatlah kepada Allah.S.W.T.Mumpung masih dibuka pintu taubat.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”








Tidak ada komentar: