Senin, 30 Agustus 2021

Kehidupan penghuni Surga yang selalu bahagia

Apa kata ulama tentang penghuni Surga


 Allah Subhanahu wa Ta'ala befirman dalam Al-Qur'an Surat Ya Sin Ayat 55
 "Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka)."
 
 Jumhur ulama menafsirkan ayat ini adalah bagaimana penghuni Surga itu hidupnya hanya bersenang dan selalu gembira hatinya.Semua penghuni surga itu sudah terbebas dari semua belenggu kesusahan dan kepedihan dunia.Jika didunia ketika bersenang - senang makan ini dan makan itu,jalan kesini dan jalan kesitu semuanya ada rasa bosannya dan ada capenya.Tetapi di Surga itu semua penduduk surga tidak menemukan kebosanan dan kelelahan dalam beraktifitas kesehariannya.Ingin makan tidak perlu susah - susah harus masak dulu atau keluar uang dulu.Kita tinggal ingin saja maka semuanya sudah terwujud di depan Mata.Kita akan mendapatkan apa saja yang kita inginkan. Dalam Al-Qur'an Surat Ya Sin Ayat 57 Allah Azza wa Jalla berfirman 
"Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta."
 
Kemudian di surga juga ada buah - buahan yang mudah untuk di ambilnya dan manis rasanya.Dan sudah pasti buah itu beraneka macam jenisnya yang sudah pasti akan sempurna semuanya.berbeda dengan buah di dunia rasanya ada yang manis,ada yang pahit dan ada yang busuk juga. Penghuni Surga tidak akan pernah menemukan kekesalan hati karena apapun. Penghuni surga akan merasa puas dengan nikmatan yang ada dan merasa puas karena ternyata janji Allah itu benar akan diberikan kepada hamba Allah yang di rahmatinya. 

Selain kenikmatan yang di jumpai tentang adanya buah - buahan juga akan dipertemukan dengan bidadari - bedari penghuni surga sebagai istri - istrinya.Yang selalu setia mendampingi dan selalu membuat bahagia penghuninya. Allah Azza wa Jalla berfirman dalam Al-Qur'an Surat Ya Sin Ayat 56

"Mereka dan isteri-isteri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan."
 
Sebagaimana didunia jika kita didampingi wanita - wanita cantik pasti akan merasa bahagia sebagai laki - laki normal.Tetapi memang semua kebahagian itu hanya sebentar saja.Semua kebahagian didunia hanya fatamorgana dan senda gurau yang menipu. Bahagia didunia tidak sama dengan bahagia di Surga. Sebahagia - bahagia didunia pasti tidak akan selamanya karena hari esoknya belum tentu bahagia. Bisa sedih,bisa sangat sedih,bisa susah atau bisa sangat susah atau.Begitulah silih berganti atau bisa jadi susah selamanya.Karena kebahagian dan kesedihan itu susah diprediksi manusia. Tetapi di surga itu sudah pasti bahagia selamanya dan sudah tidak ada kematian lagi. Diriwayatkan dalam sebuah hadis dari hadis Ibnu Umar Radhiyallahu anhu,dia berkata bahwa Nabi Shalallahu Alaihi wasalam  bersabda:" Ketika penghuni Surga telah memasuki Surga  dan penghuni neraka telah memasuki neraka ,didatangkan kematian yang diletakan dia antara surga dan neraka ,lantas disembelih .Seorang penyeru berseru ," Hai penghuni surga,sekarang tidak ada kematian ,Hai penghuni neraka,sekarang tidak ada lagi kematian,maka penghuni surga bertambah senang,sedangkan penghuni neraka merasa sedih.".( Hadis riwayat Imam Bukhari) ( Kitab Sahih  Bukhari Muslim halaman 1371 no.1812)
 
Mereka makan dan minum tetapi tidak buang besar, tidak buang ingus maupun tidak buang air kecil. Seperti yang di sabdakan oleh nabi kita Muhammad Rasulullah Shalallahu Alaihi wasalam, Dari Jabir Radhiyallahu anhu,ia berkata: Bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi wasalam bersabda:" Ahli surga itu makan dan minum di dalam surga,tetapi mereka tidak buang air besar,tidak buang ingus dan tidak kencing,akan tetapi apa yang mereka makan di dalam surga itu menjadi sendawa seperti bau minyak Kasturi.Mereka di ilhamkan untuk bertasbih dan bertakbir sebagaimana mereka di ilhamkan untuk bernafas." ( Kitab Riyadhus Shalihin jilid 2 halaman 672 no. 1).

Kelak di hari kiamat itu Manusia berkelompok - kelompok yang sudah ditetapkan oleh Allah Azza wa jalla.Yaitu kelompok ahli surga dan kelompok ahli neraka.Kelompok yang Masuk Surga itu adalah orang - orang pilihan Allah Azza wa jalla tentunya. Dan mereka adalah orang - orang yang lemah dan merendah hati sebagaimana di sebutkan dalam sebuah riwayat, Hadis Haritsah bin Wahb Alkhuzai Radhiyallahu anhu,dia berkata,aku telah mendengar Nabi Shalallahu Alaihi wasalam bersabda:" Maukah kalian aku bertahukan mengenai penghuni Surga? yaitu setiap orang lemah dan merendah Hati, yang seandainya ia bersumpah atas nama Allah,niscaya Allah Azza wa Jalla mengabulkannya.Lalu maukah kalian aku beritahukan mengenai penghuni Neraka ? Yaitu setiap orang yang beringas membela kebatilan,kasar dan sombong." ( Hadis riwayat Imam Bukhari ) ( Kitab Sahih Bukhari Muslim Halaman 1372 no. 1814).

Tidak ada amalan yang sia - sia jika kita ikhlas melakukannya dan Allah azza wa Jalla pasti akan membalas atas semua amalan saleh kita.Kelak semua itu akan ada perhitungannya di hari akhir. Allah Azza wa Jalla berfirman dalam Al-Qur'an surat Az-Zukhruf ayat 68-73)

”Hai hamba-hamba-Ku, tiada kekhawatiran terhadapmu pada hari ini dan tidak pula kamu bersedih hati. (yaitu) orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami dan adalah mereka dahulu orang-orang yang berserah diri. Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan istri-istrimu digembirakan.” Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala; dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya. Dan itulah surga yang diwariskan kepadamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan. Di dalam surga itu ada buah-buahan yang banyak untukmu yang sebagiannya kamu makan."


Semoga kita masuk surga kelak,Amiin !



سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْك

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan peraturan-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"





Demikian dakwah Minggu ini tentang " Kehidupan penghuni Surga yang selalu bahagia "




1 komentar:

zaklaspina mengatakan...

Online Gambling: How to Gamble Online With Bitcoins - Dr.MD
Discover the Best 충주 출장마사지 Sites to Play Games 여주 출장샵 in Real Money with Bitcoins. It's important to know that they're 전라남도 출장안마 not 보령 출장샵 gambling on crypto but gambling in 아산 출장안마 general.