Senin, 02 Agustus 2021

Keutamaan Air Zamzam

Apa kata ulama tentang Air Zamzam


 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Al - Qur'an Surat Ibrahim Ayat 37

"Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur."

Keterangan tentang nama Air Zamzam memang tidak secara jelas disebutkan di dalam Al - Qur'an, tetapi jumhur ulama sepakat bahwa surat di atas adalah merupakan bukti dalil yang mempertegas tentang Air Zamzam. Dalil - dalil As-sunnah tentang Air zamzam juga banyak disebutkan dan diriwayatkan oleh para sahabat Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam tentang Air zamzam yang sangat banyak keutamaannya. dan  hampir seluruh kaum Muslimin dan Muslimat sudah pernah meminumnya. Dan Air Zamzam yang ada di Baitullah ini tidak akan pernah habis diminum oleh Triliunan manusia sampai kapanpun. Dan tidak ada yang berani menyangkal tentang keutamaan dari Air zamzam ini. Sekarang Air zamzam yang ada di lokasi yang sangat jauh dari kita itu sudah bisa kita temukan dalam bentuk botolan di toko oleh - oleh Haji - Umroh dan murah harganya. Juga tidak sedikit yang membeli Air zamzam ini. jika kita berada di Baitullah tentu Air Mustajab ini gratis diberikan kepada tamu - tamu Allah hampir di setiap sudut kita akan mendapatkannya.

Dikisahkan tentang asal - usul telaga Air zamzam itu adalah ketika Bunda Ismail yaitu Hajar berada di Padang Pasir yang tandus bersama buah hatinya yaitu Ismail Alaihisalam dengan perbekalan seadanya dari Nabi Ibrahim Alaihisalam  yang beliau melanjutkan dakwahnya ke Palestina .Mula - mula meraka masih bisa makan dan minum setiap harinya yang dibekali oleh suaminya yaitu Nabi Ibrahim Alaihisalam.Tetapi lama kelamaan persediaan itu semakin habis dan bunda Hajarpun kebingungan kemana harus mencarinya,sedangkan Ismail menangis karena kahausan.Kemudian bunda Hajar meletakan putranya di Pasir dan berlari menuju kesebuah bukit yang bernama Shafa.namun disana tidak ditemukan apa apa selain hamparan Pasir dan udara panas.Bunda Hajarpun kembali berlari ketempat putranya dan dilihat Ismail masih menangis kehausan,ia tidak dapat memberikan apa - apa karena Air Susu pun sudah kering.

Bunda Hajarpun kembali berlari mencari ke bukit lain yang bernama Marwa dan disitupun tidak ada apa-apa.Ia pun balik lagi ke tempat putranya dan terlihat masih menangis,bunda Hajar tidak putus asa untuk mencarinya dan bolak balik selama Tujuh kali antara Shafa dan Marwa.Sampai ketika bunda Hajar kembali untuk ke Tujuh kalinya,ia melihat ada basah di Pasir dekat Ismail, maka iapun langsung menggalinya pasir tersebut ternyata ia menemukan Air yang tampak air itu semakin mengalir dan sangat banyak.Maka Air itulah asal mula Air Zamzam itu ada. Zamzam itu sendiri artinya berkumpul yang di ucapkan oleh bunda Hajar.Karena sangat berharap air bisa berkumpul sebanyak-banyaknya. Sejak kisah itulah Air Zamzam tidak pernah habis sampai sekarang, dan dikirim keseluruh penjuru Negeri kapada siapa yang membutuhkannya oleh Pemerintah Arab.

Air Zamzam adalah Air Mustajab dan akan memberikan manfaat kepada orang yang meniatkannya.Seperti yang di sabdakan oleh Baginda Rasulullah Shalallahu Alaihi wasalam,beliau bersabda" Air Zamzam itu tergantung kepada niat buat apa ia diminum.".Dalam Riwayat lain di sebutkan dari Suweid bin Sa'id bahwa "Saya melihat Abdullah bin Mubarak di Mekah datang ke sumur zamzam dan meminum seteguk airnya,kemudian ia menghadap ke Ka'bah,katanya"Ya Allah, sesungguhnya Ibnu Abil Mawali menyatakan sebuah hadis kepada kami yang diterimanya dari  Muhammad bin Munkadir yang diterimanya pula dari Jabir bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam bersabda:"Air telaga Zamzam tergantung kepada apa yang dituju dengan meminumnya.Nah,saya meminumnya ini untuk melenyapkan haus pada hari kiamat.Lalu diminumnya air itu." ( Hadis Riwayat Ahmad dan Baihaki).


Semoga Allah Azza wa Jalla selalu menuntun kita ke jalan yang lurus.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْك

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan peraturan-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"







Demikian dakwah Minggu ini tentang :" Keutamaan Air Zamzam  "




Tidak ada komentar: