Minggu, 31 Januari 2021

Hidup rukun dan tolong menolong dalam kebaikan

Apa kata ulama tentang tolong menolong


 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Ma'idah Ayat 2


"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya."

Allah Azza wa Jalla memerintahkan kepada kita untuk hidup saling tolong menolong dalam kebaikan dan Taqwa.Jangan saling membeci dan jangan saling bermusuhan.Hiduplah rukun dan damai kepada semua orang.Tidak ada gunanya kita hidup saling bermusuhan sebab hanya akan menyengsarakan lahir dan batin kita. Allah Azza wa Jalla tidak akan rido kepada hambanya yang hatinya penuh kebencian kepada orang lain.Sebagai orang yang beriman dan bertaqwa hendaknya kita takut kepada Allah Ta'ala akan ancamannya yaitu siksa yang menyakitkan anggota tubuh kita.Jangan menuruti perintah setan yang selalu masuk kedalam hati sanubari kita untuk berbuat ingkar kepada Allah dan Rasulnya. Dunia ini memang tidak akan pernah damai seratus persen sampai hari kiamat tiba,tetapi kita wajib menjaga perdamaian antar sesama.Bukan saja damai antar sesama Muslim tetapi juga damai kepada non muslim. 

Bukankah kita tahu bahwa Allah akan memberikan Pahala kepada kita, jika kita banyak berbuat baik kepada orang lain dengan Ikhlas. Tingginya derajat seseorang disisi Allah Azza wa Jalla adalah bukan karena hanya banyaknya Ilmu yang kita miliki dan hebatnya kita dalam menyampaikan dan pemikiran kepada orang lain,tetapi yang Allah nilai adalah Apakah Ilmu yang kita miliki ini selaras tidak dengan pengamalan kita dalam hidup sehari - hari.Buat apa tingginya ilmu dan hebatnya dalam penyampaian tetapi rasa sombong,iri dan dengki kepada orang lain masih melekat didalam hati kita.Merasa paling benar sendiri dan merasa paling pintar sendiri tanpa melihat perasaan orang lain. Allah dan Rasulnya memerintahkan kepada kita untuk memperbanyak amalan baik dengan tulus dan Ikhlas.Tidak akan sia - sia jika kita melakukan perbuatan baik kepada orang lain karena Allah Azza wa Jalla sudah berjanji kepada orang - orang yang beriman akan diberikan Pahala untuk kita sendiri. Dalam Surat Fussilat Ayat 46
"Barangsiapa yang mengerjakan amal yang saleh maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, maka (dosanya) untuk dirinya sendiri; dan sekali-kali tidaklah Rabb-mu menganiaya hamba-hamba-Nya."

Kita ini adalah Makhluk yang paling mulia yang Allah Azza wa Jalla ciptakan.Kita diberikan kebebasan dalam berpikir dan kebebasan dalam bermuamalah selama masih dalam koridor tidak bertentangan dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah. Isi kandungan dalam Al-Qur'an adalah firman Allah yang pasti benar dan maha benar,tidak ada keraguan didalamnya.Kita tidak akan pernah menjumpai isi didalam Al-Qur'an tentang perintah untuk berbuat tidak baik kepada orang lain ,baik dalam perkataan maupun perbuatan.Allah dan Rasulnya menyuruh kepada kita untuk hidup rukun saling tolong menolong dan hidup berdampingan dengan penuh kedamaian. Karena kita semua masih keturunan nabi Adam Alaihis salam yang Allah ciptakan dan Allah Azza Ajja wa Jalla tidak pilih kasih dalam hal ini.
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Isra' Ayat 70


"Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan"


Tidak susah jika kita ingin berbuat baik selama kita mau melakukannya.Dan peluang kebaikan itu sangat tidak terhitung jumlahnya.Coba kita luangkan waktu untuk berpikir tentang kebaikan apa yang akan kita lakukan dalam  keseharian kita.Menolong orang lain kepada siapapun kita tetap akan mendapatkan Pahala.Banyak pahala bertebaran di muka bumi ini bagi orang - orang yang mau berpikir.
Kita boleh melakukan secara terang - terangan ataupun tidak terlihat oleh mata orang lain.Secara terang - terangan maupun secara sembunyi - sembunyi tetapi tetap Allah Ta'ala pasti melihat kita.Selama kita melakukannya dengan ikhlas maka semua itu akan berbuah Pahala.Jangan meremehkan kebaikan walaupun hanya sekedar senyum kepada orang lain. Dalam sebuah riwayat diterangkan,dari Abu Dzarr Radhiyallahu anhu,ia berkata:"Nabi Shalallahu alaihi wasalam bersabda:"Janganlah sekali - kali engkau meremehkan suatu kebaikan,walaupun hanya menemui saudaramu dengan wajah yang ramah"(Hadis Riwayat Imam Muslim)(Kitab Ruyadhus Shalihin Jilid 1 halaman 148 no. 5).


Semua perbuatan baik akan berbalik kepada kita dan semua perbuat buruk juga akan berbalik kepada kita juga.Jadi dalam hidup ini semua tergantung kepada kita. Allah Azza wa jalla sudah memberikan kepada kita akal pikiran untuk kita gunakan dengan sebaik - baiknya sehingga kita dapat memfilter mana pebuatan yang baik dan bermanfaat, dan mana perbuatan yang dapat merusak Jasmani dan Ruhani kita. Iman dan Taqwa kepada Allah itu harus menjadi satu kesatuan yang tidak boleh di pisahkan jika kita ingin selamat dunia dan Akhirat. Untuk bisa sampai kepada Allah itu tidak cukup hanya dengan Iman tetapi harus di iringi dengan mengikuti semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya. Hubungan antara Hablum Minallah dan Hablum Minannas juga harus ditempatkan pada posisi yang benar bukan ditempatkan pada segala macam penyimpangan. Dengan Manusia kita harus baik Dan dengan yang menciptakan kita juga harus lebih baik semua amalan kita.Tidak ada amalan yang paling baik selain kebajikan yang timbul dari kesucian. Budi Utama Jasmani Sampurna ( Cager - Bageur).


Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala selalu membimbing kita kejalan yang lurus.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْك

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan peraturan-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"
















Demikian dakwah minggu ini tentang: Hidup rukun dan tolong menolong dalam kebaikan





Tidak ada komentar: