Selasa, 03 November 2020

Kita harus bisa menjaga kerukunan dan kedamaian

Apa kata ulama tentang kerukunan


 Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Hujurat Ayat 13

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."


Kerukunan adalah menjadi suatu hal yang wajib untuk ditegakkan oleh segenap umat manusia di Alam dunia ini.Suatu penduduk,suatu golongan,suatu bangsa dan suatu negara tidak akan terbina keharmonisan,kebahagiaan dan ketentraman jika kita sebagai manusia tidak mau menegakkan sifat kerukunan ini. Kita mulai dari kita sendiri untuk mengembangkan sifat kerukunan ini. Sebagai manusia yang bertaqwa kepada Allah Azza wa Jalla kita harus menjadi pelopor menjadi penerang dan menjadi contoh kepada manusia yang lain untuk saling kasih mengasihi,sayang menyayangi,saling nasehat menasehati dalam kebaikan,saling memberi dan saling menjaga perasaan orang lain.Kita tidak boleh saling membenci,saling menghina atau saling bekerja sama dalam kejahatan.Tentunya bagi orang yang bertaqwa itu tidak ada dalam hatinya sifat- sifat seperti ini.Apalagi sampai menyuruh orang untuk mengerjakan perbuatan yang melanggar perintah Allah dan Rasulnya.Kita boleh saja sakit hati karena di hina tetapi kita juga harus bisa menahan hawa nafsu yang disulut oleh Setan.Karena Setan itu akan selalu menyuruh kita berbuat kemungkaran,Perbanyaklah berzikir kepada Allah dengan sebanyak - banyaknya agar kita bisa mengendalikan hawa nafsu kita. Apapun yang terjadi didunia ini pasti ada hikmah di balik semua ini. Allah pasti punya rencana yang tidak dapat diketahui para hambanya. Hanya kita manusia yang lemah ini tidak dapat mengetahui segala sesuatu yang ghoib.Tidak mungkin Allah akan mengeluarkan perkara yang kecil maupun perkara yang besar ke alam dunia ini tanpa tujuan.Karena Allah Azza wa Jalla senang menguji para hambanya dan siapa yang paling baik amalnya di sisi Tuhannya.

Manusia bisa saja bertengkar baik yang bersifat local maupun bersifat global tetapi apa gunanya,yang ada hanya rasa dendam dan kehancuran baik Jasmani maupun Ruhani. Tetapi jika kita mengedepankan sifat kerukunan disemua lini maka pasti akan terbina kesuksesan dan kebahagian dalam hidup.Dalam menjaga kerukunan ini,kita harus mengedepankan saling harga menghargai dan saling hormat menghormati kepada sesama, baik yang bersifat local maupun bersifat global.Tidak perlu ada saling membenci dan saling menghina. Allah dan Rasulnya sangat melarang kedua sifat ini.Jika Setan akan menyerang manusia agar menjadi temannya di Neraka maka Setan akan menyerang kedalam lubuk hati manusia dengan menyusup kedalamnya dengan memasukan sifat benci dan menghina perasaan manusia.Jika Iman seseorang itu lemah maka ajakan setan itu menjadi pedomannya.Jadilah manusia yang paling dilaknat oleh Allah Azza wa Jalla.Jika sudah demikian maka Setan sangat bergembira dan tertawa terbahak - bahak bahwa dia telah berhasil membawa manusia menjadi temannya di Neraka.Sekarang di alam dunia ini kita memang tidak dapat melihat rupa setan yang sebenarnya, hanya para nabi dan rasul saja yang dapat melihatnya.tetapi kelak di neraka, kita akan sangat tampak melihat setan yang menggoda kita dahulu di dunia.

Allah dan Rasulnya menyuruh kepada kita untuk beriman dan bertaqwa dengan sungguh - sungguh agar kita selamat pulang ke negeri Akhirat. Allah Azza wa Jalla berfirman : 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam."(Surat Ali 'Imran Ayat 102)

Kematian itu pasti dan kematian yang baik itu adalah kematian yang membawa banyak amalan saleh yang disertai sifat taqwa kepada Allah Azza wa Jalla.Mumpung kita masih hidup maka perbanyalak mengamalkan amalah saleh baik yang tampak maupun yang tidak tampak.Kelak kita akan menuai hasilnya.

Semoga Allah Azza wa Jalla selalu membimbing kita ke jalan yang lurus.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْك

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan peraturan-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"




Thank"for read " Kita harus bisa menjaga kerukunan dan kedamaian

Tidak ada komentar: