Rabu, 18 November 2020

Masih adakah Rahmat Allah di Alam dunia ini ?

Apa kata ulama tentang Rahmat


 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 218

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أُولَٰئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَتَ اللَّهِ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."


Dunia yang kita lakoni dari semenjak kita lahir sampai pada detik ini kita masih menikmati kesenangan dan keindahan dunia dengan segala macam kebutuhan dan keinginanya.Tidak ada makhuk di Alam dunia ini yang tidak luput dari kasih sayangnya,walaupun dari kalangan manusia banyak yang membangkannya dari apa yang diperintahkan Allah dan Rasulnya. Allah Azza wa Jalla adalah Dzat yang maha lembut maka dengan kelembutannya,Allah tidak akan pilih kasih memberikan rahmat dan karunianya kepada yang di ciptakannya.Allah Ta'ala akan tetap mengurus mahluknya sampai pada suatu masa dengan iradahnya,semuanya akan dimatikan dan dihidupkan kembali, kemudian semua Manusia dan Jin akan diminta pertanggung jawaban untuk menghadapnya dengan memikul tanggung jawab dari apa saja yang telah di lakukan di Alam dunia ini. Orang - orang yang beriman dan beramal saleh yang selalu patuh pada perintah Allah dan Rasulnya akan dipisahkan dari manusia - manusia yang mendurhakai perintahnya kelak pada hari Kiamat.Tetapi sesungguhnya Allah itu maha kuasa atas segala sesuatu maka Rahmat Allah itu bukan hanya berlaku di alam dunia saja tetapi rahmatnyapun masih berlaku di Alam Akherat kelak. Ketika hambanya sedang di siksa di Neraka, maka Allah Azza wa Jalla masih akan mengampuni hambanya walaupun hanya punya sedikit kebaikan pada hambanya itu selama hambanya itu tidak menyekutukannya.Maka dari itulah Surga dan Neraka itu Allah ciptakan bertingkat - tingkat derajatnya,orang munafik ada Nerakanya,orang Musyrik ada Nerakanya,orang kikir ada Nerakanya,tukang curang ada Nerakanya,tukang bohong ada Nerakanya,tidak sholat ada Nerakanya,tukang korupsi ada Neraknya.Semua yang melanggar perintah Allah dan Rasulnya akan masuk kedalam Neraka.Begitupun dengan Surga bertingkat - tingkat derajatnya.Begitulah kekuasaan Allah itu meliputi Alam dunia dan Alam Akhirat.

Ketika Alam dunia ini diciptakan dengan segala isi yang ada didalamnya. Allah Azza wa Jalla juga sekaligus menurunkan Rahmatnya satu bagian untuk dunia dan 99 bagian ditahan disisinya. Didalam hadis yang di riwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu,berkata :" Aku mendengar Rasulullah Shalallahu Alahi Wasalam bersabda:" Allah Subhanahu wa Ta'ala menjadikan Rahmat (Kasih Sayang) seratus bagian.Maka dia menahan yang Sembilan Puluh Sembilan bagian disisi-Nya dan menurunkan satu bagiannya ke Bumi. Dari yang Satu bagian inilah seluruh Makhluk saling berkasih sayang sesamanya, sehingga seekor Kuda mengangkat Kakinya karena takut anaknya akan terinjak olehnya (karena menyayanginya)." (Kitab Shahih Bukhari Muslim halaman 1282 No. 1750). Begitu Maha Kuasanya Allah Azza wa Jalla menurunkan Rahmat, walaupun hanya satu bagian saja sudah lebih dari mencukupi segala urusan dunia berikut Makhluknya dari kebutuhan Jasmani maupun kebutuhan Ruhaninya.Maka kita sebagai Makhluk yang paling mulia di sisinya dari semua Makhluk lainnya,sudah selayaknya kita banyak - banyak bersyukur kepada Allah Azza wa Jalla.Dan kita harus merawat rahmat Allah yang di berikan kepada kita yang salah satu diantaranya adalah kita harus membina kasih sayang antar sesama dan bukan untuk merusaknya.Jangan mengikuti hawa Nafsu dan godaan Setan.Tidak perlu kita merasa diri paling hebat,paling pintar,paling bersih atau paling - paling yang lain sebab Allah Azza wa Jalla tidak memandang itu semua.Yang Allah pandang dari hambanya itu adalah tentang ke taqwaannya. Bukan pernak - pernik segala ucapan yang dikeluarkan di mulut kita.Yang Allah lihat itu adalah apa yang ada di dalam Dada kita yaitu Hati.

Jika kita ingin berjihad dijalan Allah maka menahan hawa nafsu juga berjihad.Menahan hawa nafsu untuk tidak bergibah juga Jihad,menahan hawa nafsu untuk tidak menjelekan orang lain juga jihad,menahan hawa nafsu untuk tidak memfitnah juga jihad,selalu berbuat baik kepada sesama juga jihad dan menahan dan tidak mengikuti ajakan setan juga Jihad,saling memberi dan saling mengasihi juga Jihad. Maka orang berhijrah itu bukan diartikan pindah tempat dari satu ke yang lain tetapi berhijrah yang sesungguhnya adalah yang dulunya kita tidak pernah menjalankan perintah Allah dan Rasulnya dan sekarang sudah mulai beribadah dengan menjalankan segala perintahnya,kita sudah mulai banyak bertobat agar Allah Azza wa Jalla mengampuni semua dosa - dosa kita.Sebanyak apapun kita punya dosa,Allah Azza wa Jalla pasti mengampuni kita selama kita tidak melakukan Syirik yang dibawa mati.Maka perbanyaklah bertobat mulai sekarang sebelum dunia ini Kiamat. Sebab Setan - Setan sudah sudah mulai menggempur habis - habisan saat - saat ini untuk merobek - robek Hati Manusia agar menjadi bagian dari penduduk Neraka.Terbukti bahwa setan sudah mulai menyerang yaitu dengan semakin banyaknya manusia yang ingkar kepada Allah Azza wa Jalla. Dari dulu memang setan menyerang manusia tetapi saat - saat menjelang kiamat setan akan lebih hebat serangannya.Terutama yang dihajar duluan adalah Moral dan Akhlak agar penuh dengan kedustaan. Omongan menjadi dusta,Shalatnya dusta,shodakohnya dusta,berbuat baiknya dusta,ceramahnya dusta,sumpahnya dusta. Semuanya akan dibuat dusta oleh setan.

Allah Azza wa Jalla yang maha pemurah dan Alhamdulillah kita disini di alam dunia ini. Kita masih menikmati kesenangan dan kebahagian yang Allah berikan kepada kita walaupun pada setiap manusia itu berbeda - beda tingkat kebahagian dan kesenangannya.Dan walaupun ada kesedihan itu karena Allah sayang sama kita,karena orang - orang yang beriman itu pasti akan selalu di uji akan kesabaran kita dalam melaksanakan semua perintah Allah dan Rasulnya.Perbanyaklah bersyukur kepada Allah dan perbanyaklah berbuat baik kepada orang lain dengan hati yang Ikhlas.Rahmat Allah itu masih ada di alam dunia ini dan kita tidak boleh putus asa dari Rahmat Allah Azza wa Jalla.

Semoga kita termasuk kedalam golongan yang di ampuni semua perbuatan dosa kita.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْك

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan peraturan-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"






Thanks for read : Masih adakah Rahmat Allah di Alam dunia ini ?

Tidak ada komentar: