Selasa, 27 Oktober 2020

Ancaman berat bagi orang yang mau zakat

 



Apa kata ulama tentang zakat


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat At-Taubah Ayat 103

خَ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ن صللهي مل

"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."


Zakat itu wajib hukumnya karena bagian dari rukun Islam yang ke 3 setelah Shalat.Zakat diwajibkan untuk orang - orang yang punya harta.Orang miskin tidak diwajibkan untuk zakat kecuali ingin berzakat Fitrah maka itu diperbolehkan tetapi tidak wajib menurut jumhur ulama. Jika kita ingin membersihkan diri kita dari dosa dan mensucikan ruhani kita maka zakat adalah bagian dari solusinya. Ingatlah akan berintah Allah dan Rasulnya jika kita mengaku manusia yang beriman. Disamping kita sudah menunaikan shalat, maka jika kita punya harta maka zakatkanlah dengan mengacu pada kaidah - kaidah yang sudah di syariatkan.Tidak akan miskin jika kita rajin berzakat, tetapi Allah akan mengganti dengan pahala yang besar buat kita.Harta yang kita miliki ini sebenarnya hanya titipan dari Allah Azza wa Jalla. Tentunya harta yang dititipkan Allah itu adalah harta yang halal. Kita pasti tahu mana harta yang halal dan mana harta yang haram.


Tidak ada gunanya jika kita berzakat atau bersodakoh, tetapi uang yang kita dapatkan dari hasil korupsi.menipu, memeras atau perbuatan jahat lainnya. Harta bertumpuk baik berupa uang, emas, perak dan berlian di rumah kita tetapi asal-usulnya dari pendapatan yang haram.Kaya tetapi tidak ada keberkahan dalam hidupnya.Hatinya tidak akan pernah merasa kedamaian, ketenangan dan kebahagiaan.Ketawanya hampa dan detak jantungnya berdebar kencang karena rasa takut yang maha dahsyat. Takut akan diinapkan di hotel prodeo. Itu baru rasa takut didunia, bagaimana jika ia tahu akan ancaman siksa Neraka.Tetapi sayang banyak manusia yang tidak takut ancaman Allah yang maha Agung. Karena kalau takut pasti ia akan berzakat dan pasti ia tidak akan korupsi.


Ancaman bagi yang tidak mau zakat masuk Neraka bukan hoax atau berita bohong tetapi ada dalilnya.Dan para ulama sering menyampaikan dalil- dalilnya. Diterangkan dalam riwayat, dari hadis Abu Dzar Radhiyallahu anhu, dia berkata, "Aku menemui nabi Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam, beliau bersabda:" Demi Zat yang tidak ada Tuhan selain Dia, atau sebagaimana beliau bersumpah.Setiap orang yang memiliki Unta, Sapi dan Kambing, lantas tidak dikeluarkan kewajiban zakatnya maka hewan - hewan itu akan didatangkan pada hari kiamat dalam rupa yang paling besar dan paling gemuk, lalu hewan - hewan itu akan menginjak-nginjaknya dengan Kakinya dan menyeruduknya dengan tanduknya.Setiap kali hewan yang terakhir selesai maka hewan yang pertama akan kembali melakukan seperti itu sampai Manusia diberi keputusan. "


Semoga kita termasuk hamba Allah yang akan dimasukan kedalam Surganya.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْك

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan peraturan-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"


Demikian "  Ancaman berat bagi orang yang mau zakat

Tidak ada komentar: