Senin, 30 Maret 2020

Dengan membaca Al-Qur'an jiwa kita menjadi tenang

Apa kata ulama tentang membaca Al-Qur'an


Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Ahzab Ayat 34

وَاذْكُرْنَ مَا يُتْلَىٰ فِي بُيُوتِكُنَّ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ وَالْحِكْمَةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ لَطِيفًا خَبِيرًا

"Dan ingatlah apa yang dibacakan di rumahmu dari ayat-ayat Allah dan hikmah (sunnah nabimu). Sesungguhnya Allah adalah Maha Lembut lagi Maha Mengetahui."

Hukum membaca ayat - ayat suci Al-Qur'an menurut jumhur ulama walaupun tidak wajib hukumnya, dalam artian bahwa hukumnya tidak seperti meninggalkan Salat yang lima waktu bila tidak mengerjakannya maka hukumnya dosa besar dan Neraka Jahanam adalah tempat tinggalnya. Namun, walaupun demikian kita sebagai hamba Allah yang beriman kepada Allah dan Rasulnya sangat dianjurkan untuk membacanya karena didalam ayat - ayat suci Al-Qur'an itu sangat banyak sekali kandungan hikmah didalamnya.Disamping itu Al-Qur'an juga merupakan kitab suci umat Islam,jadi sudah seharusnya kita mempelajarinya,mentadaburinya yang kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari- harinya. Al-Qur'an juga merupakan petunjuk kejalan yang benar yaitu jalan yang diridoi Allah Azza wa jalla.Manusia tidak akan tersesat kelimbah kenistaan,kesyirikan,kekufuran dan kedurhakaan kepada Allah yang maha diatas segala maha, bila kita dalam pangamalan perjalanan hidup di alam dunia ini kitab suci Al- Qur'an dijadikan pedoman hidup yang hak. Karena Al-Qur'an akan menuntun kita kejalan yang lurus yaitu jalan menunju keselamatan dan kebahagian baik di dunia maupun di Akhirat.

Agar Al-Qur'an menjadi pembimbing dalam kehidupan di dunia maka kita harus membacanya dan direnungkan maknanya. Kitab suci kalamullah ini akan membawa manfaat dan hikmah kepada yang membacanya walaupun cara membancanya terpatah - patah tetapi Allah akan memberikannya pahala kepadanya. Dalam sebuah riwayat disebutkan,Dari Aisyah Radhiyallahu anha,ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:" Orang yang mahir membaca Al-Qur'an,maka nanti akan berkumpul bersama - sama para Malaikat yang mulia lagi taat.Sedangkan orang yang kesulitan dan berat jika membaca Al-Qur'an,maka ia mendapatkan dua Pahala." ( Hadis Riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim) ( Kitab Riyadhus Shalihin halaman 116 no.4). Disamping itu Allah Azza wa Jalla juga akan memberikan hikmah yang lain seperti akan menanamkan rasa ketenangan hati kepada yang membacanya,akan memberikan safaat pada hari kiamat,setiap huruf yang dibacanya akan mendapatkan satu hasanah (Kebaikan). Dari Ibnu Mas'ud Radhiyallahu anhu,ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:" Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah (Al-Qur'an) Maka akan memperoleh satu kebaikan.Setiap satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat.
Aku tidak mengatakan: ALIF LAAM MIIM itu satu huruf,tetapi 'Alif ' satu huruf.'Laam' satu huruf ' dan 'Miim' satu huruf." ( Hadis Riwayat Imam Turmudzi) ( Kitab Riyadhus Shalihin halaman 119 no.9). Andaikan saja kita dapat membaca surat Al-Baqarah yang berjumlah 286 ayat dan bila dihitung dalam jumlah hurufnya maka akan terdapat 25.500 huruf. Berapa ribu kabaikan yang kita dapatkan dari Allah subhanahu wa ta'ala, hanya dengan membaca satu surat Al-Baqarah saja. Terus bagaimana pula kalau kita membaca setiap hari membaca Al-Qur'an atau bahkan kita baca setiap habis salat lima waktu maka berapa juta pahala kebaikan yang kita dapatkan.Sungguh beruntung orang - orang yang beriman yang senang membaca Al-Qur'an dan sungguh Allah itu maha mengetahui apa yang kita niatkan itu.

Membaca Al-Qur'an tentu boleh dimana saja asalkan sesuai syariat,Jika membacanya dirumah maka itu akan lebih baik,disamping akan menambah ke ikhlasan juga akan membuat suasana rumah terasa tenang dan damai dihati. Bila kita masih belum mahir membacanya,jangan khawatir,sekarang banyak orang jual software tentang metode cara membaca Al-Qur'an yang baik dan benar. Yang penting asal ada kemauan saja untuk mempelajarinya dan tentu saja harus ada fulusnya juga,itu sudah pasti.Semua itu harus ada pengorbanan dalam segala hal juga. Jika ingin masuk Surga harus ada pengorbanan, yang masuk Neraka aja ada pengorbanan. Pergi ketempat maksiat aja perlu pengorbanan bagaiman ia bisa beli menuman keras kalau tidak ada uangnya,kalaupun ada yang gratis pasti dijamin tidak akan berlangsung lama dan pasti tidak semua orang gratis. rugi dong bandarnya. Jika kita sudah punya softwarenya jangan cuma di simpan doang didalam lemari, tetapi gunakan untuk mendulang pahala yang banyak. Didalam situasi dan kondisi seperti sekarang ini dimana kita banyak waktu dirumah karena wabah virus menular,maka inilah saatnya waktu yang tepat untuk mempelajari semuanya baik bacaannya maupun dalam pemahamannya dan jangan lupa juga untuk mempelajari sunnah-sunnahnya.

Ketaatan kepada Allah dan Rasulnya itu tidak akan mendatang kemudaratan kepada yang mengamalkannya. Allah Azza wa jalla tidak akan menyianyiakan hambanya dalam bermal saleh. Walaupun amalan itu hanya sebutir zarah,Pahala itu tetap Allah akan berikan dan sebagai tambahan pemberat timbangan di hari kiamat kelak.Tidak ada ruginya kita berbisnis dengan Allah.Jika kita hanya mampunya cuma membelikan software Al-Qur'an kepada teman kita,sahabat kita,saudara kita atau kepada siapa saja yang kita kenal yang ingin belajar membaca Al-Qur'an. Maka pahala itu akan terus mengalir kepada kita selama alat itu masih terus dipakai oleh orang- orang yang belajar Al-Qur'an itu. Jika kita tidak punya softwarenya dan tidak punya guru juga. Jangan gampang bersedih dan putus asa. Sekarang ini banyak radio yang mengajarkan cara membaca Al-Qur'an secara gratis yang dibimbing oleh ahlinya. Jika kita memang benar- benar serius ingin belajar Al-Qur'an, Allah pasti akan memberikan jalannya.Berdoa dan ikhtiar adalah kuncinya.

Jika kita sudah terbiasa dengan tidak pernah meninggalkan Al-Qur'an dalam hidup kita. Segala kegundahan dan resahnya hati dalam memikirkan kehidupan dunia yang penuh dengan cobaan dan ujian ini. Lambat laun kita akan semakin sadar bahwa Allah menciptakan kita dan alam dunia ini berikut ujian didalamnya,bukan tidak ada maksud. Allah Azza wa jalaa tidak mungkin dengan tiba - tiba saja menciptakan ini dan itu tanpa ada tujuan. Pasti semua itu sudah di atur sama yang maha memiliki alam dunia ini. Didalam Al-qur'an sudah ada kejadian apapun yang akan melanda didunia ini.Tetapi apapun yang terjadi dengan aneka peristiwa di jagad raya ini, maka inilah suka duka hidup di alam dunia. Dan apapun yang ada di dunia itu sudah pasti akan ada akhirnya dan tidak ada yang abadi.Yang abadi itu tetap hanya Allah azza wa jalla. Maka Al-Qur'an sebagai petunjuk jalan penyelamat menuju kehidupan yang yang kekal yaitu Surga yang indah dan damai yang sudah pasti kita tidak akan menemukan gonjang - ganjing yang menyengsarakan hati sanubari kita. Maka bacalah Al-Qur'an,dijamin jiwa kita akan tentram.

Semoga Allah subhanahu wa ta'ala selalu merahmati kita.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"

Tidak ada komentar: