Selasa, 17 Maret 2020

Keutamaan Salat malam

Apa kata ulama tentang keutamaan salat Tahajud


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Isra' Ayat 79

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji."

Salat Tahajud adalah Salat yang dilakukan pada malam hari yang jumlahnya minimal dua rakat dengan satu kali salam kemudian ditambah dengan 1 rakaat witir atau 3 rakaat witir.Salat malam ini hanya bisa dilaksanakan pada malam hari yang waktu pelaksanaan yang lebih afdol adalah sepertiga malam teriakhir atau kira - kira diatas jam 2 malam atau sebelum waktu salat subuh. Jika kita sudah terbiasa bangun malam maka akan sangat mudah untuk membangunkan badan kita untuk melaksankannya,tidak pake jam Alarmpun badan kita sudah langsung bangun begitu saja. Semua itu bisa karena biasa itu kata pepatahnya. Salat malam atau Salat Tahajud ini adalah ibadah yang sangat mengental pelaksanaannya oleh orang - orang saleh dan para ulama saleh,seakan - akan sudah seperti sudah kewajiban. Salat Tahajud memang bukan salat wajib akan tetapi keutamaan dari salat ini sangat agung nilainya di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala. Karena itulah Allah mengabadikannya didalam surat Al-Isra ayat 79..Agar orang - orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya agar melaksakan salat Tahajud disaat sedang enak - enaknya tidur pulas. Dalam hal beribadah kita kepada Allah yang maha Agung jangan membandingkan antara kita dengan para sahabat nabi apalagi Rasul. Karena dari tingkat kekhuyuannya juga sudah beda jauh. 

Jujur saja saat kita sedang salat hati dan pikiran kita terkadang masih suka ngelantur pada urusan dunia.Mungkin ada juga yang sudah khusyu tapi hanya sedikit  saja jumlahnya. untuk sementara waktu yang paling utama adalah niat kita saja dulu yang diluruskan,karena seiring dengan waktu kekhusuan itu akan datang dengan sendirinya,niat kita harus ikhlas karena Allah ta'ala.Tidak boleh ada rasa keterpaksaan dalam melaksankannya atau ingin dipuji mertua karena malam - malam bangun untuk salat malam yang kebetulan masih tinggal di Pondok Mertua Indah..Masuk kekamar mandinya saja pintunya ditutup keras- keras dan suara air yang mendebur- debur kacapak kicipik mengambil air wudhunya. Jika tidak ingin salat malam kita tidak ketahuan siapa - siapa bahkan oleh tetangga sekalipun agar tidak terbesit hati ingin ria, maka kerjakanah dengan pelan - pelan tapi juga jangan pelan banget juga. Atau jika ingin bareng sama istri ,bagus juga asal istri kita mau aja.Jangan dipaksa juga nanti malah jadi ribut malam - malam.Kan malu juga sama tetangga atau sama mertua kita.

Salat malam adalah ibadah yang sangat menyentuh hati karena kesunyiannya.Disaat kita sedang membaca ayat - ayat Al-qur'an,disaat kita sedang bersujud,disaat kita sedang berzikir dan disaat kita sedang berdoa.Rasa kita dengan Allah Azza wa jalla begitu sangat dekat sekali. Seakan - akan hanya kita dengan Allah saja pada waktu itu. Kita bisa demikian karena faktor keimanan dan keyakinan dalam qalbu kita kepada Allah yang Agung. Keheningan malam yang sunyi senyap membuat hati kita semakin khusyu dan Qalbu yang semakin bergetar berzikir kepada Allah akan keagungannya.Paling -paling hanya terdengar suara orang - orang disamping kita yang tertidur pulas sambil mendengkur balas - balasan. Sangat berbeda rasanya antara salat malam dan salat disiang hari yang penuh dengan kebisingan. Malam hari memang malam yang selain dijadikan untuk ibadaholeh orang - orang saleh, juga dijadikan malam yang penuh keramat oleh orang - orang pelaku syrik. Terkadang dipakai untuk melakukan kejahatan seperti guna - guna,tenung,sihir dan kejahatan lainnya. Allah Azza wa jalla sangat melaknat orang - orang seperti ini. Hati - hatilah dari kejahatan dimalam hari. Allah subhanahu wa ta'ala sudah berfirman dalam surat Al-Falaq ayat 3 

وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ
"dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita",

Jika sudah melaksankan salat malam yang dilanjutkan dengan berzikir kemudian jangan lupa berdoa kepada Allah,alangkah baiknya sambil bersujud. Karena paling dekat seorang hamba dengan Allah adalah ketika sujud.Berdoalah sambil merendahkan hati. Selain berdoa untuk kita tentang urusan dunia dan akhirat juga doakan untuk bangsa dan negara ini agar wabah corona yang melanda negeri ini cepat teratasi dan virunya mati. Karena doa dimalam hari itu niscaya Allah mengabulkannya.

Dari Jabir radhiyallahu anhu,ia berkata: Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,:"Sesungguhnya pada waktu malam terdapat satu saat,apabila seorang muslim memohon kebaikan kepada Allah Ta'ala baik berkaitan dengan urusan dunia maupun Akhirat,niscaya Allah mengabulkannya.Dan saat yang demikian itu ada pada setiap malam." (Hadis Riwayat Muslim).(Kitab Riyadhus Shalihin halaman 206).

Andaikan saja setiap satu rumah ada 2 orang berdoa dimalam hari setelah salat malam tentunya,bayangkan jika dikalikan dengan 1000 rumah yang penghuninya berdoa,bagaimana jika 1 juta rumah yang penghuninya berdoa, bagaimana jika100 juta rumah yang penghuninya berdoa dan bagaimana pula bila seluruh kaum muslimin diseluruh dunia berdoa dimalam hari.Sudah pasti langit dunia ini bergetar sangat hebat, maka sungguh mustahil virus corona itu masih bercokol di alam dunia ini.Dengan iradahnya Allah yang maha agung bisa saja Virus itu di lenyapkan oleh Allah Azza wa zalla. Tidak ada yang mustahil di dunia ini jika Allah Azza wa jalla menghendakinya. Segala alat dan semprotan itu hanya sebagai alat dan sarana, akan tetapi pada hakekatnya Allah juga yang mengehentikannya. Manusia dan Jin itu tetap lemah dihadapan Allah Azza wa zalla. Secara sunatullah kita memang harus berusaha dengan segala daya dan upaya, tetapi akan lebih mujarab jika diiringi dengan doa.Doa yang dilakukan pada malam hari setelah salat malam.Jika tanpa doa virus itu memang akan mati,tetapi sementara saja sifatnya,setelah itu akan muncul virus baru yang lebih dahsyat.Seperti yang dialami Negara Cina sekarang. Coronanya pergi tetapi dibeberapa wilayah daratan cina muncul virus baru.Semoga saja tidak datang kesini virusnya.Karena kita sedang berjuang menghadapi virus corona yang ganas ini. Karena virus corona ini  sangat senang menyerang secara berjamaah atau kumpulan orang - orang maka sangat tidak mungkin untuk dilakukan dengan Tahajud berjamaah. Maka dilakukannya adalah dirumah masih masing.

Semoga Allah subhanahu wa ta'ala melindungi kita semua dari bala dan marabahaya.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"

Tidak ada komentar: