Senin, 04 November 2019

Ada apa di Negeri Akhirat

Apa kata ulama tentang Negeri Akhirat


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Asy-Syura Ayat 20


مَنْ كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الْآخِرَةِ نَزِدْ لَهُ فِي حَرْثِهِ ۖ وَمَنْ كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِنْ نَصِيبٍ

"Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat."

Negeri Akhirat adalah sebuah alam yang gaib yang hanya bisa diyakini oleh orang - orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya. Tidak semua manusia dapat menerima dengan hatinya maupun dengan akalnya bahwa alam Akhirat itu ada, termasuk dikalangan penganut agama Islam itu sendiri masih ada yang meragukan tentang adanya alam Akhirat itu. Padahal di dalam Al-Qur'an sudah banyak yang menjelaskan bahwa adanya alam Akhirat yang didalammnya ada Surga dan Neraka berikut para malaikat sebagai penjaganya. Yang tentunya para malaikat itu mempunyai tugasnya masing masing yang selalu setia dan menuruti perintah Tuhannya. Kelak pada akhirnya semua umat manusia akan dikumpulkan disana untuk diminta pertanggung jawaban atas apa saja yang mereka perbuat selama di alam dunia. Untuk orang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhanya maka Surgalah tempat kembalinya tetapi bagi yang tidak beriman dan tidak bertaqwa kepada Tuhannya maka Nerakalah tempat kembalinya. Allah subhanahu wa ta'ala tidak memandang siapa diri kita, apa jabatan kita dan semua harta yang kita miliki sebagai kebanggaan kita. Yang Allah lihat dari diri kita adalah tentang keimanan dan ketaqwaan kita kepadanya.

Banyak manusia yang memperdebatkan perihal adanya alam yang abadi ini. Bahkan karena merasa tidak yakinnya adanya alam gaib yang mereka bicarakan itu, termasuk adanya siksa kubur atau azab kubur, maka dengan berbagai eksperimen mereka lakukan dengan cara mematikan manusia tetapi tidak dikubur didalam tanah akan tetapi manusia yang sudah mati itu mereka simpan didalam suatu ruangan yang bisa dilihat oleh pandangan mereka, dengan berasumsi bahwa dengan demikian mereka itu bisa melihat azab kubur atau nikmat kubur yang di alami oleh jasad yang sudah mati itu. Tetapi ternyata eksperimannya itu membuktikan bahwa manusia yang sudah mati itu ternyata tidak adanya tanda - tanda secara lahiriah bekas siksaan di tubuh simayit itu. Maka pada akhirnya mereka menyimpulkan bahwa siksa kubur atau azab kubur itu hanyalah akal - akalan manusia. Kemudian secara otomatis merekapun tidak percaya adanya Neraka dan juga Surga. Kitab suci Al-Qur'an adalah kitab yang memberitahukan kepada umat manusia bahwa selain dunia yang Allah Ciptakan berikut isinya, juga Allah diciptakan Surga sebagai kabar gembira buat orang - orang yang beriman dan bertaqwa dan juga Neraka buat manusia yang ingkar kepadanya.

Neraka adalah tempat siksaan yang maha dahsyat yang tidak bisa dijelaskan secara akal tentang begitu angker dan seramnya tempat siksaan yang akan dialami oleh umat manusia dan Jin. Panasnya api kompor saja yang menjilat tangan kita sangat begitu sakitnya apalagi siksaan yang dibuat oleh Allah yang tidak berhenti dan berlangsung terus menerus dan selama lamanya. Didalam Neraka itu sendiri di isi oleh Makhluk - Makhluk yang ganas dan menyeramkan. Aungan suara anjing di neraka bukan hanya sekedar mengaung biasa seperti Anjing - Anjing di dunia. Tetapi Anjing di Neraka adalah selain mengaung juga memakan habis sampai ketulang - tulang manusia yang durhaka kepada Allah azza wa jalla dan kita tidak bisa membayangkan wajah angker anjing dan bagaimana besarnya, Wajah werewolf saja begitu sangat seramnya bagaimana Anjing di Neraka.. Selain binatang anjing di dalam Neraka juga ada binatang kalajengking dan Ular besar yang siap memakan manusia yang tidak beriman kepada Allah dan Rasulnya. Berita neraka ini bukan berita bohong atau berita hoax tetapi semua itu ada di dalam Al-Qur'an dan As-sunnah bila kita ingin mengkaji lebih mendalam tentang penghuni - penghuni Neraka.

Begitupun dengan Surga yang dijelaskan secara gamblang di dalam Al-Qur'an dan As-sunnah  bahwa Surga itu ada dan penghuninya adalah orang - orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya dan beramal sholeh. Bagaimana keadaan Surga dan apa saja yang ada didalammnya semuanya lengkap untuk kebutuhan penghuninya dari mulai indahnya suasana yang tidak bisa jelaskan secara akal manusia sampai segala kebutuhan makanan,minuman dan sampai kepada kebutuhan biologis semuanya tersedia, karena di surga itu juga ada bidadari - bidadari yang cantik jelita yang belum pernah disentuh oleh makhluk manapun. Itulah sebuah tempat yang berisi puncak kenikmatan yang tidak ada bandingannya. Dan berita tentang surga juga ada didalam Al-Qur'an dan As-sunnah bila kita ingin mengkaji lebih dalam lagi dengan tafsir - tafsirnya. Tetapi walaupun demikian masih saja ada yang menyangkalnya dengan mengatakan tidak percaya adanya Surga. Memang semua itu kembali kepada manusianya bebas untuk memilih kemana kelak ia akan kembali, karena hanya ada 2 pilihan begitu kita mati tempat tinggal kita apakah di neraka ataukah di Surga. Allah tidak memaksa kita untuk berbuat baik atau beramal sholeh sebagai bekal pulang ke negeri Akhirat. Semuanya  terserah kita, tetapi tetap semua itu ada konsekwensinya sebagai balasan apa yang telah kita perbuat, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya.

 Semoga Allah subhanahu wa ta'ala memasukan kita kedalam golongan orang - orang yang sholeh.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"

Tidak ada komentar: