Senin, 23 September 2019

Makan dan minum yang baik dan halal

Apa kata ulama tentang makan makanan yang haram


Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Mu’minun Ayat 51

يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا ۖ إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

"Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Jasmani dan Ruhani yang kita miliki ini harus di jaga dan dirawat agar mencapai kebersihan dan kesucian baik yang masuk kedalam mulut maupun yang masuk kedalam ruhani. Dari awal kita diciptakan oleh Allah badan dan ruhani kita dalam keadaan bersih dan suci dan kembali kepada Allahpun harus bersih dan suci pula. Kebersihan Jasmani yang dimaksud adalah bukan saja kita harus mandi dan memberishkan diri dari segala najis akan tetapi asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh kita harus yang baik dan halal. Jika kita ingin menjadi manusia yang memiliki derajat yang tinggi disisi Allah adalah salah satunya kita juga harus makan dan minum yang baik dan halal disamping mengerjakan ibadah yang lainnya. Sumber penghasilan yang didapatkan juga harus yang baik dan halal bukan dari hasil Korupsi,menipu, menyakiti orang lain atau kejahatan lainnya. Akan lebih baik kita mendapatkan hasil dari yang halal walaupun sedikit jumlahnya ketimbang mendapatkan hasil yang banyak tetapi sumbernya dari yang tidak baik dan tidak halal. Jika kita terus memaksakan diri dengan mencari hasil dari yang tidak  halal maka jiwa kita akan menjadi kotor dan nista di hadapan Allah azza wa jalla. Selain itu jika kita meminta pertolongan kepada Allah dengan berdo'a maka tidak mungkin doa kita akan di dengar apalagi dikabulkan doa kita. Karena syarat utama agar do'a kita di dengar oleh Allah adalah jiwa kita harus bersih dahulu. Allah hanya akan mengabulkan do'a kita jika kita juga menuruti semua perintah Allah dan Rasulnya.

Kita sebagai hamba Allah tidak bisa mempermainkan peribadatan kepadanya. Mengerjakan shalat,membaca Qur'an, shodakoh,puasa dan berbuat baik kepada orang tua, kepada anak ,kepada istri,kepada saudara dan kepada orang lain sementara uang yang kita berikan kepada mereka itu dari hasil kejahatan korupsi,mencuri,menipu,menyakiti orang lain dan bentuk kejahatan lainnya. Allah subhanahu wa ta'ala pasti tidak mungkin menerima semua ibadah kita. Allah tidak akan bisa kita bohongi karena Allah sangat maha melihat apa saja yang kita kerjakan. Ketika kita shalat badan kita dibungkus dengan jubah putih,kepala dibungkus dengan sorban dan wangi-wangian yang harum semerbak,tetapi mulut kita tidak bisa lepas dari makan dan minuman haram ,dari hasil yang haram. Dan makanya tidak heran jika ada hamba Allah masih suka mencari yang haram dan makanan dan minuman yang haram, ucapannya senang bener menyakiti hati orang lain, mengadu domba,memfitnah,menyakiti hati orang lain,dengki sama orang lain,senang menghasut dan senang bikin orang lain menderita. Ucapanya tidak memberikan contoh yang baik dan menentramkan. Jika hamba Allah yang jasmani dan ruhaninya sudah kotor maka Allah tidak akan melirik semua ibadah kita apalagi menerimanya. Semua amal sholehnya akan tertolak. Untuk itu agar ibadah kita mendapatkan perhatian dari Allah azza wa jalla maka bersihkan dulu jasmani dan ruhani kita dari yang haram dan dari semua penyakit Hati. Kita sebagai makhluk Allah yang sempurna dari semua makhluk yang lain. Kita diberikan Hati nurani dan akan pikiran agar kita bisa membedakan mana yang baik dan mana buruk, mana yang Halal dan mana yang Haram. sehingga jika semua itu kita pakai dan kita gunakan maka kita akan menjadi hamba Allah, bukan saja ditinggikan derajat kita tetapi semua amalan sholeh dan amalan baik kita akan diterima dan akan akan dikabulkan segala do'a kita.

Apapun profesi kita dan dimanapun kita mencari penghasilan,pikirkanlah dahulu jika kita akan melakukan perbuatan yang mengarah kepada perbuatan yang dapat merusak jasmani dan ruhani kita, karena semua yang kita lakukan itu sudah pasti ada konsekwensinya baik kebadan kita secara langsung maupun hukuman yang bersifat pelanggaran hukum agama dan negara.Jangan gampang tergiur oleh jumlah uang yang banyak dan mudah mendapatkanya padahal itu uang haram,uang sogokan,uang hasil korupsi,uang hasil kejahatan narkoba,money laundering,uang markup atau uang tidak jelas sumbernya.Rejeki itu sudah ada yang mengatur yaitu Allah subhanahu wa ta'ala, tidak perlu khawatir tidak makan atau tidak hidup. Masih ada dan masih banyak sumber penghasilan yang lain yang baik dan halal. Jika kita tidak bisa mencari uang dengan bertatap muka dengan orang lain,tidak perlu khawatir, kita masih bisa berjualan secara online dan apa saja bisa kita jual yang penting barangnya halal.atau menjadi youtuber juga tidak apa - apa asalkan tidak membohongi orang lain,apa lagi sekarang era pasar bebas yang kita bisa berjualan secara online keseluruh dunia dengan bergabung di Amazon ,Aliexpress,Alibaba,Ebay,Ubuy,Lazada atau ditoko online yang lain. Jika kita tidak punya produk untuk dijual, kita bisa jual keahlian kita menjadi web designer,menjual ebook ,menjual domain,menjual hosting,menjual SSL certificate atau produk - produk digital lainnya. Yang penting kita punya niat dan ada kemauan, selanjutnya kita pasrahkan semuanya kepada Allah yang maha pengatur.

Untuk meminta rejeki kepada Allah kita harus punya wadahnya agar Allah mudah memberikannya. Dan jangan lupa berdoa kepadanya, memohon kepada Allah agar laku jualan kita dan dijauhkan dari hasil yang haram. Allah subhanahu wa ta'ala itu tempat kita meminta apa saja, asal kita haqqul yakin kepadanya. Tetapi syarat utamanya adalah kita harus mentaati perintahnya dulu dan menjauhi segala larangannya. Jadikan bahwa Allah itu satu - satunya tempat kita berlindung dan memohon pertolongan. Tidak ada daya dan upaya sebaik - baik pertolongan itu adalah hanya dari Allah saja bukan dari manusia. Pasrahkan saja segala urusan hanya kepada Allah azza wa jalla. Dulunya juga kita tidak ada karena Allah yang mengadakannya dan sudah pasti Allah mengurusnya juga. Sebagai ungkapa rasa syukur kepada Allah maka kita harus banyak berzikir kepada Allah dengan sebanyak - banyaknya.

Semoga Allah akan selalu meberikan kepada kita jalan keluar yang baik akan kehidupan kita ini.Dan menjadi manusia yang kuat dan tangguh di setiap godaan dan cobaan.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"

Tidak ada komentar: