Senin, 22 April 2019

Berpuasa di bulan suci Ramadhan adalah Wajib hukumnya

Apa kata ulama tentang Puasa Ramadhan



Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 183

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa Ramadhan dimana orang - orang yang beriman diwajibkan untuk melaksanakan puasa dengan penuh keimanan dan taqwa. Puasa yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulnya yaitu puasa bukan saja menahan rasa haus dan lapar tetapi puasa yang dapat  menahan hawa nafsu dari perbuatan yang dapat merusak pahala dan membatalkan Puasa itu sendiri. Berpuasa orang yang hanya sekedar melaksanakan kewajiban berbeda dengan orang - orang yang berpuasa dengan penuh ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Orang yang berpuasa tidak disertai keimanan dan takwa tidak akan membekas setelah puasanya berakhir. Karena puasanya hanya sekedar ikut - ikutan. Berpuasa jalan terus tetapi menggunjing juga jalan terus. Berpuasa jalan terus tetapi tidak dengan disertai mengerjakan sholat. Berpuasa jalan terus tetapi lidahnya selalu mengucapkan kata kata kotor,berpuasa jalan terus tetapi suka jahat sama orang lain,begitulah seterusnya,semua anggota tubuhnya bermaksiat kepada Allah padahal sedang berpuasa.

Jika kita berpuasa ingatlah bahwa itu perintah Allah dan Rasulnya yang harus kita kerjakan dengan sungguh sungguh dan disertai hati yang Ikhlas. Sadarlah selalu bahwa kita tidak sedang bermain - main dengan ibadah kita. Jagalah hati kita dan pandangan kita dari hal- hal yang haram.Hindarilah dari hal- hal yang dapat membatalkan puasa kita. Isilah hari puasa di bulan Ramadhan itu dengan banyak membaca Al-Qur'an. Itulah sebaik baik lantunan lagu yang akan menambah keimanan kita kepada Allah. Gunakan lidah dan kuping kita hanya untuk yang baik - baik saja. Perbanyaklah melangkahkan kaki kita menuju Masjid untuk sholat berjamaah karena pahalanya akan berlipat lipat jika dikerjakan disaat bulan suci Ramadhan, Bulan inilah saatnya kita memohon kepada Allah agar puasa kita diterima dan diampuani segala dosa kita. Jika kita dulu suka meninggalkan shalat maka mulai sekarang kerjakanlah dengan penuh keikhlasan. Meninggalkan sholat itu dosa besar dan sama besarnya dengan meninggalkan puasa Ramadhan.

Mengerjakan amalan sholeh di bulan puasa akan dilipatkan gandakan pahalanya oleh Allah,tetapi mengerjakan perbuatan yang melanggar perintah Allah juga akan dilipatgandakan dosanya. Tidak ada amalan yang tidak diganjar oleh Allah,semuanya dapat ganjaran baik Pahala atau dosa. Persiapkanlah dari sekarang apa saja yang akan kita lakukan di bulan ramadhan ini,tentunya persiapan itu adalah persiapan yang baik - baik bukan persiapan yang buruk. Jika kita punya rencana pada saat bulan puasa mau memberi makan buat orang yang akan berbuka maka persiapkanlah segala sesuatunya dari sekarang dengan mencatatnya didalam buku harian kita agar tidak lupa. Susunlah rencana - rencana itu semuanya. Semua rencana baik itu pasti Allah akan mengingatkan kepada kita. Tetapi janganlah dibulan suci ini kita membuat rencana - rencana jahat sama orang lain karena Allah akan murka kepada kita. Dan bisa saja rencana jahat itu akan berbalik kepada kita sendiri karena Allah tidak ridho akan kelakuan kita. Sesungguhnya Allah itu maha tahu apa yang ada didalam dada kita.

Niatkan dalam hati dengan sungguh - sungguh bahwa kita besok lusa akan mengerjakan puasa Ramadhan. Meminta kepada Allah agar kita diberikan kekuatan dalam menjalankannya. Kalau hanya sekedar puasa menahan haus dan lapar saja pasti semua orang bisa melaksanakannya. Tetapi kuat yang dimaksud adalah Jasmani ikut berpuasa dan Ruhani juga ikut berpuasa. Sehingga setelah puasa kita berakhir, ibadah kita kepada Allah semakin bertambah ketakwaan kita dan menjadikan kita manusia lain dari sebelum ramadhan. Kita ini makhluk lemah dihadapan Allah sehingga terkadang ada saja perbuatan dosa yang kita perbuat baik besar maupun kecil. Untuk itu dibulan puasa ini kita memohon kepada Allah agar Allah mengampuni dosa - dosa kita dan memohon agar kita dijauhkan dari siksa Api Neraka.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"

Tidak ada komentar: