Senin, 25 Maret 2019

Hati yang bersih dapat membuka segala rahasia.

Apa kata ulama tentang Hati yang bersih


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Quran surat Yunus ayat 57

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

“Wahai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh dari penyakit-penyakit (yang berada) di dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.”

Hati yang ada di dalam dada manusia itu harus dijaga,dirawat dan dibina agar tidak menjadi liar dengan menabrak semua larangan dan perintah Allah dan Rasulnya. Didalam Hati ini pula segala macam perintah menuju otak dalam bertindak. Jika Hati kita telah kotor maka segala bentuk kedzaliman,kemunafikan,kemusrikan dan kemaksiatan sudah menjadi bagian dari kehidupannya. Hati kita selalu berburuk sangka sama orang lain. Tidak pernah ada filter dalam menanggapai segala persoalan yang datang, tetapi selalu disikapi dengan buruk, jahat dan nafsu amarah. Pikirannya juga selalu berfikir negatif karena memang hatinya juga yang mengarahkan kesana. Karena hatinya sudah kotor dan jauh dari Allah maka jikapun akan berbuat baik kepada orang lain atau memberi sesuatu kepada siapapun maka hatinya selalu menimbang - nimbang untung ruginya. Tidak pernah ada rasa ridho dan syukur didalam dirinya. Tidak pernah sadar bahwa semua dan segala yang ada pada dirinya itu adalah milik Allah subhanahu wa ta'ala. 

Penghasilan yang di dapat karena merasa dia yang cape - cape kerja,kenapa harus di berikan kepada orang lain. seberapa persen apapun, baik dalam bentuk sedekah,infak ataupun dalam bentuk zakat. Lebih baik buat dia berpoya - poya atau bersenang - senang, agar hatinya menjadi senang. Kalaupun ia bersedekah maka setelahnya ia beritakan kepada orang lain bahwa ia sudah sedekah ke sianu berjumlah sekian dan ke yayasan anu jumlahnya sekian.Tidak pernah ada rasa ikhlas didalam hatinya.selalu riya dalam beramal. Padahal dari hasil penghasilannya itu ada hak orang lain yang harus ditunaikan kewajibannya.Karena hatinya sudah tertutup itulah maka ia semakin jauh dari pintu hidayah Allah. Padahal jika kita menjauh dari Allah maka Allah juga akan jauh dari kita. Jika sudah demikian maka jangan harap hati kita akan menjadi bersih. Karena kunci dari hati yang bersih adalah karena dekatnya Allah dengan kita.

Jagalah hati kita agar menjadi bersih dari dosa - dosa yang terus menempel setiap hari. Banyak sekali dosa yang bersumber dari hati itu seperti iri dengki,sombong,kikir,dusta,pemarah,Riya, syirik,berkhianat,maksiat,kufur nikmat,ujub atau merasa diri paling dari yang lain,pamer. Dari semua penyakit hati itu harus kita kelola,dijaga dan jangan dibiarkan liar karena akan memperparah keadaannya. Bila penyakit hati ini semuanya rusak maka kita akan menjadi manusia yang rugi baik di dunia maupun di akhirat. Penyakit hati itu harus diobati caranya yaitu dengan berdzikir kepada Allah. Tidak ada obat lain yang dapat menyembuhkannya jika sudah terjangkit penyakit- penyakit ini. Dosa itu menempelnya bukan dibadan tetapi di hati. Jika kita sering mengerjakan perbuatan dosa maka hati kita akan menjadi hitam. Hitam dalam arti bukan secara dzohir warnanya hitam. Tetapi Hitam secara ruhani yang tidak terlihat oleh mata lahiriah. Hanya Allah,para malaikat dan para hamba Allah yang terpilih saja yang dapat melihatnya atau yang disebut dengan para waliyullah

Karena banyaknya dosa inilah hati kita menjadi gelap karena amaliyah kita yang selalu mengikuti hawa nafsu Setan. Padahal didalam hati itu ada Nur atau cahaya yang ditancapkan oleh Allah kedalam hati manusia. Nur atau cahaya itu akan bersinar dan terbuka jika hati manusianya itu bersih dari dosa. Sehingga nur itu memancarkan kesegala arah didalam ruhaniyahnya.Semuanya terbuka tirai penghalang dia dengan Tuhannya. Segala rahasia yang tersembunyi yang tidak dapat dilihat oleh mata biasa menjadi terlihat dengan cahaya hatinya yang terus berdzikir kepada Allah. Itulah cahaya iman yang bersumber dari cahaya Illahi. Sudah tidak ada lagi jarak dia dengan Tuhannya. semua gerakannya adalah gerakan Allah. Semua pandangannya selalu tertuju kepada Allah. Rahasia yang tersembunyi didalam hati Manusia dapat terlihat dan Rahasia yang tersembunyi di alam semesta juga dapat terlihat. Inilah manusia pilihan Allah yang secara jasad biasa - biasa saja padahal ia adalah hamba yang di cintainya. Hatinya selalu terjaga dari semua perintah Allah dan Rasulnya.

Dalam urusan dunia,ia sudah tidak perlu memikirkannya karena Allah sudah pasti akan memberinya. Orang lain mengejar dunia. Tetapi ini sebaliknya dunia mengejar dia. Rasa nikmatnya selalu dekat dengan Tuhanya tidak bisa ditukar dengan apapun di dunia ini. Kenikmatan dunia hanya sebentar saja setelah itu hilang tanpa rasa puas yang selamanya.Rasa syukurnya kepada Allah sudah menjadi ingatan dan ucapan kesehariannya. Sehingga kenikmatan itu semakan diberikan oleh Allah tanpa henti - hentinya.Memang semua itu bersumber dari hati yang bersih yang terus diisi dengan berdzikir kepada Allah dengan terus - menerus. Kita semua bisa menjadi hamba Allah yang demikian tetapi syaratnya kita harus bisa menjaga hati dan mengelolanya dengan benar dan terus berzikir kepada Allah yang diambil dari sumber yang bersih dengan terus mengerjakan semua perintah Allah dan Rasulnya.

Semoga kita termasuk hamba Allah yang di cintainya.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"


Tidak ada komentar: