Senin, 18 Maret 2019

Menjadi hamba - hamba Allah yang di Ridhoi

Apa kata ulama tentang Hamba Allah yang di Ridhoi


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an dalam surat Al-Baqarah ayat 208

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu."

Seruan Allah kepada orang - orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya agar benar - benar menjalankan perintahnya dengan sungguh - sungguh. Semua perintah Allah dan Rasulnya harus menjadi prioritas utama dalam beribadah kepada Allah. Jangan merasa bosan atau merasa tersiksa atau merasa terpaksa jalan menjalankan perintahnya. Apapun yang kita lakukan dalam beribadah kepada Allah itu pasti tidak akan sia - sia, tetapi semua itu akan Allah ganjar dengan Pahala yang Allah juga ridho memberikannya. Jangan mencampur adukan mana yang amalan baik dan mana yang amalan buruk. Perbanyaklah melakukan amalan baik dan tinggalkan semua amalan buruk. Jangan mau mengikuti ke hendak setan yang selalu menggoda manusia sampai akhir jaman. Setan akan selalu menyuruh kita untuk melakukan perbuatan - perbuatan yang dilarang oleh Allah dan Rasulnya. Jadilah orang yang beriman yang masuk kedalam Islam secara keseluruhan. Mengejar ridho Allah yang tidak kenal lelah dengan mengikuti perintahnya dan menjaui larangannya.

Allah akan selalu menguji kepada kita tentang keimanan kepadanya,sampai sejauh mana tingkat keimanan yang kita miliki. Apakah jika di berikan cobaan dengan kemiskinan terus akan menjadi inkar kepadanya. Apakah jika diberikan cobaan penyakit yang menahun terus akan menjadi hamba Allah yang durhaka kepadanya atau tetap menjalankan perintahnya.. Apakah jika diberikan kekayaan yang banyak akan terus menjadi hamba Allah yang kufur akan nikmatnya. Apakah jika diberikan cobaan yang bersifat syahwat terus akan menjadi hamba Allah yang tetap istikomah dijalan Allah atau terus terjerumus kedalam lubang kemaksiatan. Kita akan selalu diberikan cobaan oleh Allah apapun bentuknya sampai ajal menjemput kita. Karena Allah yang menciptakan kita maka kita wajib untuk bersyukur kepadanya dengan mengikuti segala perintahnya dan menjauhi semua larangannya. Tidak lain Allah menciptakan kita bukan tidak ada maksud, tetapi agar semua makhluk yang Allah ciptakan itu menyembah kepadanya. Allah berfirman dalam Al-Qur'an Adz-Dzaariyaat ayat 56

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
“Dan tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepadaku”

Kita hidup di dunia ini tidaklah semau kita tetapi ada aturan mainnya yang sudah Allah tetapkan. Jika kita ingin selamat dunia dan Akhirat maka bacalah Al-qur'an dan ikutilah perintah Rasul kemudian mengamalkannya didalam kehidupan sehari hari. Janganlah kita termasuk orang - orang yang merugi dan termasuk orang - orang yang menyesal di hari kemudian. Perbanyaklah mengerjakan amalan sholeh dengan penuh keikhlasan seperti banyak berdzikir,banyak sedekah,banyak puasa,jangan meninggalkan sholat serta banyak berbuat baik kepada orang lain. Jangan tergiur oleh indahnya dan eloknya dunia yang semakin menggoda sampai - sampai lupa kepada yang menciptakan kita. Carilah rejeki yang sesuai dengan perintah Allah dan Rasulnya, jangan asal semau kita dengan menabarak semua hukum - hukum Allah. Halal dan haram sudah menjadi bagian dari keinginannya yang tidak bisa disahkan. Ingatlah bahwa semua itu akan diminta pertanggung jawaban kelak di hari kiamat. Berhati hatilah dalam beramal dan berhati - hatilah dalam berucap sebab semua itu akan tertulis di didalam kitab amal baik dan amal buruk. Kitab itu nanti akan kita baca di hari kiamat didepaan semua manusia,para malaikat dan Jin. Apakah kita termasuk hamba Allah yang beruntung atau hamba Allah yang merugi.

Ketauhilah bahwa Surga itu ada dan Neraka juga ada dan semua itu nanti akan terisi oleh para hamba Allah yang sudah terpilih. Semua akan mendapatkan haknya dan Allah maha adil akan perhitungannya. Setiap kebaikan yang kita lakukan walaupun hanya kecil dan setiap keburukan yang kita dilakukan walaupun hanya kecil pula tetap akan ada balasannya. Isilah hari - hari kita dengan ketaatan kepada Allah,jangan terbuang percuma waktu kita yang terus berjalan tanpa henti. Jangan takut kehilangan rejeki dari Allah karena semua itu sudah Allah yang mengaturnya, kita tetap berikhtiar selebihnya pasrahkan semuanya kepada Allah. Firman Allah dalam surat  Asy Syura ayat 27

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

“Dan jikalau Allah melapangkan rezki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.”

Jika kita bekerja teruslah bekerja dan jika kita berdagang teruslah berdagang tetapi jangan tinggalkan sholat,ingatlah selalu kepada Allah. Berapa rejeki yang kita terima semua itu sudah Allah yang mengaturnya. Allah sangat tahu berapa layaknya rejeki yang kita terima. Bersyukurlah kepada Allah atas semua nikmat yang diberikannya. Janganlah menjadi hamba Allah yang kufur kepadanya. Ingatlah kita itu bakal mati dan dikubur didalam Tanah. Setelah itu Tamatlah akhir hidup kita. Hanya amalan sholeh yang akan menolong kita di dalam kubur kita,jangan terlalu berharap akan doa dari orang yang masih hidup didunia sebab belum tentu mereka mendoakan kita. Selagi kita hidup didunia perbanyaklah beramal yang pahalanya terus menerus walaupun kita mati tetapi pahala itu terus mengalir kepada kita. Didalam kesendirian kita didalam kubur pahala itu terus berdatangan kepada kita sampai hari Kiamat tiba. Seperti ikut membantu dalam pembangunan Masjid baik dana maupun tenaga, Ikut membantu dalam pembangunan Pondok Pesantren atau Rumah Yatim, mengalirkan sungat yang mati,ikut membantu membuatkan sumur air, memberi Mushaf Al-Qur'an, mengajarkan ilmu agama.membatulkan jalan yang rusak yang sering di lalui orang dan masih banyak lagi. itulah amalan - amalan yang akan menolong kita didalam kubur kita.Tetapi uangnya itu harus dari sumber yang halal bukan dari hasil Korupsi atau dari hasil menipu orang.

Ingatlah pula bahwa gerak gerik kita akan selalu di pantau oleh Allah, berbuat baik akan dicatat dan berbuat buruk juga akan dicatat. Dan ada ganjaran yang akan kita terima baik berupa Pahala atau Dosa.

Semoga Allah selalu membingbing kita kejalan yang lurus. dan Allah Ridho kepada kita.


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"



Tidak ada komentar: