Sabtu, 27 Oktober 2018

Keutamaan berdoa sebelum dan sesudah makan dan minum

Apa kata ulama tentang berdoa sebelum makan


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 60

كُلُوا وَاشْرَبُوا مِنْ رِزْقِ اللَّهِ وَلَا تَعْثَوْا فِي الْأَرْضِ مُفْسِدِينَ

"Makan dan minumlah rezeki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan."

Makan dan Minum merupakan kebutuhan yang sangat vital buat orang seperti kita, karena jika kedua benda ini tidak kita penuhi pasti akan merasakan badan kita menjadi tidak enak, tenaga lemah dan badan kita cepat sakit. Suatu hal yang sangat lumrah untuk ukuran seperti kita bahwa makan dan minun adalah suatu kewajiban, tetapi ada juga hamba Allah yang hidupnya tidak tergantung pada semua itu baik kebutuhan pangan,sandang dan pangan. Semua jiwa raganya sudah digantungkan kepada Allah semata. Makan dan minum ala kadarnya saja,jika ada makanan ia akan makan jika tidak ada maka iapun tidak akan meminta - minta kepada orang lain. Pokoknya semua terserah Allah saja yang maha pemberi. Ia juga tetap seperti kita mencari rejeki melangkahkan kaki mencari karunia Allah tetapi itu semua hanya sebagai Sunatullah saja ,selebihnya ia pasrah kepada Allah. Bukan seperti kita mencari kebutuhan makan dan minum apapun dilaksanakan caranya, kaki jadi kepala dan kepala jadi kaki, jika ada celah untuk kerupsi di tempat kerja kita maka celah itu akan menjadi tumpuan harapannya atau di toko kita dengan membohongi pembeli, produk busuk dibilang bagus demi sesuap Nasi. padahal dari hasil yang haram. Tidak ada keutamaanya walaupun ia makan dan minum dengan berdoa jika semua itu diambil dari hasil pendapatan yang Haram.

Yang dimaksud akan ada keutamaannya jika berdoa sebelum dan sesudah makan adalah jika makan dan minuman itu didapat dari hasil pendapatan yang halal. Allah juga ridho kepada kita dan jikalau kita berdoa kepada Allah, Insya Allah pasti dikabulkan keinginan kita. Disamping jasmani kita juga menjadi sehat juga Ruhani kita juga akan menjadi bersih. Tidak ada satu ulamapun di dunia ini yang mengatakan bahwa jika kita berdoa kepada Allah akan dikabulkan doanya jika tubuh kita selalu diisi dengan barang yang haram. Walaupun yang kita makan adalah makanan yang sangat murah harganya tetapi hati kita tetap bahagia dan tenang hati kita.Sangat berbeda jika makan dan minum dari hasil korupsi atau hasil menipu orang. Saya yakin jantung kita berdebar dan hati kita dipenuhi dengan rasa gelisah atau was was. Buat apa juga sholat atau sodakoh tetapi barang haram masih masuk kedalam tubuh kita. Bersihkan saja dulu badan kita dari asupan barang haram kemudian bertobat kepada Allah dengan memohon ampun atas semua perbuatan kita yang melanggar perintahnya. Dengan demikian insya Allah semua doa kita akan dikabulkan apapun doa kita.

Keutamaan yang lain adalah apabila kita sudah menghindari dari pendapatan yang haram tadi adalah Disaat kita akan makan dan minum mulailah dengan membaca doa terlebih dahulu  doanya seperti ini 

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar"
Artinya : "Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka"
Bacalah doa diatas sebelum makan tetapi jangan lupa harus menggunakan tangan kanan jangan tangan kiri, kecuali kita sudah tidak punya tangan kanan karena sesuatu hal misalnya terpaksa diputus oleh Dokter karena mengindap suatu penyakit atau karena sebab lain. Adapun keutamaan berdoa sebelum makan adalah Setan akan diharamkan masuk kedalam makanan dan juga dalam mendapatkannya. Diriwayatkan dari Hudzaifah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :
" Sesungguhnya Setan masuk kedalam makananyang tidak disebut nama Allah".

Tetapi jika merasa doa diatas terlalu panjang dan susah untuk dihapal maka Allah masih memberikan pilihan lain yaitu dengan membaca " Bismillaah" kalimatnya pendek tetapi tidak mengurangi pahala yang akan di berikan oleh Allah.Dari Imam an-nawawi .Radhiyallahu anhu dalam kitab al -Adzkar beliau memilih bahwa  yang paling utama adalah  mengucapkan " Bismillahirrahmanirrahim" dan jika hanya mengucapkan " Bismillah". Maka itu sudah cukup dan telah mengamalkan Sunnah. 
Tetapi terkadang kita suka lupa mengucapkan " Bismillah"  sementara makanan sudah terlanjur dimakan. Didalam sebuah hadist diterangkan bahwa jika lupa membaca doa makan maka ucapkanlah " Bismillaahi awwalahu wa aakhirlahu atau Bismillaahi awwalahu wa aakhirihi" Seperti disebutkan dalam sebuah riwayat  dari Aisyah Ummul Mukminin Radhiyallahu anha bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :"  Apabila salah seorang diantara kalian makan hendaklah ia menyebut nama Allah . Dan jika ia lupa  menyebut nama Allah di awal makan,maka hendaklah ia mengucapkan "Bismillaahi awwalahu wa aakhirlahu( dengan menyebut nama Allah di awal dan di akhirnya).

Adapun jika kita setelah selasai makan maka ada doa yang harus kita baca, disamping banyak keutamaanya juga sekaligus kita mengucapkan rasa syukur kepada Allah karena begitu banyak nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Inilah doa setelah selesai makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

"Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja'alanaa minal muslimiin"

Artinya :
"Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam"
Adapun faedah dari membaca doa setelah selesai makan adalah kita akan di ampuni segala dosa kita yang telah lalu oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Adapun dalilnya adalah diriwayatkan dari Mu'adz bin Anas Radhiyallahu anhu,dari ayahnya ia berkata,  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :" Barang siapa yang memakan makanan,kemudian mengucapkan " Alhamdulillaahiladzi ath'amanii haadzaa wa razaqaniihi min ghairi haulin minnii walaa quwwatin,' maka diampunilah segala dosanya yang telah lalu.

Semoga kita termasuk orang - orang di ampuni segala dosa kita.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"



Tidak ada komentar: