Jumat, 27 Juli 2018

Berserah diri hanya kepada Allah

Apa kata ulama tentang berserah diri


Allah Subhanahuwata taala berfirman dalam  Surat At-Talaq Ayat 3.

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

"Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu"

Dengan nama Allah yang maha Pengasih lagi Maha Penyayang dan yang memberi penghidupan kepada semua Makhluk baik di dunia maupun di Akhirat. Dengan ijinnnya pula semuanya akan hancur binasa.Tidak satu makhlukpun yang di sisakan untuk mendiami Alam Dunia ini jika Allah berkehendak untuk mengakhiri semua kehidupan ini.Semua amalan Manusia akan diminta pertanggungjawaban di hadapan Allah baik amalan buruk maupun amalan baik. Dan kita tidak bisa berbohong dan tidak tidak bisa berkelit atas semua pertanyaan itu. Semua Panca Indra kita akan bersaksi di hadapan Allah dan pada hari itu juga semua manusia akan dipisahkan menjadi 2 golongan yitu golongan akhli Surga atau Akhli Neraka. Sungguh beruntung pada hari itu bagi golongan yang sewaktu di dunia selalu menjalankan perintah Allah dan Rasulnya.

Banyak manusia ada yang menyadari bahwa kehidupan dunia ini hanyalah permainan yang memperdayakan tetapi banyak juga manusia yang tidak menyadari bahwa sesudah kematian ini akan ada kehidupan baru sehingga mereka lalai dengan kehidupan dunia ini. Mereka bersenang - senang dengan banyaknya Harta dan anak - anak mereka. Dan mereka lalai dari perintah Allah dan Rasulnya.Padahal pada setiap manusia di sediakan catatan amal masing- masing  untuk diisi dengan amalan sholeh bukan di isi dengan kemaksyiatan kepada Allah. Buku catatan itu kelak pada hari kiamat akan dibacakan kepada kita di hadapan semua manusia, Jin dan para Malaikat. Kecuali jika Allah menghendaki untuk menutup buku catatan itu dan tidak dibacakan dihadapan semua Makhluk.Dan langsung dimasukan kedalam Surga.

Beribadah kepada Allah dengan penuh keikhlasan dan keimanan adalah merupakan kunci akan dekatnya kita kepada Allah, sehingga kita akan semakin bertakwa kepadanya. Sebab jika kita beribadah kepada Allah itu kita harus yakin bahwa Allah itu ada. Sebab jika kita beribadah kepada Allah tetapi kita tidak yakin akan ada Allah maka ibadah kita tidak akan diterima.Jadi ibadah apapun jika kita tidak tahu siapa yang kita sembah selain Allah saja maka ibadahnya akan sia- sia. Didalam rukun Iman yang pertama kali disebut itu juga adalah beriman kepada Allah. Jadi kenali dulu Allah kemudian beribadah kepadanya. Sebab Allah juga menciptkan manusia karena ingin di kenal oleh hasil ciptaannya.Jadi jika kita ingin selalu dekat dengannya syaratnya adalah perbanyaklah beramal sholeh dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan.

Jika kita sudah mengenal Allah maka pasrahkan saja segalanya kepada Allah.Tidak usah takut miskin,tidak usah takut tidak makan,tidak usah takut tidak dapat rejeki,tidak usah takut tidak punya teman,tidak usaha takut di gunjing orang,tidak usah takut ancaman dari orang,tidak usah takut usaha tidak maju, Sebab jika kita sudah tawakal kepada Allah maka Allahpun akan menolong kita. Karena sayangnya Allah kepada kita. rejekipun tanpa disangka - sangka datang menghampiri kita.Padahal kemarin usaha kita tidak kunjung datang untuk membeli. Hanya selang beberapa hari saja ada orang datang kerumah kita untuk membeli produk kita. Begitulah jika Allah sudah sayang kepada hambanya.

Walaupun kita sudah merasa dekat dengan Allah,tetapi tetap jangan meninggalkan
perintahnya dan jauhi larangannya.Tingkatkan terus ibadah kita kepadanya baik berupa sedekah,puasa sunnah,sholat sunnah,zakat dan sholat malam. Karena kita sudah mengenal Allah maka sekarang kita sudah tidak sendiri lagi tetapi Allah sudah bersama kita.Hanya kepada Allahlah kita berserah diri.Tempat kita meminta tolong,tempat kita memohon perlindungan dan tempat kita meminta segala sesuatu. Tidak ada gunanya berserah diri kepada manusia.Hanya orang - orang yang hatinya mati saja jika minta perlindungan kepada manusia. Kebanyakan Manusia itu banyak tipu muslihatnya. Di muka manis - manis padahal di dalam hatinya penuh kebencian kepada kita.

Ketauhilah hanya kepada Allah saja kita berserah diri.Pertolongan Allah kepada kita itu tanpa ada pamrih. Tidak menjamin orang - orang yang kelihatannya sholeh dimata kita kemudian hatinya juga baik pada kita. Malahan kebanyakan manusia itu suka lupa bahwa suka gampang melupakan kebaikan orang lain . Hanya Allah saja yang akan menolong kita baik di dunia maupun di Akhirat.Semua amal ibadah kita yang kita  cari itu itu hanya keridhoannya saja. Jika kita ingin sesuatu mintalah kepada Allah dengan penuh kesungguhan

Dunia ini adalah ladang untuk beramal sholeh bukan untuk bersenang - senang dan menumpuk - numpuk Harta.Banyak harta itu tidak akan membawa kita menuju Allah,kecuali harta itu digunakan untuk kebaikan dengan memberikannya kepada orang Miskin,Fakir miskin ,anak Yatim atau yayasan yang mengelola amalan sholeh. Harta yang kita berikan kepada orang lain itu tidak akan menjadi berkurang harta kita.Atau kita menjadi miskin karena kita sering memberi kepada orang lain.Semuanya itu akan Allah ganti dengan tidak mengurangi jumlah harta yang kita berikan kepada orang lain. Marilah kita banyak - banyak  beramal sholeh,jadikanlah buku catatan amalan kita

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu

Tidak ada komentar: