Jumat, 06 Oktober 2017

Memperbanyak doa ketika sujud



Allah.S.W.T berfirman dalam Al-Qur'an Surat An-Najm Ayat 62

فَاسْجُدُوا لِلَّهِ وَاعْبُدُوا
"Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia)."

Ayat diatas menerangkan bahwa hanya kepada Allahlah kita menyembah,sujud,tunduk dan bersarah diri.Kita sebagai hamba Allah  yang telah diciptakannya wajib untuk taat dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Tidak semata - mata Allah ciptakan manusia kecuali ada maksud bahwa Allah ingin dikenal dan ingin disembah وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
(Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.Az-Zariyat Ayat 56). Kita sebagai makhluk Manusia yang telah diciptakannya yang tadinya tidak ada menjadi ada di alam dunia ini, tentunya juga butuh pertolongan darinya agar kita tidak salah langkah dalam menjalankan perintahnya,kita butuh pertolongannya baik dalam cara beribadah maupun cara memecahkan segala persoalan dalam urusan dunia.

Walau bagaimanapun juga sebaik - baik pertolongan adalah hanya dari Allah saja,Manusia hanya sekedar berdoa dan ikhtiar selebihnya hanya Allah pulalah yang akan mengabulkan atau tidaknya doa kita. Tidak sedikit mereka yang mengaku muslim tetapi banyak melakukan syirik kepada Allah karena urusan dunia. Mereka hadapkan badannya dengan sembah sujud kepada selain Allah,mereka utarakan keluh kesah dan keinginannya untuk dapat tercapainya semua cita - cita dalam urusan kedunian. Kata sujud yang begitu mulia mereka alihkan kepada selain Allah. Karena muslim mereka tahu bahwa yang wajib disembah itu hanyalah Allah,namun karena tipisnya iman dan tergiur urusan dunia ,mereka rela jiwa raganya dia serahkan kepada selain Allah. Dalam Surat Yusuf Ayat 106 Allah.S.W.T berfirman :
 َوَمَا يُؤْمِنُ أَكْثَرُهُمْ بِاللَّهِ إِلَّا وَهُمْ مُشْرِكُونَ
Dan sebahagian besar dari mereka tidak beriman kepada Allah, melainkan dalam keadaan mempersekutukan Allah (dengan sembahan-sembahan lain).

Allah.S.W.T melarang kita untuk putus asa,berdoalah kepadanya dengan penuh kesabaran dan kesungguhan,Allah sudah berikan kepada para utusan bahwa ada cara - cara dan tempat untuk berdo'a  yang mustajab untuk dilakukan untuk para hambanya yang beriman kepada Allah dan Rasulnya.Yang salah satu diantaranya adalah berdo'a sambil sujud. Banyak para ulama berbeda pendapat tentang berdoa sambil sujud,apakah dilakukan selesai sholat dan berzikir atau dilakukan saat sholat wajib atau sholat sunnah sedang berlangsung. Namun sebagian ulama berpendapat sebaiknya dilakukan di saat sholat sunnah baik itu sholat Tahajud maupun sholat sunnah yang lain. Karena waktunya sangat leluasa untuk berdo'a sepanjang apa yang kita suka. 

Kalau kita lakukan berdoa sambil sujud didalam sholat berjamaah tentunya gerakan sholat kita akan tertinggal oleh imam dan makmum yang lain.Dan itu tidak dianjurkan oleh sunnah. Karena makmum harus mengikuti gerakan imam. Ketika imam sujud dan kita sujud dan ketika imam mengucapkan salam maka kita juga ikut mengucapkan salam .Bukan imam sudah mengucapkan salam tetapi kita masih sujud berdoa.

Kita sangat dianjukan untuk banyak - banyak bersujud kepada Allah.S.W.T seperti yang diriwayatkan oleh Abu Abdullah (Abu Abdurahman Tsauban) sahaya Rasulullah.S.A.W, ia berkata :" Saya mendengar Rasulullah.s.a.w bersabda:" Hendaklah kamu memperbanyak sujud,sesungguhnya jika kamu sujud satu kali saja karena Allah,niscaya Allah mengangkat satu derajat dan Allah menghapus satu kesalahanmu."( HR.Muslim) dalam kitab Riyadhus sholihin jilid 1 halaman 132.

Tujuan kita berdoa tentunya semua keinginan kita dapat terjawab baik urusan tentang cita - cita yang ingin sukses dalam karir ,Bisnis lancar dan semua kebutuhan hidup terpenuhi .Tetapi yang paling penting dalam berdoa itu adalah Allah.S.W.T dapat menghapus semua kesalahan yang telah kita lakukan baik dimasa lalu maupun masa yang sedang berjalan.  Dengan dihapusnya semua dosa kita itu oleh Allah, semoga kita termasuk orang-orang yang di ridhoi olehnya masuk kedalam Surga yang Allah sudah buatkan untuk orang - orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah.

Bukan tidak mau kita serba ada dalam urusan dunia,tetapi buat apa juga banyak harta tetapi kita tidak bisa memanfaatkannya dengan benar,sedangkan harta yang diberikan oleh Allah itu adalah Amanat atau titipan, karena didalam harta yang kita miliki itu ada hak orang lain seperti anak yatim dan fakir miskin.Tidak sedikit orang - orang yang tadinya hidup miskin kemudian ia sering melakukan sujud diwaktu malam berdoa agar ia tidak hidup miskin dan serba kekurangan. Tetapi setelah Allah kabulkan atas semua permintaanya. Ia lupa lagi kepada Allah,sudah tidak sujud lagi di waktu malam dan lebih parah lagi adalah ia mulai meninggalkan sholat wajib yang lima waktu karena disibukan oleh bisnisnya yang semakin maju dan hartanya berlimpah.Ia lupa bahwa dulu merengek - rengek minta kaya kepada Allah. Tetapi setelah kaya malah semakin kufur kepada Allah.

Jadi sering - seringlah kita berdoa kepada Allah sambil sujud karena Rasulullah.s.a.w menganjurkan untuk itu seperti dalam sabdanya : Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:" 
أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ
“Posisi paling dekat antara hamba dengan Rabbnya adalah ketika sujud, maka perbanyaklah kalian berdoa.” (HR. Muslim No. 482)

Semoga kita termasuk orang - orang yang dirahmati dan dicintai oleh Allah.S.W.T

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”








Tidak ada komentar: