Jumat, 27 Januari 2017

Tidur yang membawa Pahala





Allah.S.W.T berfirman dalam surat Surat An-Naba’ Ayat 9
وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا
"dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat,"

Tidur bagi Manusia adalah anugrah terbesar yang diberikan oleh Allah kepada kita. Dengan Tidur badan kita menjadi segar kembali sehingga dapat melakukan segala aktifitas seperti yang kita inginkan.
Tidur yang baik  menurut sunnah  Rasulullah.S.A.W adalah di malam hari bukan di siang hari. Namun karena faktor urusan dunia maka banyak Manusia ada yang tidur di siang hari dan malamnya untuk bekerja. Diperbolehkan tidur di siang hari jika malamnya di gunakan untuk ibadah kepada Allah.S.W.T. bukan untuk mencari rejeki seperti yang di inginkan manusia.

Allah S.W.T tidak menganjurkan untuk mencari rejeki dimalam hari,Malam hari itu digunakan untuk Istirahat atau tidur seperti yang di terangkan dalam Al-Qur'an dalam surat Ar Rum ayat 23:

َمِنْ ءَايَاتِهِ مَنَامُكُم بِالَّليْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَآؤُكُم مِّن فَضْلِهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لأَيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya adalah tidurmu diwaktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan”

Jika kita mau  tidur sangat di anjurkan untuk wudhu terlebih dahulu kemudian membaca doa tidur. Dengan demikian tidur kita senantiasa dalam lindungan Alla.S.W.T sehingga tidur kita tidak sia-sia.Dengan tidur dalam keadaan suci maka tidak tertutup kemungkinan bahwa Allah akan memberikan kepada kita sebuah Karunia yaitu berupa Pahala yang besar dan Allah ridho memberikannya.

Selain diberikannya Pahala oleh Allah kepada kita,maka kitapun  akan aman dari ganguan Jin yang akan mengganggu tidur kita. Jin itu memang tidak tidur dalam menggangu Manusia,selama kiamat belum terjadi  Jin dan Setan tetap akan ada. Tidak sedikit orang yang tidurnya tidak membaca doa terus tidurnya penuh dengan kegelisahan karena Jin selalu menggoda manusia walaupun dalam keadaan sedang tidur.

Terus yang menjadi pertanyaan adalah ,Apa untungnya Jin dan setan menggangu manusia dalam keadaan tidur?
Jika seorang manusia sedang tidur maka alam bawah sadarnya sedang tidak bekerja sehingga akan semakin mudah para Setan dan Jin menggodanya ,dengan begitu Jin dan Setan akan membelai dan memeluk anggota badan kita sehingga tidur kita semakin pulas,dengan di iringi mimpi - mimpi indah seorang yang sedang tidur itu semakin Nyenyak sampai - sampai suara Azan Shubuhpun tidak mendengarnya dan akhirnya sholat subuhnya kesiangan.Maka rugilah kita tidak dapat mendirikan Shalat Subuh. Itulah tujuan Setan mengganggu manusia di saat sedang tidur yaitu agar Manusia tidak melaksanakan shalat Shubuh.

Dengan kita membiasakan diri membaca doa sebelum tidur dan mengambil air wudhu sebelum tidur maka seandainya Allah.S.W.T mencabut nyawa kita semoga kematian kita dapat di ampuni segala dosa yang telah kita lakukan. dan memasukan kita kedalam golongan  orang orang sholeh.Kemudian memasukan kita kedalam Surga seperti yang Alla.S.W.T janjikan.


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”



















Tidak ada komentar: