Kamis, 14 Juli 2016

Renungan Kematian

Renungan Kematian

Mari kita memikirkan sejenak tetang kematian yang pasti bakal terjadi seperti yang di Alloh S.W.T dalam Firmannya :

فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Yang Artinya : 
“Maka jika datang waktu kematian mereka, tidak bisa mereka tunda dan dan mendahulukannya sedetikpun,”[QS. An-Nahl: 61].



Cepat atau lambat kematian kita pasti akan datang entah di sebabkan karena sakit,Tertabrak,jatuh,tenggelam dll. Pernahkan kita melihat saat orang sudah mati yang terbujur kaku di atas keranda pemandian ?.. 

Tak satupun yang kita lihat anggota tubuhnya bergerak walaupun hanya sedikit. Air yang mengguyur di setiap lubang anggota tubuh tidak menyebabkan si mayit bangun dari kematiannya.Karena Alloh sudah mencabut Ruhnya dari badan si mayit. Karena Ruh-lah yang menyebabkan badan kita hidup dan bergerak melakukan aktifitas.

Untuk itu apa yang kita cari di dunia ini. Harta yang kita cari siang dan malam tidak akan terbawa ke alam Kubur. Selain amal soleh yang telah kita kerjakan sewaktu kita masih hidup.

Seperti didalam Hadist diterangkan bahwa : Ada tiga perkara yang mengikuti mayit sesudah wafatnya, yaitu keluarganya, hartanya dan amalnya. Yang dua kembali dan yang satu tinggal bersamanya. Yang pulang kembali adalah keluarga dan hartanya, sedangkan yang tinggal bersamanya adalah amalnya. (HR. Bukhari dan Muslim)

1 komentar:

holiday mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.