Jumat, 22 Juli 2016

Bahayanya orang - orang yang suka menggunjing (Ghibah)





Allah berfirman di dalam Al Qur’an surat Al-Hujurat ayat 12

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلا تَجَسَّسُوا وَلا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Yang artinya :
“ Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang”

Menggunjing ,Gosip,prasangka buruk adalah perbuatan tercela karena perbuatan tersebut bisa mengarah pada perbuatan Fitnah. Tak jarang orang meremehkan perkara ini, tak peduli ditempat manapun mereka berada disitulah ia menggunjing orang lain,tidak tahu obrolannya benar atau tidak rasanya kalau tidak menggunjing hari ini badan terasa meriang ,mulut terasa hambar dan otak terasa pusing.

Tidak pernah  ada suatu perkumpulan yang duduk - duduk dimana saja,entah itu dalam rumah,di kantor,di taman ,dikampus, di Masjid atau dimana saja  tempat -tempat acara perkumpulan pastilah diselingi dengan membongkar aib orang lain.Memang sih tidak semua orang punya tabiat seperti itu tetapi rata - rata hampir 70 % demikian adanya. Karena memang tujuan setan adalah mengganggu manusia sampai masuk keliang kubur.Setan akan selalu menggoda manusia dan masuk kedalam tubuh manusia dari mulai masuk lewat napas sampai masuk lewat darah kita,pokonya setan selalu berusaha  agar kita terjerumus kedalam Neraka bersamanya.


Apapun celahnya setan segera datang menghampiri kita. Kita sedang berkumpul bersama teman-teman maka setan menghampirinya agar perkataan kita tidak menghasilkan kebaikan . Justru setan mengarahkan obrolan kita menuju Ghibah.

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

لما عرج بي، مررت بقوم لهم أظفار من نحاس يخمشون وجوههم وصدورهم. فقلت: من هؤلاء يا جبريل؟ قال: هؤلاء الذين يأكلون لحوم الناس ويقعون في أعراضهم

“Ketika saya dimi’rajkan, saya melewati suatu kaum yang memiliki kuku dari tembaga sedang mencakar wajah dan dada mereka. Saya bertanya: “Siapakah mereka ini wahai Jibril?” Jibril menjawab: “Mereka adalah orang-orang yang memakan daging manusia (ghibah) dan melecehkan kehormatan mereka.” [HR Abu Daud (4878). Hadits shahih.]

Hadist diatas menerangkan bahwa itulah hukuman buat - orang yang gemar membicarakan keburukan orang lain,Mencemoohkan orang lain,melecehkan orang lain. Dianya sendiri tidak pernah bercerita tentang keburukannya kepada orang lain.

Untuk itu mari kita sadar bahwa tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna.Terimalah apa adanya,dengan demikian kita bisa hidup saling menyayangi dan saling menghargai satu dengan yang lain.





Tidak ada komentar: