Rabu, 24 November 2021

Berlomba - lomba dalam berbuat kebajikan

Apa kata ulama tentang Kebajikan


 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 112

"(Tidak demikian) bahkan barangsiapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati."

Bertaqwalah kepada Allah Azza wa Jalla dengan sebenar-benarnya Taqwa. Jangan durhaka kepada Allah yang telah menciptakan kita di Alam dunia ini. Kita harus banyak mensyukuri atas semua nikmat yang Allah Azza wa Jalla berikan kepada kita tanpa mempedulikan siapa diri kita. Allah Azza wa Jalla tidak pernah pilih kasih dalam memberikan kenikmatan hidup kepada para hambanya. Allah Azza wa jalla tidak pernah menghitung berapa banyak oksigen yang dimasukan kedalam hidung para gambanya. Allah Azza wa Jalla tidak pernah menghitung berapa banyak air dan makanan yang di masukan kedalam tubuh para hambanya, Allah Azza wa jalla tidak pernah menghitung berapa banyak kesenangan di dimasukan kedalam Hati para hambanya.Allah Azza Wa Jalla tidak pernah menghitung tentang apapun segala kebutuhan para hambanya. Allah Azza wa jalla juga tidak melihat apapun bentuk jasad kita. Tetapi yang Allah Azza wa jalla lihat kepada para hambanya adalah tentang rasa syukur nikmat dan Taqwa yang ada di dalam dada- dada manusia. Allah Azza wa Jalla akan berikan nikmat yang berlipat - lipat kepada para hambanya jika para hambanya itu pandai dalam mensyukuri nikmatnya tetapi apabila para hambanya itu kufur kepada Allah Azza wa jalla maka sesungguhnya Azab Allah Azza wa Jalla itu sangat pedih. Allah Azza wa Jalla berfirman dalam Surat Ibrahim Ayat 7

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Allah Azza wa Jalla telah berjanji kepada para hambanya "bahkan barangsiapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati". Ini adalah janji Allah yang pasti akan terjadi kepada para hambanya yang apabila kita, hanya menyerahkan diri  kepada Allah Azza wa jalla dalam segala hal dengan mengikiuti semua petunjuk-Nya.Dan tidak menyerahkan diri kepada yang lain dan kita banyak berbuat kebajikan maka pahala adalah imbalan-Nya.Dan Allah Azza wa Jalla tidak akan memberikan rasa sedih kedalam hati - hati orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah Azza wa jalla.Berbuat kebajikan itu adalah bukanlah menghadapkan wajah kita kearah timur dan barat tetapi kebajikan itu adalah : Allah Azza wa Jalla berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 177

"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa."

Itulah kebajikan yang sebenarnya - benarnya seperti yang Allah Azza wa Jalla firman-kan dalam Al-Qur'an.Kebajikan inilah yang harus kita lakukan di alam dunia ini agar kita pulang dengan selamat.Kebajikan seperti inilah yang tidak akan diragukan lagi akan jalan menuju kebahagian Akhirat dan kebahagian dzohir maupun batin.Jika semua manusia menjalankan semua perintah ini maka dunia akan aman dan tentram.Tidak akan ada kebencian,tidak akan ada keserakahan,tidak akan ada peperangan,tidak akan ada perlombaan senjata,tidak akan ada senjata pemusnah masal,tidak akan ada perang dingin,tidak akan ada penipuan,tidak akan ada kejahatan,tidak akan ada korupsi,tidak akan ada penyakit hati apapun yang bersemayam di dalam jiwa - jiwa manusia. Karena firman Allah itu benar dan sangat di benarkan.Jika semua manusia mengikuti dan mentaatinya.Jika semua manusia mengamalkan tentang ayat ini maka itulah orang - orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah Aza wa Jalla.



Semoga Allah Azza wa Jalla selalu membimbing kita kejalan yang lurus.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْك

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan peraturan-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"



Demikian dakwah Minggu ini tentang " Berlomba - lomba dalam berbuat kebajikan "








Tidak ada komentar: