Senin, 20 April 2020

Sunnat mengucapkan salam bila masuk rumah sendiri

Apa kata ulama tentang mengucapkan salam bila masuk rumah


Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an surat Annur ayat 61

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَىٰ أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Allah Ta'ala berfirman "Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.

Mengucapkan salam itu bukan hanya untuk orang di luar rumah atau saat mengunjungi rumah orang lain. Mengucapkan salam juga disunnahkan bila kita akan memasuki rumah sendiri. Bila kita keluar rumah untuk melakukan apapun, hendaknya saat kembali lagi kerumah bukan saja hanya mengetuk pintu.Tetapi harus ada ucapan salam. Yang dimaksud mengucapkan salam adalah mengucapkan dengan lafad " السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ" yang artinya : "Salam damai untukmu dan semoga Rahmat serta Keberkahan Allah menyertaimu"  atau hanya dengan mengucapkan " السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ "Assalamualaikum". juga tidak apa - apa. Kenapa disunnahkan? karena didalamnya ada keberkahan baik kepada yang mengucapkannya maupun kepada yang ada didalam rumah keluarga kita sendiri. Kita sangat sering sekali melalaikan anjuran ini,bahkan hampir setiap hari kita saat pulang kerumah hanya dengan mengetuk pintu saja atau hanya dengan memencet atau menekan tombol " Bel" yang menempel di dinding rumah kita. Perbuatan itu ternyata tidak ada keberkahannya buat kita. Pahala itu ternyata bukan saja beribadah salat atau Ibadah lainnya. Hanya dengan mengucapkan salam saja sudah berpahala. Jalan menuju kebaikan yang mendatangkan pahala itu ternyata banyak sekali asalkan kita mau mengamalkan sunnah - sunnah dari nabi kita Muhammad Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Maka sangat begitu pentingnya kita menuntut ilmu agama,karena dari yang tadinya kita tidak tahu menjadi tahu,yang tadinya tidak mengerti jadi mengerti. Menuntut ilmu agama dijaman sekarang itu tidak sulit seperti pada jaman dahulu yang jumlah ulamanya sedikit dan susah dicarinya,terkadang harus naik dan turun gunung dalam mencarinya. Tetapi jaman sekarang jumlah ulama itu ribuan dan sangat tinggi - tinggi ilmunya. Jika kita beguru kepadanya sudah tentu banyak hikmah dan manfaat yang kita dapatkan. Dan para ulama jaman sekarang mereka itu dengan senang hati membagikan ilmunya melalui buku- buku atau di media elektronik. Asalakan kita berniat untuk menimba ilmunya dan mau menyempatkan waktunya untuk melihat atau mendengarkan tausyiah dari para ulama itu..Walaupun hanya melihat atau mendengarkan lewat media elektronik itu berpahala juga.Selain ilmu yang kita dapatkan pahala juga kita dapatkan dari Allah Azza wa jalla.

Dibalik perkataan mengucapkan salam bukan saja kita akan mendapatkan berkah,selain itu juga menandakan bahwa kita selalu dalam keadaan eling kepada Allah subhanahu wa ta'ala.Tidak mungkin kita mengucapkapkan salam sementara kita dalam keadaan tidak sadar.Pasti pikiran dan hati kita terpaut dengan Allah. Kalau hati kita tidak terpaut dengannya,sudah pasti tidak akan mengucapkan salam kepada yang ada dirumah kita.Paling- paling menggedor pintu, mengetuk pintu atau memencet bel lagi. Maka bersyukurlah kepada Allah karena kita masih dituntun kejalan kebaikan bukan kejalan keburukan. Kalau hati dan pikiran kita masih suka eling itu artinya kita sedang dibimbing oleh Allah menuju kejalan keselamatan baik dunia maupun akhirat.Tidak semua hamba Allah mendapatkan bimbingannya menuju kejalan yang lurus, karena itu sudah iradahnya. Mungkin ada hamba Allah yang sudah di ketuk hatinya untuk selalu berjalan diperbuatan yang benar,namun karena hamba Allah ini hatinya sudah terlalu senang mencintai dunia atau Hubbud dunya maka ketukan atau bisikan dari Allah itu tidak dipedulikannya.Ia lebih menyukai suara hatinya dari pada suara yang di bisikan oleh Allah yang maha pemurah. Dalam keseharinya ia sibuk hati dan pikirannya dengan banyak angan - angan.Pokoknya hatinya selalu berkata" Uang lebih aku cintai dari pada ibadah yang menyita waktu".

Mengucapkan salam bila kita akan masuk rumah akan lebih baik juga setelah membuka pintu kita membaca doa,yang di awali dengan membaca "Bismillah" maka itu akan lebih afdol tentunya.Bila kita lakukan maka Pahala lagi jatuhnya kita dapatkan.Sungguh beruntung bila ada hamba Allah sudah melakukan atau menjalankan sunnah - sunnah rasul ini. Bila kita wafat saat kaki pertama kita masuk rumah sementara lidah kita sedang mengucapkan "Bismillah" maka bukan tidak mungkin wafatnya kita, Allah subhanahu wa ta'ala memasukan kita kedalam hamba Allah yang termasuk kematian yang Husnul khatimah. Sunnatnya mengucapkan salam bila kita akan masuk rumah juga ada hadisnya seperti diterngkan dalam riwayat. Dari Anas radhiyallahu anhu: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam,bersabda kepadaku:" Hai anakku,apabila kamu datang kepada keluargamu maka ucapkanlah salam.Niscaya kamu dan keluargamu mendapat berkah." ( Hadis riwayat Imam Muslim) ( kitab Riyadhus Shalihin jilid 2 halaman 41 no. 1)

Semoga Allah subhnahu wa ta'ala selalu menunutn kita kejalan yang lurus.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"


Tidak ada komentar: