Senin, 13 April 2020

Keutamaan Sahur

Apa kata ulama tentang Sahur


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 183

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"

Orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya sudah pasti terketuk Hatinya untuk menjalankan Puasa Ramadhan. Dan orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah itu sudah pasti juga puasanya sesuai petunjuk sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Tetapi didalam melaksanakan puasa itu tentunya kita harus Sahur agar pada saat di dalam menjalankan puasanya kita tidak merasa lapar dan haus. Disamping itu sahur juga akan menambah kita bertenaga dalam melakukan aktifitas disiang harinya atau di sore harinya. Karena diwaktu jam - jam siangnya itulah kita akan mulai terasa sakit perut kita, apalagi bagi kita yang tidak terbiasa puasa Sunnah di bulan - bulan sebelumnya. Memang dengan Niat itu kita bisa menahan segalanya. Tetapi tidak kita pungkiri juga saat puasa pertama dilaksanakan lelah dan haus itu pasti ada. Maka itulah gunanya Sahur, walaupun seteguk air putih atau seteguk teh manis hangat atau sepiring nasi plus daging rendang atau  Nasi plus opor Ayam kampung maka itu akan sangat menguatkan jasmani kita.

Walaupun Sahur itu hukumnya bukan wajib tetapi di Sunnahkan kita untuk melaksanaknnya. Karena didalam makan Sahur itu sendiri terdapat berkah yang akan kita dapatkan. Seperti disabdakan oleh Nabi kita Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Dari Anas Radhiyallahu anhu, ia berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:" Makan sahurlah kalian,karena sesungguhnya didalam makan sahur itu terdapat berkah." ( Hadis Riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim) ( Kitab Riyadhus Shalihin Jilid 2 halaman 237 No. 1). Arti berkah itu sendiri adalah kebaikan yang melimpah dari Allah Azza wa Jalla untuk hamba Allah yang melaksakan Sahur. Dalam kontek lain berkah itu itu sendiri bisa didapatkan dari amalan - amalan saleh yang lain. Seperti kita makan dengan membaca doa kemudian kita di sunnahkan untuk menghabiskan makanannya jangan di sisakan,bila perlu yang jatuhpun makananya kita makan karena kita tidak tahu makanan yang mana yang ada berkahnya. Berkahnya makan sahur tentu Allah akan berikan kepada kita kesehatan,kekuatan,ketaatan dan keimanan kepada Allah Azza wa jalla.

Sahur yang baik itu jangan terlalu malam tetapi hampir mendekati Azan Subuh.Jika kita kekenyangan sahur di waktu malam ada kemungkinan kita ngantuk lagi dan bisa tidur lagi, kemudian bisa saja kita kebablasan meninggalkan Salat Subuh.Jika sampai demikian maka sangat rugilah kita. Karena di dalam waktu subuh itu sendiri ada amalan salat sunnah 2 rakaat sebelum subuh yang keutamannya lebih baik dari dunia dengan segala isinya. Belum lagi kita telah kehilangan salat subuh yang wajib hukumnya,kalau hanya sekali boleh saja tetap dilakukan salat subuh karena ketiduran tetapi kalau setiap hari ketiduran dan salat subuhnya di waktu sudah pagi maka itu tidak boleh dan kita berdosa hukumnya. Karena kita termasuk lalai dalam melaksanakan perintah Allah dan Rasulnya. Alangkah baiknya kita bangun malam sekitar jam dua -an kemudian kita salat malam dengan dilanjutkan dengan berzikir atau membaca Al-Qur'an sampai tiba waktu Sahur maka sangat tidak mungkin kita akan ketinggalan salat subuh atau salat sunnah 2 rakaat sebelum subuh ( Qobliyah Subuh).

Dizaman wabah Virus Corona ini dimana banyak orang punya banyak waktu luang dirumah, maka inilah saatnya kesempatan kita untuk banyak bertaqarrub kepada Allah untuk meraih Mahabbah dengan bermujahadah di bulan Ramadahan yang penuh dengan limpahan Rahmat dari Allah yang maha besar. Bertobat memohon ampun kepada Allah yang maha pengampun atas segala dosa yang telah kita lakukan.Masih beruntung kita dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan ini, sehingga kita masih bisa untuk bertobat dan memohon kepada Allah agar kematian kita nanti Ruh kita disambut oleh para malaikat dengan penuh suka cita dengan diiringi puji - pujian kepada Allah yang maha kekal dan maha bijaksana. Bila kita mau berhitung tinggal berapa lama lagi kita hidup didunia ini, Jika umur kita 40 tahun keatas atau 50 tahun keatas dengan kita memakai patokan umur pada saat Rasulullah wafat yaitu 63 tahun jika dilihat dari kitab Imam Bukhari. Maka tinggal berapa lama lagi kita hidup didunia ini. Silahkan hitung sendiri. Jika umur kita mendekati 63 tahun maka siap - siaplah kita  sudah di zona Warning!. segera bertobat dan berbanyak amalan baik dan amalan soleh. Memang kematian itu hanya Allah yang tahu tetapi paling tidak kita harus eling setiap saat.Jangan tinggalkan salat,jangan tinggalkan zakat,jangan tinggalkan puasa dan rajin bersodakoh.

Bukan tidak mungkin atas ijin Allah kita akan mendapat keberkahan yang selama ini kita inginkan karena kita rajin melaksakan sahur di bulan Ramadhan ini. Yang penting laksanakan saja dulu aturan Sunnahnya.Nanti juga Allah akan memberikan keberkahan yang cocok buat kita seperti apa. Allah itu baik dan maha pengasih dan penyayang. Hanya atas ijin Allah lah segala sesuatu bisa terjadi.

Semoga Allah Azza wa Jalla selalu memberikan petunjuk kejalan yang lurus.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"

Tidak ada komentar: