Senin, 21 Oktober 2019

Semua ciptaan Allah adalah sempurna asalnya.

Apa kata ulama tentang kesempurnaan ciptaan Allah


Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Mulk Ayat 3

الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ طِبَاقًا ۖ مَا تَرَىٰ فِي خَلْقِ الرَّحْمَٰنِ مِنْ تَفَاوُتٍ ۖ فَارْجِعِ الْبَصَرَ هَلْ تَرَىٰ مِنْ فُطُورٍ

"Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?"

Allah azza wa jalla menciptakan alam dunia dan seisinya itu adalah sangat sempurna. Langit ciptakan begitu sangat sempurna yang dihiasi bintang - bintang yang seperti kita lihat didaratan, bintang kelap kelip seperti memperlihatkan kepada semua mahluk yang di bawah, hidupnya bintang itu bukan dia sendiri yang menyalaknnya akan tetapi ada yang menghidupkan oleh kekuatan yang maha dahsyat yang digerakan oleh yang maha dari segala maha yaitu Allah yang maha penguasa alam semesta. Semua tata surya beredar pada garis edarnya dengan tertib dan teratur,mereka tidak saling mendahului.Planet - planet itu juga berfungsi memberikan keseimbangan semua yang ada dilangit dan menunjukan kepada makhluk yang lain ,baik makhluk yang berada di langit maupun makhluk yang berada di bumi bahwa mereka itu tidak berputar sendiri dengan berputar -putar mengelilingi Matahari.

Tetapi pergerakan itu sudah ada yang mengaturnya yaitu Allah subhanahu wa taala. Semua benda langit yang bertengger di masing - masing tempatnya itu semua merupakan bukti kekuasaan Allah yang maha tunggal. Benda - benda langit itu tidak berjatuhan kebumi atau langit yang membentang dari utara ke selatan  dan dari barat ketimur yang panjangnya bermil- mil jauhnya, tetapi tetap menetap posisinya diatas walaupun tanpa tiang penyangga. Seakan - akan  menunjukan kepada semua makhluk, bahwa karena Allah lah semua itu terjadi. Semuanya begitu sempurna Allah ciptakan benda - benda langit itu dan tidak ada satu celahpun yang menunjukan adanya kekurangan atau cacat dari yang Allah ciptakan itu.

Begitupun yang berada di bumi, antara laut dan daratan yang membentang sangat luas.Tidak ada yang pasti berapa jumlah panjang daratan dan lebar daratan itu bila dihitung menurut kalkulasi manusia. Kalaupun bisa dihitung jumlahnya pasti tidak akan akurat hitungan angkanya.Dan menurut para ilmuan geografi bahwa daratan itu ternyata setiap tahunnya selalu  mengikis, sehingga bisa saja pada suatu waktu lautan itu akan menguasai daratan.Jika demikian itu berarti secara otomatis hitungan panjang dan luas daratan berubah pula angka hitungannya. Tetapi walaupun begitu pada asal mulanya daratan dan lautan itu sempurna diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Lautan kini yang dulu subur dan indah tetapi sekarang sudah berkurang keindahannya. Jika kita lihat di Film - Film ilmu pengetahuan sangat kontras perbedaanya antara lautan negara berkembang dan lautan dari negara maju. Lautan kita berbeda jauh dengan lautan yang ada di Amerika, baik keindahannya maupun cara perawatannya.

Dulu bumi ini indah saat Allah menciptaknya ,kemudian setelah Allah menciptakan Manusia lalu dari generasi ke generasi bumi ini makin hancur oleh keserakahan dan ketamakan Manusia. Sumber daya alam yang ada dibumi ini sudah Allah berikan kepada setiap negara,walaupun segala kandungannya berbeda - beda pada setiap negara. Tetapi rasa sifat iri hati dan kerakusan yang sudah lebih dahulu mengusai Manusia maka sumber daya alam yang mereka miliki itu masih dianggap kurang. Sehingga mereka dengan segala cara akan berupaya mendapatkannya walaupun harus dengan cara peperangan. Allah itu maha tahu berapa persen sumber daya Alam yang dimiliki pada suatu negara dan berapa pantasnya yang Allah berikan. Tetapi Allah itu senang menguji manusia ,karena Allah ingin tahu sampai sejauh mana rasa syukur manusia terhadap yang menciptannya.

Begitupun Allah subhanahu wa ta'ala menciptakan Manusia juga sempurna seperti di terangkan di dalam Al-Qur'an Surat At-Tin Ayat 4

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ
"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya."

Semoga kita termasuk kedalam golongan Manusia yang pandai bersyukur atas semua nikmat yang diberikannya.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"


Tidak ada komentar: