Senin, 10 Juni 2019

Keutamaan salat Subuh dan Asar

Apa kata ulama tentang keutamaan salat subuh dab asar


Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat  Thaha Ayat 14

إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي

  "Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku." 

Kita sebagai  orang yang beriman kepada Allah dan rasulnya senantiasa selalu ingat kepada Allah yang telah menciptakan kita, dan mengingat kepada Allah itu salah satunyanya adalah mengerjakan sholat yang sudah diwajibkan  dan sudah ditentukan waktunya. Jika sholat itu sudah dinyatakan wajib maka tidak ada alasan untuk meninggalkannya. Walaupun kita sudah tua renta atau sudah tidak sangup berdiri atau dalam keadaan sakitpun kita wajib melaksankan sholat. Memang sangat berat godaan mengerjakan sholat itu bagi yang niatnya tidak dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan. Bahkan jika kita sengaja meninggalkannya dengan tidak menunaikan sholat maka Allah sudah mengancam akan digelapkan mata kita di hari kiamat ,tidak akan mendapatkan cahaya sedikitpun dipadang mahsyar dan namanya akan dicatat dipintu Neraka sebagai daftar yang akan memasuki Neraka. kemudian kita akan disatukan bersama Fir'aun. Karena kita termasuk manusia yang membangkang pada perintah Allah dan Rasulnya. Pada ayat diatas begitu sangat tegasnya Allah memerintahkan kepada kita untuk shalat menyembah kepadanya. Maka sesibuk apapun kita dalam meraih urusan dunia maka kita tidak boleh meninggalkan sholat jika kita ingin selamat di Akhirat kelak.

Didalam kondisi apapun kita tidak boleh berdalih untuk meninggalkan salat baik dalam perjalanan di udara,didarat maupun dilaut kita wajib salat jika sudah tiba waktunya. Jangan suka beralasan karena sebab ini atau sebab itu kemudian kita meninggalkan salat dan jangan diundur - undur atau ditunda - tunda karena jika demikian setan akan semakin terlibat menggoda kita untuk tidak mengerjaknnya.Sehingga pada akhirnya waktu salatnya itu habis tanpa kita sadari. Jika kita sudah demikian maka andaikan saja kita meninggal saat itu, maka bisa jadi kematian kita itu termasuk manusia yang paling merugi karena siksa kubur dan azab kubur sudah menanti kita. Dan Allah tidak melihat awalnya tentang beribadah kepadanya, tetapi Allah itu melihat akhirnya. Pada penghujung kematiannya kita itu sedang melakukan apa atau sudah melakukan apa. Apakah kita sedang bermaksiat,sudah bermaksiat atau sedang beribadah atau sudah beribadah. Oleh karena itulah kita harus selalu waspada pada ajal kita.Karena kematian itu Misteri.

Waktu salat yang sudah ditentukan waktunya itu senantiasa kita jaga selalu,jangan sampai kita meninggalkannya. Karena itu adalah kewajiban bagi orang - orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya. Yang dimaksud dengan sudah ditentukan waktunya shalat itu adalah Shalat Subuh,Shalat Zuhur,shalat Asar,Salat Magrib dan Shalat Isya dengan mengikuti jam yang berlaku pada suatu daerah atau suatu negara tersebut. Dan alangkah baiknya jika untuk kaum Ikhwan mengerjaknnya di Masjid atau Musola dengan ikut berjamaah bersama Imam,karena banyak sekali keutamaan shalat berjamaah di Masjid atau di Musola itu. Salah satu keutamaannya adalah adanya kemungkina akan diterima salat kita oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Didalam waktu masing - masing shalat itu ternyata ada waktu shalat yang sangat besar keutamaannya yaitu shalat Subuh dan Asar, seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadist,dari Abu Zuahir (Umarah) bin Ruawibah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : "Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda " Tidak akan masuk Neraka seseorang yang melakukan salat sebelum terbit Matahari (Subuh) dan sebelum tenggelam Matahari ( Asar)." ( HR.Muslim). Begitu besar sekali keutamaannya. Tetapi tentunya perintah itu ternyata hanya bisa terlaksana bagi orang - orang yang benar - benar beriman kepada Allah dan Rasulnya. Bagi yang sibuk dengan dunianya, perintah itu tentu tidak akan berefek apa -apa. Jangankan untuk mengerjakan salat Asar,salat zuhur saja ia tinggalkan demi burung kesayangannya yang ia latih setiap saat. Memang tidak semua pecinta burung demikian tetapi ada juga yang sholeh.

Allah berikan keutamaan dari kedua waktu itu ternyata memang kedua waktu itu adalah waktu yang sangat memberatkan. Seperti waktu Subuh,lagi enak - enaknya tidur diperintahkan bangun untuk salat subuh. Tetapi tidak sedikit orang, begitu dengar suara Azan subuh seketika itu bangun tetapi ternyata rasa ngantuknya tidak bisa mengalahkan seruan perintah Allah untuk pergi ke Masjid, malahan ia kembali melanjutkan tidurnya. Begitupun pada waktu azan untuk salat Asar tidak bisa mengalahkan kerjanya atau dagangnya yang begitu sibuknya mengerjakan ini dan itu. sehingga waktu salatpun habis ditinggalkannya. Ternyata keutamaan sebesar apapun jika untuk urusan Akhirat tidak akan berpengaruh apa - apa bagi orang - orang yang tidak beriman kepada Allah dan Rasulnya.Padahal kita hidup didunia ini hanya sebentar, besok atau lusa begitu kita mati semuanya kita tinggalkan kecuali amalan sholeh kita yang akan menolong kita.

Semoga kita termasuk golongan orang - orang yang diselamatkan di Akhirat kelak. 


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"

Tidak ada komentar: