Sabtu, 10 November 2018

Adab - adab mendatangi Masjid

Apa kata ulama tentang adab masuk masjid


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-qur'an Surat Al-A’raf Ayat 31

.....يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ

"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) Mesjid...."

Ketauhilah wahai kaum muslimin dan muslimat bahwa Masjid adalah Rumah Allah dan tempat berkumpulnya para malaikat dan tempat yang sangat agung dan suci. Oleh karena itu kita wajib menghormatinya  walaupun kita masuk kedalam Masjid untuk melakukan Sholat atau mengaji atau kegiatan apapun yang berhubungan dengan ibadah.Kita sangat di anjurkan untuk mematuhi atau menerapkan adab - adab ketika akan memasuki kedalam Masjid.Jika kita ingin dicintai Allah dan Rasulnya maka ikutilah semua perintahnya dan jangan melanggarnya atau menyelisihinya, jika kita memang benar benar takut akan azabnya yang sangat pedih. Ketika kita akan memasuki masjid adab yang harus kita perhatian adalah membaca doa dan mendahulukan kaki yang kanan terlebih dahulu setelah itu langsung mengerjakan sholat Tahiyatul Masjid jangan mengerjakan apapun apalagi ngobrol dengan teman sejawat atau siapapun dengan berlama - lama, karena di khwatirkan akan terselip perkataan yang mengarah ke Ghibah atau menggunjing orang lain dan itu hukumnya haram. Ditempat manapun kita tidak boleh menggunjing apalagi didalam Masjid.

Jadi jika kita akan memasuki Masjid hendaklah memakai adab yang benar yang sesuai sunnah jangan asal memasukinya karena sangat di sayangkan tempat yang begitu agung dan banyak keutamaanya di sampingkan begitu saja oleh kita. Masuklah dengan kaki kanan terlebih dahulu dengan di iringi membaca do'a 

بِسْمِ اللهِ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ذُنُوبِى وَافْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bismillah wassalaamu ‘ala rosulillah. Allahummaghfir lii dzunuubi waftahlii abwaaba rohmatik.

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah kepadaku pintu rahmat-Mu”.

Didalam riwayat lain disebutkan dari Abu Humaid ra. dan Abu Usaid ra. keduanya mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda " Apabila salah seorang diantara kalian masuk kedalam Masjid maka hendaklah ia mengucapkan :" Allaahumaftah lii abwaaba rahmatika.'dan apabila keluar dari Masjid hendaklah ia mengucapkan :"Allaahumma inni as'aluka min fadhlika".
Begitulah hendaknya kita memulikan tempat yang agung ini dengan mengucapkan salam terlebih dahulu kepada nabi kita Muhammad Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Allah Subhanahu wa ta'ala dan para Malaikat saja mengucapkan salam kepada junjungan nabi kita Muhammad Rasulullah shallallahu alaihi wasallam kenapa kita tidak mengikutinya sebagai umat akhir jaman. Sebagai bentuk rasa cinta kita kepada Rasul kita lebih dari siapapun. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda 
لا يؤمن أحدكم حتى أكون أحبّ إليه من ولده ووالده والناس أجمعين
“Tidak sempurna iman salah satu diantara kamu sehingga aku lebih dicintai olehnya daripada anaknya, orang tuanya dan seluruh manusia.” (HR. Bukhori Muslim)

Mulailah dari sekarang bila kita akan memasuki Masjid dengan membaca do'a terlebih dahulu dan melangkahkan kaki dengan kaki yang kanan dahulu,agar kita termasuk orang - orang yang dirahmati Allah dan diampuni segala dosa kita. Ingatlah bahwa Masjid itu tempat untuk mendulang Pahala,dan jangan di gunakan untuk sesuatu yang melanggar perintah Allah dan Rasulnya. Sesungguhnya Allah itu maha tahu akan isi hati kita. Kedurhakaan kita kepada Allah akan mendapatkan balasan yang setimpal dengan apa yang telah kita lakukan. Jika kita ingin hidup selamat dunia dan Akhirat maka jadikanlah Masjid sebagai tempat tujuan utama untuk beribadah kepada Allah. sebab selain gudangnya pahala, Masjid juga tempat gudangnya ilmu, karena banyak para ulama mencurahkan ilmunya kepada siapa saja yang ingin menimba ilmu agama maka masuklah kedalam Masjid, mereka para ulama tidak akan segan - segan memberikan ilmunya baik ilmu dunia maupun ilmu Akhirat kepada kita. Mereka para ulama tidak akan merahasikan segala ilmu yang ada pada dirinya. Jika kita sedang mencari ulama, maka kita tidak usah susah - susah mencarinya, masuklah kedalam Masjid saat menjelang panggilan suara adzan berkumandang,disana kita pasti akan menemukan ulama. Ada yang sedang berdzikir,ada yang sedang mengerjakan shalat sunnah,ada yang sedang berdoa dan ada yang sedang duduk bersila sambil membaca sholawat nabi.

Terkadang kita juga sering menjumpai saat sedang sholat berjamaah ada yang mulutnya bau bawang putih atau bau Pete atau bau jengkol. Sebenarnya itu dilarang hukumnya menurut syariat karena termasuk bagian dari mengganggu sholat yang ada di sampingnya. Barangsiapa yang mengganggu orang - orang yang sedang sholat maka dia telah mengganggu para malaikat.Diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, nabi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda " Barang siapa yang memakan dari tumbuhan yang berbau menyengat ini maka janganlah ia mendekati masjid kami,karena sesungguhnya malaikat terganggu dengan sesuatu yang orang - orangpun terganggu dengannya."

Maka dari hadist di atas alangkah baiknya kita meninggalkan makan makanan yang baunya menyengat hidung.Kecuali makannya setelah habis sholat sehingga jarak antara waktu sholat dan makan Pete atau bawang putih sangat jauh perbedaannya. Tetapi seandanya jika kita takut menjadi dosa maka tinggalkan saja makanan itu. dan itu akan menenangkan hati kita. Maka beruntunglah orang - orang sering hadir di masjid untuk mendengarkan para ulama menyampaikan ilmunya kepada kita sehingga kita banyak menyerap ilmu dari mereka dan kita menjadi tahu mana yang halal dan mana yang haram,mana yang fardhu dan mana yang sunnah,mana yang makruh dan mana yang mubah,mana yang subhat dan mana yang bukan subhat. Dengan demikian ibadah kita menjadi tenang tanpa ada perkara- perkara yang masih mengganjal di hati kita.

Mulailah dari sekarang kita harus memperhatikan adab- adab akan memasuki Masjid,didalam masjid  dan menjaga mulut kita dari makanan yang baunya menyengat hidung orang lain saat akan mengerjakan sholat berjamaah, agar yang di samping kita ibadahnya juga menjadi ikut khusyu. Kita tidak boleh dalam mengerjakan sholat berjamaah tetapi orang lain merasa terganggu oleh bau mulut kita yang bau Pete atau Bawang Putih. Didalam perkara sholat disamping memikirkan diri sendiri juga harus memikirkan orang lain. Itupun sama jika kita selesai menunaikan sholat prilaku kita harus baik sama orang lain, saling harga menghargai dan saling hormat menghormati. Kita tidak perlu menonjolkan diri bahwa hanya diri kita sajalah yang benar. Berarti jika ada orang setelah selesai sholat tetapi prilakunya tidak benar dan selalu melanggar perintah Allah dan Rasulnya maka orang tersebut belum menunaikan sholat hanya baru mengerjakan Sholat.

Semoga Allah subhanahu wa ta'ala mengampuni semua dosa - dosa kita.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu"




Tidak ada komentar: