Jumat, 04 Mei 2018

Menuju surga dengan banyak beramal sholeh

Apa kata ulama tentang beramal sholeh


Allah subhanahu wata'ala  berfirman dalam Al-qur'an surat   Surat Ar-Ra’d Ayat 29

                                                       الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ طُوبَىٰ لَهُمْ وَحُسْنُ مَآبٍ      
     "Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik.  "    

Seperti yang kita ketahui bahwa hidup didunia ini hanya sebentar dan selanjutnya kita akan mengalami kematian yang sudah digariskan oleh Allah SWT. Waktunya yang rahasia atas kematian kita sehingga tidak ada satu manusiapun yang tahu kita akan dicabut nyawa kita.  Tetapi walaupun dirahasiahkan tentang kapan kita akan wafat,semua manusia tetap saja banyak yang lengah akan kematiannya. Kesibukan kita dunia ini yang penuh kebahagian yang semu telah melalaikan kita dari mengingat Allah.  Kita yang seharusnya banyak beribadah kepada Allah dengan menjalankan semua perintah Allah dan rasulnya malah asik dengan kesenangan dunia. Padahal kematian mengikuti kita kemanapun kita pergi,hanya tinggal menunggu perintah Allah saja yang maha kuasa atas segala sesuatu maka kematianpun datang menjemput kita.

Jika kematian itu sudah tiba waktunya maka kematian itu tidak bisa di mundurkan atau dimajukan sekehendak kita.Jika Allah sudah tetapkan kita meninggal hari ini maka kita hanya bisa berdoa semoga Allah subhanahu wata'ala mengampuni kita dari perbuatan dosa yang pernah kita lakukan. Jika semua itu sudah terjadi maka apalagi yang kita idam -idamkan dulu tentang harta kita yang berlimpah,mobil kita yang mewah,Istri kita yang cantik ,rumah dan tanah yang berhektar - hektar. Pada akhirnya semua itu tidak kita bawa kedalam kubur kita. Tetapi yang kita bawa adalah amalan kita sewaktu masih hidup di dunia. Dan kita tidak tahu amalan sholeh yang mana yang menyebabkan kita diampuni Allah subhanahu wata'ala. Tugas kita sekarang mumpung masih hidup maka gunakanlah setiap jam,setiap menit dan setiap detik untuk selalu kita gunakan dengan banyak berdzikir kepada Allah dan memperbanyak melakukan sedekah.

Amalan apapun yang kita lakukan seperti Puasa,sholat,sedekah,umroh dan lain - lain jika hati kita tidak ikhlas melakukannya maka amalan itu tidak akan membuat menjadi pahala buat kita. Maka setiap kita akan melakukan amalan sholeh yang paling kita utamakan adalah luruskan niat kita jangan bercabang - cabang. Allah subhanu wata'ala tidak menerima semua amalan sholeh kita jika hati kita tidak ikhlas melakukannya. Setelah hati kita ikhlas dalam arti tidak ingin dipuji oleh manusia ketika kita sedang sedekah,ketika kita sedang sholat berjamaah,ketika kita sedang puasa,ketika kita sedang umroh dan ketika kita sedang menghadiri pengajian di masjid maka amalan sholeh kita itu akan menjadi bekal buat kita ketika kita sudah berada di alam kubur dan di hari pembalasan.

Allah subhanahu wata'ala tidak akan menyianyiakan orang beriman yang beramal sholeh dan Allah pasti akan membalasnya seperti di terangkan dalam Al-Qur'an  surat al-kahfi ayat 30 

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ إِنَّا لَا نُضِيعُ أَجْرَ مَنْ أَحْسَنَ عَمَلًا

"Sesunggunya mereka yang beriman dan beramal saleh, tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalan(nya) dengan yang baik."

Ayat diatas merupakan janji Allah kepada orang orang beriman agar senantiasa memperbanyak amalan sholeh sesuai tuntunan yang diperintahkan oleh Allah dan rasulnya. Jangan terlena dengan urusan dunia yang menyibukkan kita sehingga kita lalai akan perintahnya. Jika sakaratul maut sudah menjemput kita apalagi yang akan kita perbuat, pintu tobat sudah ditutup dan badanpun sudah tidak bisa beramal sholeh lagi.Menyesalah kita selama - lamanya di alam kubur sampai hari kiamat.

Semoga kita dimasukan kedalam golongan orang - orang sholeh dan Allah mengampuni kita.

     سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu                                                                                                                                            

Tidak ada komentar: