Jumat, 19 Januari 2018

Mencari pahala sunnah di hari Jum'at

Apa kata ulama tentang amalan sunnah di hari Jum'at


Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-qur'an Surat Al-Jumu’ah Ayat 9

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

" Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. "

 Hari Jum'at adalah hari yang paling dimuliakan Allah subhanahu wa ta'ala melebihi hari _ hari yang lain, Dan keutamaannya melebihi dua hari raya besar yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Dihari Jum'at pula apabila orang beriman berdoa kepadanya pasti dikabulakan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di hari jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim).

Hari yang penuh keutamaan ini kadang kala oleh kaum Muslimin kurang begitu diperhatikan. Padahal pahala dihari Jumat itu Allah subhanahu wa ta'ala melipat gandakan pada setiap amalan sholeh yang kita kerjakan, baik Amalan wajib maupun amalan Sunnah. Jika kita mampu untuk bersedekah maka pahala sedekah kita itu akan dilipat gandakan oleh Allah. Seperti yang di sebutkan dalam dalil dari Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan – bulan selainnya.”

Kenapa kita tidak tertarik yang Allah tawarkan kepada kita tentang banyaknya keutamaan di hari Jum'at ini. Kita malah sibuk dengan urusan dunia. Sibuk dengan mikir ini dan mikir itu,padahal masalah tetap saja ada terus tidak pernah berhenti, Tuntas yang satu datang lagi yang lain. Padahal waktu untuk Jumatan sedang berlangsung,tetap saja kita malah nongkrong di samping tukang dagang sambil menunggu iqomah tiba. Padahal jika kita tahu pahala mendengarkan Khutbah Jum'at itu pasti kita tidak akan meninggalkannya. Yaitu didalamnya terdapat Ampunan dari Allah Allah subhanahu wa ta'ala

Banyak orang - orang berangkat ke Masjid untuk mengikuti Jum'atan tetapi meninggalkan sunnah - sunnahnya.Pakaian yang kita gunakan tidak mencerminkan kalau kita itu akan menghadap Allah. Gambar - gambar atau huruf yang menempel pada pakaian kita yang tidak lazim ,sehingga dapat menggangu jamaah yang lain dibelakangnya. Berangkat ke Masjid untuk Jum'atan hanya ala kadarnya ,Hanya  sekedar melaksanakan kewajiban saja. Tidak pernah kita pikirkan untik mandi dulu kemudian memakai minyak wangi  setelah itu kita pergi Jum'atan lalu shalat Sunat 4 Rakaat lalu duduk dan diam saat mendengarkan  Khutbah. Jika amalan sunnah itu kita laksanakan maka Allah  subhanahu wa ta'ala akan menghapus dosa - dosa kita.

Seperti yang diterangkan dalam hadist dari Dari Salman Al-Farisi radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah seseorang mandi pada hari jum’at dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara jum’at tersebut dan jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari)

Untuk itu ,mulai hari ini  pada setiap hari Jum'at kita perbanyak amalan - amalan sholeh sebagai wujud cinta kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala dan Rasulnya.


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.






Tidak ada komentar: