Jumat, 15 Desember 2017

Laa ilaaha illallah cabang Iman yang paling utama

Apa kata ulama tentang Kalimat Laa Illaha Illah



Allah subhana wata'ala berfirman dalam Al-Qur'an Surat An-Nisa' Ayat 136

وَإِذَا مَا أُنْزِلَتْ سُورَةٌ فَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ أَيُّكُمْ زَادَتْهُ هَٰذِهِ إِيمَانًا ۚ فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا فَزَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَهُمْ يَسْتَبْشِرُونَ
"Dan apabila diturunkan suatu surat, maka di antara mereka (orang-orang munafik) ada yang berkata: "Siapakah di antara kamu yang bertambah imannya dengan (turannya) surat ini?" Adapun orang-orang yang beriman, maka surat ini menambah imannya, dan mereka merasa gembira. "

Laa ilaaha illallah adalah cabang iman yang paling utama dan apabila orang - orang yang beriman mengamalkannya maka segala dosa dan kesalahan yang pernah kita lakukan akan dapat diampuni oleh Allah subhana wata'ala. Selain itu barang siapa yang banyak mengucapkan kalimat tauhid ini maka tingkat keimanan seseorang tidak akan pernah turun dalam melaksanakan semua perintah Allah dan Rasulnya. Seperti yang disabdakan oleh  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang diceritakan oleh  Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda "

جَدِّدُوا إِيْمَانَكُمْ. قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَكَيْفَ نُجَدِّدُ إِيمَانَنَا قَالَ أَكْثِرُوا مِنْ قَوْلِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ
  “Perbarui iman kalian” Lalu ditanyakan, “Ya Rasulullah, bagaimana caranya memperbarui iman kami?” Beliau pun menjawab, “Perbanyaklah ucapan Laa ilaha illah.” (HR. Ahmad dan Hakim dalam kitab‘Al Mustadrak ‘ala Shahihain)

Dengan kita sering mengucapkan kalimat Laa ilaaha illallah ini bukan saja tingkat keimanan kita semakin tinggi dihadapan Allah, tetapi juga Allah subhana wata'ala menjanjikan bahwa barang siapa mengucakpkan kalimat Laa ilaaha illallah pada saat sakaratul maut maka sudah tidak bisa disangsikan lagi bahwa surga sudah dalam genggamannya. Tetapi untuk dapat dengan mudah mengucapkan  kalimat Laa ilaaha illallah itu ,tentunya lidah kita sudah terbiasa mengucapkannya dengan sering mengucapkanya disaat setelah shalat 5 waktu dengan menzikirkannya.

Rasanya sangat tidak mungkin orang yang tidak pernah Zikir kalimat Laa ilaaha illallah kemudian disaat sakaratul maut dapat dengan mudah mengucapkannya. Tentunya semua itu harus sering dilatih lidah kita diucapkan dengan zikir Laa ilaaha illallah sebanyak - banyaknya. Ibarat seseorang akan menghadapi pertandingan,supaya lancar dan menang dalam perlombaanya maka diperlukan latihan yang sungguh - sungguh  dan terus menerus latihannya,bukan hanya sekali - sekali saja. Karena dalam pertandingan nanti lawannya pasti berat - berat bukan lawan sembarangan. Begitupun disaat sakaratul maut saat nyawa kita di cabut oleh Malaikat Izrail sudah pasti banyak godaan yang datang dari Syetan agar mulut dan hati kita supaya tidak mengucapkan kalimat Laa ilaha illah dan setan sangat senang jika ada hamba Allah yang meninggal dunia tidak mengucapkan kalimat Laa ilaha illah .Karena ada kemungkinan hamba Allah ini akan menjadi temannya di Neraka Jahanam. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :"
مَنْ كَانَ آخِرُ كَلَامِهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ دَخَلَ الجَنَّةَ
" ”Barangsiapa yang akhir perkataannya sebelum meninggal dunia mengucapkan ‘lailaha illallah’, maka dia akan masuk surga” (HR. Abu Daud. )
 Walaupun kalimat  Laa ilaha illah itu  begitu agung keutamaanya tetapi ternyata hanya sedikit saja orang - orang yang mengamalkannya. Padahal Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sudah mengingatkan kepada semua umatnya agar memperbanyak zikir kalimat Laa ilaha illah. Entah karena tidak tahu ,tidak mau,malas atau karena alasan sibuk dengan pekerjaannya sehingga kalimat agung ini banyak orang yang meninggalkannya. Padahal kalau mikiran urusan dunia mah tidak akan pernah habisnya selalu datang silih berganti,tuntas yang satu datang lagi yang lain. Karena asiknya dengan kesenangan dunia tidak terasa umur semakin tua, rambut yang tadinya hitam semakin memutih dan kulit semakin keriput tetapi zikir kepada Allah tidak pernah di jalankan. 
Ketauhilah bahwa janji Allah itu benar dan kita akan melihat dan merasakannya ketika nanti didalam kubur kemudian yang dibangkitkan lagi dihari kiamat.Dan semua manusia akan ditanya tentang amalannya sewaktu didunia. Bukan mulutnya yang bicara tetapi anggota tubuh kita yang bersaksi dihadapan Allah.
الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَىٰ أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
" Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan." (Surat Ya Sin Ayat 65)

Dengan kita sering berzikir mengucapkan kalimat Laa ilaha illah dengan sebanyak - banyaknya,suatu saat kita akan merasakan nikmatnya berzikir yang menembus samudra Illahi,merasakan ketenangan yang belum pernah menemukan ketenangan dan kenikmatan jiwa yang belum pernah kita rasakan sebelumnya. Tidak ada illah yang wajib disembah kecuali hanya Allah saja, semakin dalam zikir kita kepada Allah semakin berlinang air mata,semuanya terbaca oleh Rasa yang semakin kuat untuk mendekat kepada Allah dan semakin terungkap akan dosa - dosa kita baik yang dulu maupun yang sekarang. 

Semakin banyak berzikir Laa ilaha illah semakin larut dalam kesedihan akan dosa kita .Hanya Allah saja yang dapat menghapus semua kesalahan yang pernah kita lakukan.Apa yang harus kita sombongkan dihadapan Allah, semuanya sirna,semuanya hampa. Kesombongan akan harta,kesombongan kita akan ilmu,kesombongan kita akan jabatan semuanya tidak ada nilainya dihadapan Allah subhana wata'ala. Kelak ketika kita habis masa hidup kita semuanya itu akan kita tinggalkan.Hanya amalan sholeh saja yang akan menolong kita. 

Dan satu amalan sholeh yang paling agung adalah kalimat Laa ilaaha illallah, jika kalimat tauhid ini ditimbang dengan pahala kita sebesar gunung manapun didunia. Yang paling berat adalah pasti kalimat Laa ilaha illah. Amalan sholat bisa saja tidak diterima oleh Allah  jika sholatnya ternyata buruk. Tetapi mengamalkan kalimat Laa ilaha illah dengan dizkirkan setiap habis sholat 5 waktu dengan sebanyak - banyak pasti Allah menerima Amalan zikir kita dan menghapus dosa kita. Karena zikir Laa ilaha illah adalah kunci kebahagian Allah, Allah senang jika ada hambanya mengucapkan kalimat Laa ilaha illah, karena memang kanya "Aku" yang wajib disembah kata Allah. Namun Allah tidak ridho jika ada hambanya menyembah selain Allah dan Siksa Allah itu sangat pedih.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda:

قال موسى عليه السلام : يا رب علمني شيئاً أذكرك وأدعوك به ، قال : قل يا موسى لا إله إلا الله . قال : كل عبادك يقولون هذا ، قال : يا موسى لو أن السموات السبع وعامرهن غيري والأرضين السبع في كفة ، ولا إله إلا الله في كفة ، مالت بهن لا إله إلا الله

”Berkata Muusa ‘alayhis salaam: ‘Wahai Rabb, ajarkanlah padaku sesuatu yang dengannya aku berdzikir kepadaMu dan berdoa kepadaMu’. Maka (Allaah) berfirman: ‘Wahai Muusaa, Ucapkanlah: ‘
Laa ilaaha illallah’. Berkata (Muusaa) : ‘Setiap hambaMu mengucapkan hal ini’. (Allaah) berfirman: ‘Wahai Muusaa, seandainya langit yang tujuh serta seluruh penghuninya, selain Aku, dan ketujuh bumi diletakkan dalam satu sisi timbangan dan kalimat laa ilaaha illallah diletakkan pada sisi lain timbangan, niscaya kalimat Laa ilaaha illallah lebih berat timbangannya’…”

Untuk dapat bagaimana mengamalkan kalimat  Laa ilaaha illallah secara benar tentunya harus punya guru Mursyid atau yang orang diberikan amanah oleh guru Musyidnya untuk mentalkin kalimat toyibah ke tubuh manusia yang ingin di talkin ,karena jika tidak, mengucapkan kalimat Laa ilaaha illallahnya tidak akan sampai tembus kedalam jiwa kita,nanti pada akhirnya lidahnya mengucapkan kalimat Laa ilaaha illallah tetapi dalam kesehariannya meninggalkan perintah Allah.Sifat Dengki,ujub,Ria,jahat sama orang,merasa diri paling benar dan takabur masih mengotori hati dan anggota tubuh kita. Tubuh kita ini ibarat sebuah rumah yang setiap saat harus dibersihkan jika tidak maka rumah kita akan kotor. Begitupun dengan hati dan anggota tubuh kita, jika tidak dibersihkan akan kotor dari penyakit hati. Dan obat penyakit hati adalah Zikir kepada Allah.

Semoga kita dimudahkan untuk selalu berzikir  Laa ilaha illah kemudian diampuni segala dosa kita.
.


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.



Tidak ada komentar: