Jumat, 10 November 2017

Membaca salawat untuk Rasulullah.salallahualaihiwasalam

Allah S.W.T berfirman dalam Al-qur'an Surat Al-Ahzab Ayat 56

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

 "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." 

Ayat diatas menerangkan kepada kita orang - orang  yang beriman kepada Allah  Subhanahu wa Ta’ala bahwa kita dianjurkan untuk selalu bersalawat  kepada para nabi dan Rasulnya. Bersalawat kepada nabi dan Rasul dengan penuh keikhlasan dan rasa cinta yang sangat dalam,sehingga salawat itu tumbuh menjadi suatu kebiasaan didalam jiwa kita. Kapanpun ,dimanapun dan dalam setiap segala aktifitas kita selalu ingat akan  bersalawat kepada Rasulullah salallahualaihiwasalam. Jangan sungkan dan jangan ragu ketika kita mendengar kata nabi Muhammad langsung disambut dengan kalimat "salallahualaihiwasalam" karena didalamnya ada keberkahan dan keutamaan - keutamaannya.

Yang dimaksud makna bersalawat kepada nabi adalah mengucapkan salam atau doa kepada  nabi kita Muhammad  salallahualaihiwasalam yaitu dengan diucapkan secara jahar oleh mulut kita bukan diucapkan didalam hati,bukan berarti tidak boleh untuk dilakukan, tetapi di dalam kitab - kitab sunnah tidak sebutkan apakah boleh diucapkan dalam hati atau diucapkan secara jahar ketika mengucapkan kalimat "salallahualaihiwasalam". Tetapi Allah Subhanahu wa Ta’ala maha mendengar setiap doa atau salam yang di tunjukan kepada nabi kita Rasulullah salallahualaihiwasalam baik didalam hati atau diucapkan oleh mulut kita. Allah tetap akan mencatat amalan baik kita sebagai amalan sholeh yaitu berupa pahala yang akan kita rasakan kelak dihari kiamat.

Memperbanyak membaca salawat kepada nabi adalah sangat dianjurkan karena didalamnya banyak keutamaan dan salah satu diantaranya adalah bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan Rahmat kepada siapa saja yang mengucapkan salawat kepada nabi walaupun hanya sekali saja bersalawat. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikannya  rahmat sebanyak 10 kali . Seperti yang di riwayatkan oleh Abdullah bin Amr bin Ash .Ra bahwasannya ia mendengar Rasulullah salallahualaihiwasalam bersabda " Barang siapa bersalawat kepadaku sekali ,maka Allah memberikan rahmat kepadanya sepuluh kali".( didalam kitab Riyadhus Shalihin halaman 325 jilid 2)

Andaikan saja kita bersalawat kepada nabi kita Muhammad Rasulullah salallahualaihiwasalam bersama  kerumunan orang - orang beriman yang sama - sama mengucapkanya,berapa ribu rahmat yang Allah akan berikan kepada kita yang bersalawat secara berjamaah.Tentunya rahmat yang kita inginkan adalah menjadi Manusia yang selamat baik di dunia dan diAkhirat.Tentunya ini adalah rahmat yang paling agung yang kita rasakan. Karena selama kita hidup di dunia ini sudah pasti banyak cobaan hidup baik yang berat maupun yang ringan namun berkat Rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala segalanya menjadi ringan,tenang dan semua masalahnya dapat diatasi dengan baik. Begitupun ketika kita di panggil Allah untuk menghadap kepadanya yaitu dimana kita diminta pertanggungjawaban tentang amalan kita sewaktu di dunia yang penuh dosa , ternyata Allah mengampuni semua dosa kita karena rahmatnya.

Untuk itu kita semestinya jangan meremehkan suatu amalan.Bisa saja menurut kita amalan yang kita anggap kecil dimata kita padahal besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kita tidak tahu diAkhirat kelak , amalan apa yang akan menolong kita jika semua amalan wajib kita di tolak oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala . Tidak sedikit orang beriman yang ketika menemukan amalan sholeh tetapi di abaikan begitu saja karena dianggap tidak wajib atau malas melakukannya.Bersolawat kepada nabi adalah salah satu contoh amalan ringan namun membawa rahmat yang begitu besar jika kita mau melakukannya. Cukup 33 x saja setiap habis sholat bersolawat kepada nabi kita Muhammad salallahualaihiwasalam sudah pasti akan mendapatkan rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tetapi jika kita kuat dan sanggup melaksanakannya 1000 x sehari adalah sebuah anugrah yang luar biasa rahmat yang akan kita dapatkan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Mungkin diantara kita ada juga yang tidak tahu bacaan yang bagaimana bersolawat kepada nabi itu, ada banyak bacaan tentang Salawat. Diriwayatkan dari Muhammad bin ka'ab bin Uzjah ra. bertanya kepada Rasulullah salallahualaihiwasalam, " Wahai Rasulullah, kami telah mengetahui tentang bagaimana caranya kami mengucapkan salam untuk engkau,tetapi bagaimana cara membacakan sholawat untuk engkau ?"beliau menjawab"ucapkanlah : " ALLAHUMMASHALI ALAA MUHAMMAD WA'ALA AALI MUHAMMAD KAMA SHALLAITA ALAA AALI IBRAHIMAA INNAKA HAMIDUM HAMIDUM MAJIID, ALLAHUMMA BAARIK 'ALAA MUHAMMAD WA 'ALAA AALI MUHAMMAD KAMAA BAARAKTA 'ALAA AALI IBRAHIIMA INNAKA HAIIDUM MAJIID" ( yA Allah, Limpahkanlah rahmat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad,sebagaimana engkau telah melimpahkan rahmat kepada keluarga Ibrahim,sesungguhnya engkau adalah yang maha terpuji dan maha Agung. Ya Allah limpahkan keberkahan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad,sebagaimana engkau telah melimpahkan keberkahan kepada keluarga ibrahim,sesungguhnya engkau zat yang maha terpuji lagi maha agung."(HR. Bukhari dan Muslim).

Salawat diatas adalah hanya salah satu saja,tetapi masih banyak salawat - salawat yang lain yang mungin lebih singkat dari ini.Semoga kita dimudahkan untuk selalu bersolawat kepada nabi kita  Muhammad salallahualaihiwasalam.


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


Tidak ada komentar: