Jumat, 28 Juli 2017

Jangan meremehkan shalat sunnah Tahajjud


Allah.S.W.T berfirman dalam Surat Al-Isra' Ayat 79

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

Kita hidup di dunia ini dengan segala kenikmatan yang Allah berikan, tentu semua itu karena Allah sangat memperhatikan kita,apapun yang kita rasakan tentang kenikmatan itu, tentu jika kita menghitung - hitungnya sehebat apapun kita dalam jago perhitungan Matematika tidak akan dapat terhitung jumlah kenikmatan yang Allah.S.W.T  berikan kepada kita, dari mulai bangun tidur,saat sedang tidur maupun disaat kita sedang disiang hari dengan segala aktifitasnya. 

Seperti disaat kita bernafas hidung dan mulut kita begitu nikmat menghirup udara saat masuk ke dalam tubuh kita. Coba bayangkan ketika kita bernafas dari hidung tiba - tiba udara yang akan masuk terhalang oleh sesuatu yang menghambat nafas kita,alangkah tersiksanya kita.Coba bayangkan disaat kita makan tiba - tiba tenggorokan kita terhambat oleh sesuatu yang kita juga tidak tahu apa 
penyebabnya.Makanan yang kita makan hanya sampai di mulut saja, juga alangkah tersiksanya kita. 

Coba bayangkan disaat jantung kita yang kita rasakan ini tiba - tiba berdebar terus menerus tanpa henti dan kita juga tidak tahu apa penyebabnya,padahal rasanya kemarin jantung kita normal - normal saja tetapi kenapa sekarang jadi begini.semakin berdebar jantung kita semakin was - was hati kita.Coba bayangkan ketika Mata kita yang normal - normal  saja kemarin tiba - tiba  kedua mata kita gelap gulita dan kita juga tidak tahu apa penyebabnya padahal kemarin baik- baik saja. Dan coba bayangkan ketika Telinga kita tiba - tiba tidak dapat  mendengar dan semua terasa hening, bunyi sekecil apapun kita tidak dapat mendengarnya.

Dari semua yang kita rasakan tentang kenikmatan yang Allah berikan kepada kita, baik itu nikmat Iman ,nikmat sehat, dan nimat Islam, itu karena Allah sangat sayang dan cinta sama kita dengan sifat Rohman dan Rohimnya. Tetapi kita sebagai hambanya sebagai seorang muslim apa timbal baliknya kepada Allah,Apa wujud rasa syukur kita kepada Allah,Jangankan untuk bangun sholat malam mengucapkan kata " Alhamdulillah " saja tidak pernah dilakukanhya. Padahal salah satu bukti rasa syukur kepada Allah itu adalah sering melaksanakan ibadah sholat malam dan tidak meremehkannya.

Kesyukuran seorang Muslim terhadap segala nikmat yang Allah berikan kepada kita juga dapat di ukur dengan seringnya kita melaksanakan sholat Tahajud ,bukan hanya melaksakan sholat fardhu dan sholat rawatib saja kita melaksanakannya tetapi menjadikannya sholat Tahajud menjadi sholat yang wajib kita lakukan walaupun hukumnya Sunnah .Dari sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah.S.A.W sering melakukan sholat Tahajud karena beliau ingin selalu bersyukur kepada Allah atas semua yang Allah berikan kepadanya. Hal itu tercermin dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Abu Nu'am,dari Mus'ir dari Ziyad,dari Mughirah.R.a,ia berkata :" Apabila benar Rasulullah.S.A.W,berdiri untuk sholat malam sehingga kedua telapak atau betis kaki beliau bengkak,beliau ditanya akan hal itu,kemudian beliau menjawab,' Apakah tidak boleh apabila aku menjadi seorang hamba yang sangat bersyukur?"( H.R. Bukhari).

Coba kita renungkan dan kita pikirkan kenapa sekelas Rasul saja yang pasti dijamin masuk Surga tetapi masih melaksakan sholat Tahajud sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah. Kenapa kita masih terlena oleh kesibukan kita kepada dunia yang fana ini, padahal kita bukan termasuk orang yang dijamin masuk Surga.Dimana rasa syukur kita kepada Allah ? Apakah kita berkeyakinan bakal Masuk Surga dengan dalih dicuci dulu di Neraka kemudian di masukan kedalam Surga ?..Jika kita berkeyakina seperti itu,Apakah Neraka itu sepenas apinya dunia,terus berapa lama kita akan menetap di Neraka? satu hari kah ? Satu tahun kah? satu bulan kah? Terus apakah satu hari didunia sama dengan satu hari di Neraka? Katauhilan bahwa suasana siksa di neraka itu lebih seram dan lebih menakutkan dari apa yang kita bayangkan.

Untuk itu jadikanlah sholat Tahajud sebagai ibadah yang rutin kita laksanakan disamping melaksanakan ibadah - ibadah lainnya agar kita termasuk kedalam orang - orang yang pandai bersyukur kepada Allah.S.W.T dan Allah.S.W.T sudah berjanji kepada hambanya barang siapa bersukur kepadanya akan ditambah semua kenikmatan yang kita rasakan selama ini kemudian Allah Abadikan dalam Al-Qur'an Surat Ibrahim Ayat 7

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih"

Selain sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah S.W.T sholat tahajud juga akan membawa kita ketempat yang terpuji yang pasti Allah berikan kepada hamba Allah yang beriman dan mau melaksakannya. Karena memang ibadah sholat tahajud ini sungguh berat godaannya namun apabila kita mau dan berniat ingin melaksanaknya pasti Allah akan memberikan jalan keluarnya agar kita dimudahkan  untuk bangun malam. 

Karena beratnya ibadah bangun malam untuk melaksakan sholat Tahajud ini tentu sebanding dengan ganjaran yang akan Allah berikan kepada kita yaitu Allah .S.W.T akan berikan kita ketempat yang terpuji. Bentuk ganjaran sebagai tempat yang terpuji itu berbeda - beda jika di ambil dalam urusan dunia misalnya diluaskan dalam rejekinya,ditinggikan derajat sosialnya dimasyarakat,diberikan anak - anak yang sholeh,dilancarkan dalam segala urusannya dan diselamatkan dalam mara bahaya,terhindar dari penyakit,dipanjangkan umurnya dan masih banyak lagi yang akan Allah berikan kepada kita.Tetapi dari semua yang akan kita dapatkan dari Allah itu tentu saja ada yang lebih istimewa yaitu Allah akan berikan kita ampunan atas semua dosa yang pernah kita lakukan.Dalam sebuah hadist diriwayatkan bahwa Rasulullah.S.A.W bersabda:" Hendaklah kalian melaksakan qiyamul lail ( Sholat malam),karena sholat malam adalah kebiasaan orang - orang sholeh sebelum kalian dan membuat kalian lebih dekat dengan Allah.S.W.T.Shalat malam dapat menghapuskan kesalahan dan dosa" ( H.R.Hakim). demikianlah sabda rasulullah.S.A.W yang disampaikan untuk  umatnya .

Namun walaupun Allah sudah berjanji tetapi banyak umat Muslim meremehkannya tentang ibadah sholat tahajud ini padahal sudah tertuang dalam Al-qur'anul karim dengan segala manfaatnya. Maka mulai dari sekarang hidupkan sholat Tahajud bersama keluarga kita atau teman kita,jangan lewatkan ibadah malam ini dengan banyak tidur atau begadang yang tidak ada manfaatnya apalagi ditambah - tambah dengan menggosip atau membuka keburukan orang lain .Jadikan ibadah ini sebagai sholat tambahan yang rutin kita lakukan supaya kita termasuk orang - orang yang beruntung dunia maupun Akhirat.

Kita jangan mau di perdaya oleh Setan yang mengganggu kita siang dan malam karena memang setan itu musuh yang nyata bagi kita. Setan sangat ingin kita menjadi golongannya dan menjadi temannya di Neraka kelak di hari Kiamat. Tidur itu memang nikmat tetapi akan lebih nikmat jika kita bangun ditengah malam disaat jutaan manusia sedang terlelap tidur kemudian kita berwudhu dilanjutkan dengan sholat tahajud dan bezikir dengan sebanyak - banyak kemudian di akhiri dengan berdoa kepada Allah agar kita diselamatkan dari siksa api neraka dan meminta agar Allah tidak menyengsarakan kita baik didunia maupun di akhirat, kemuadian kita meminta agar Allah  ridho memasukan kita kedalam Surganya.

Semoga kita selalu diberikan kemudahan - kemudahan didalam melaksanakan ibadah kepada Allah.S.W.T

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”




Tidak ada komentar: