Jumat, 26 Mei 2017

Setan selalu menggoda manusia yang membaca ayat Al-Qur'an



Allah.S.W.T berfirman dalam Al-Qur,an Surat An-Nahl Ayat 98

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.

Ayat di atas menerangkan bahwa apabila kita membaca Al-Qur'an hendaklan kita selalu waspada akan godaan setan yang setiap saat menggoda orang - orang yang membacanya,lebih - lebih setan itu akan menggoda orang - orang beriman yang sedang mengerjakan sholat. Setan akan menggoda kita pada setiap huruf dan setiap ayat yang di baca oleh orang yang sedang sholat agar semua bacaannya salah semuanya. Kita memang tidak merasa salah dalam membacanya kalau didengar oleh telinga sendiri,padahalal akibatnya fatal jika kita dalam keadaan sholat membaca ayat Al-Qur'an,mana yang harus di baca panjang , mana yang harus di baca pendek dan mana yang harus di baca sesuai tadwid seperti pengucapan Idhhar,idgham,iqlab dan ikhfa.

Jadi jangan asal sembarang membaca Al-Qur'an tetapi tidak sesuai dengan apa yang di baca dengan sebenarnya ,karena semua itu ada ilmunya dan maknanya. Jika kita dalam sholat membaca ayat Al-Qur'an kemudian salah membacanya karena ketinggalan satu huruf maka sholatnya batal. Karena pada setiap ayat mengandung arti yang sudah pasti, jadi tidak boleh ada penambahan ataupun pengurangan huruf atau ayat dalam membacanya.

Di sabdakan oleh Rasulullah.S.A.W bahwa Dari Abi Darda' r.a, ia berkata : Rasulullah s.a.w telah mendengar seorang laki-laki membaca al Quran lantas salah baca". Rasulullah pun bersabda : "Berilah petunjuk saudara kalian (benahi kesalahannya)". Maka jika kita ingin membaca Al-Qur'an dengan benar maka belajarlah dengan orang - orang yang sudah bisa membaca Al-Qur'an dan sekaligus tahu ilmu Tadwidnya.

Tetapi walaupun kita sudah tahu bagaimana cara membaca Al-Qur'an dengan benar,bukan berarti bahwa setan itu tidak akan menggoda kita dalam sholat. Tetap saja setan mengganggu kita sampai bacaan kita itu salah cara membacanya sehingga sholat kita tidak diterima oleh Allah.S.W.T . Tidak sedikit yang kita jumpai ada Imam sholat  dalam bacaan Al-Qur'an nya salah,padahal Allah sudah memberitahu bahwa jika kita mau membaca Al-Qur'an hendaklah membaca “Audzu billahi minas Syaithanirrajim” yang artinya "aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk". tetapi walaupun sudah ada perintah dari Allah seperti itu namun tidak sedikit orang - orang dalam membaca Al-Qur'an nya jarang sekali orang membaca Ta'awudz terlebih dahulu.Makanya banyak orang yang salah dalam membacanya karena setan ikut menggodanya hanya saja kita tidak sadar.

Untuk itu hendaknya kita selalu waspada akan semua gerakan Setan yang dapat menjerumuskan kita ke lobang Neraka. Tetap kokohkan dalam niat ,wujudkan dalam perbuatan yang baik dan jauhkan diri dari hal - hal yang dapat merusak hati dari bahayanya godaan Setan. Sebab jika setan sudah merasuk kedalam diri kita maka setan itu akan merusak niat baik kita menjadi jahat. Selalu tetap istiqomah dan takwa kepada Allah, jika tetap dalam kondisi beriman kepada Allah maka Allahpun akan segera memberikan pertolongan kepada kita agar kita terbebas dalam naungan Setan.


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”







Tidak ada komentar: