Kamis, 15 September 2016

Shalat Jumat wajib hukumnya bagi laki -laki




Allah SWT berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ ٩

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ١٠

Artinya:
9. Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
10. Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Hari Jumat adalah hari besar yang Allah ciptakan untuk umat Manusia, dan pada hari Jumat Bumi di ciptakan,dihari jumat pula Kiamat dipastikan , dan Allah tidak sulit menciptakan dan menghancurkan  bumi ini beserta isinya.إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ
Sesungguhnya perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka  terjadilah ia”. (Q.S Yasin: 82). begitulah jika Allah sudah berkehendak.

Seperti yang  dalam Al-Quran bahwa hukum Sholat Jumat adalah Wajib maka  itu pertanda bahwa Sholat Jumat tidak boleh di tinggalkan oleh laki - Laki yang beragama Islam. Jika ditinggalkan maka hukumnya Dosa dan Ganjarannya adalah dimasukan kedalam Neraka, Jika mati sebelum bertobat.
Mungkin ada orang yang masih bertanya - tanya Apa itu Dosa?...Kenapa berdosa meninggalkan Sholat Jumat ?....Kan nanti Minggu depan ada Hari Jumat lagi ?....

Dari an-Nawwâs bin Sam’ân Radhiyallahu anhu, ia berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang kebajikan dan dosa, maka beliau menjawab, “Kebajikan adalah akhlak yang baik dan dosa adalah apa yang membuat bimbang (ragu) hatimu dan engkau tidak suka dilihat (diketahui) oleh manusia.” [HR. Muslim].

Meninggalkan Shalat Jumat berdosa karena Shalat Jumat adalah Wajib hukumnya ,sama wajibnya dengan kita mengerjakan  ibadah  Shalat Subuh,Shalat,Dzuhur,Salat Ashar,Sholat Magrib dan Sholat Isya.Jika di ditinggalkan maka kelak kita di Akhirat mendapat hukuman dari Allah berupa Neraka.Karena Sholat adalah perintah dari Allah Langsung yang di kabarkan melalui Rasulullah.S.A.W.Sebagai orang yang beriman kepada Allah dan Rosulnya kita wajib mentaatinya kerena Allah adalah yang menciptakan kita. Dan Allah ciptakan kita hanya untuk ibadah kepadanya .
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ " “Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyaat [51]: 56).

Jangan main - main dengan perintah Allah karena hukumannya adalah azab yang sangat pedih di Akhirat kelak.Selagi kita diberikan kesehatan, maka segeralah pergi ke Masjid untuk menunaikan sholat Jumat. Ibadah kepada Allah jangan dibuat spekulasi " Kan nanti ada sholat Jumat lagi Minggu depan!".Syukur Alhamdulillah jika antum masih ketemu hari jumat berikutnya tetapi Jika sebelum hari Jumat ajal antum di cabut oleh Allah, apa yang akan kita perbuat.Tinggal tunggu Malaikat Munkar dan Nakir menanyai kita di Alam Kubur yang akan diminta pertanggung jawaban kita kepada Allah selama di dunia.

Diriwayatkan dalam sebuah hadits, tatkala mayat diletakkan dalam kubur, maka datanglah dua malaikat dengan menggunakan pakaian serba hitam. Kedua matanya melotot / pandangannya menakutkan, suaranya seperti guntur yang menyambar. Tampak pula kedua taringnya seolah mampu menggali bumi. Lalu keduanya datang kepada simayat di sekitar kepalanya..dan .Bertanya Man Rabbuka? Siapa Tuhanmu?Man Nabiyyuka? Siapa Nabimu?Ma Dinuka? Apa agamamu?Man Imamuka? Siapa imammu?Aina Qiblatuka? Di mana kiblatmu? dan Man Ikhwanuka? Siapa saudaramu? Sebuah pertanyaan yang sederhana tetapi bila tidak bisa menjawabnya akan menjadi cikal bakal dimasukannya kedalam Neraka.

Di Alam kubur tidak ada seorangpun yang menemani dan menolong kita,Saudara,Istri ,anak dan handai taulan cuma sampai mengantar dikuburan saja .Mereka tidak bisa menolong kita atas ajab yang kita rasakan.Setelah kita di kubur mereka semua pulang kerumahnya masing -masing.Tinggal kita sendirian,hanya amal soleh yang menemani kita.

Jangan terlena dengan kehidupan dunia dengan mencari rejeki tetapi meninggalkan Sholat Jumat.Didalam Al-qur'an sudah di terangkan bahwa apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Tidak sedikit orang Islam karena berdagang terus meninggalkan sholat Jumat,terlena dengan dagangannya atau pekerjaan kantornya.Padahal yang menentukan laku atau tidak daganganya hanyalah Allah yang maha pemberi.Dan tidak sedikit pula pada saat berlangsungnya sholat Jumat  begitu banyak kendaraan di jalan yang masih lalu -lalang tetapi tidak mampir dulu ke Masjid untuk sholat Jumat.Padahal penduduk Indonesia sebagian besar beragama Islam.

Sholat Jumat bukan untuk Allah, tetapi untuk manusia sendiri karena didalamnya ada banyak Pahala seperti mendengarkan Khutbah Jumat berpahala ,Sholat Jumatnya juga berpahala dan melangkah ke Masjid berpahala juga. Pahala itu semacam Tiket untuk masuk kedalam Surga. Untuk masuk kedalam surga syaratnya harus punya Pahala, tanpa Pahala tidak mungkin kita masuk Surga kecuali Allah berkendak lain.Dan itu susah didapatnya karena itu adalah Rahasia Allah .Hanya sedikit saja orang - orang yang masuk kedalam Surga tanpa dihitung Dosa dan Pahalanya..Para ulama menyebut mereka adalah orang - orang yang masuk kedalam Surga tanpa Hisab.

Untuk ukuran kaya kita,masuk kedalam surganya Allah pasti dihitung/ditimbang Pahala dan Dosanya.Dimanakah posisi berat timbangannya Jika banyak pahala pasti masuk Surga tetapi Jika berat timbangan dosanya pasti masuk Neraka. Kenapa pasti masuk neraka ?..Jawabanya adalah Firman Allah dalam Al-Qur'an Surat Al-Muddatstsir ayat 42 dan 43.

Apakah yang memasukkan kamu ke dalam neraka Saqar  42? مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ

 Mereka menjawab : “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat,(43). قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ

Surga,Neraka,Dosa dan Pahala emang tidak tampak didunia ini.tetapi Kelak, kita akan melihat dengan mata bulat-bulat bahwa neraka itu ada dan mengerikan.Pahala dan Dosa juga ada, kita bisa melihat hasil yang telah kita kerjakan selama di dunia, Jangan bangga dulu pada yang telah kita kerjakan saat ini ,seperti banyak Puasa,banyak sholat,banyak sodakoh dan banyak ibadah lainnya  karena kita tidak tahu ibadah kita diterima atau tidak disisi Allah.Maka dari itu sebaiknya selalu berserah diri kepada Allah (Ikhlas)disaat-saat kita sedang beribadah.

Di hari Jumat ini berbanyaklah berdoa kepada Allah agar ibadah kita diterima disisinya dan selalu dalam lindungan Allah dalam menjalankan perintahnya.Serta dijauhkan dari sifat,Ria,sombong.Angkuh dan Takabur .
Dari Abu Hurairah , Rasulullah S.A.W  bersabda: " Sesungguhnya pada hari Jum'at terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” Amiin.





Tidak ada komentar: